Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Senin, 21 September 2020

Sehat Dan Banyak Duit

 Sehat dan Banyak Duit


Sehat dan banyak duit tentu menjadi impian banyak orang. Betul nggak?


Oleh karena itu belakangan ini banyak orang yang makin sadar untuk menjaga kesehatannya. Apalagi dengan adanya pandemi covid-19 yang terjadi beberapa bulan ini. Bahkan mereka yang sudah disiplin menjaga protokol covid-19 aja masih terpapar juga. Pokoknya demi menjaga imunitas tubuh menghadapi pandemi yang belum tahu kapan berakhirnya ini, memang akan lebih bijaksana kalau kita terus meningkatkan kesehatan.


Caranya antara lain cukup istirahat. Usahakan tidur selama delapan jam. Ada yang bilang  tidak harus dalam bentuk tidur malam berturutan delapan jamnya itu. Misal tidur malamnya hanya bisa selama lima jam. Maka bayar tiga jamnya di waktu lain, misal jelang siang yang sering dikenal sebagai qoilulah itu, atau siang bakda dhuhur sampai sore gitu.


Lalu asupan makanan bergizi yang berimbang juga harus diperhatikan. Gimana cara mengatur duit supaya cukup untuk dapat makanan sehat ini. 

Nah, banyak orang kini menempuh beberapa cara yang unik. Karena untuk bergerak pun dibatasi sebab ada PSBB dan semacamnya alias semi lockdown sehingga tidak leluasa berbelanja, plus kalau misal pekerjaannya tidak memungkinkan WFH (working from home) sehingga pemasukan berkurang.  Maka ada banyak orang membuat semacam ternak lele dan sekaligus berkebun sayur yang mudah dan murah. Tidak butuh kolam luas ataupun kebun yang memakan lahan. Hanya memanfaatkan tong ember plastik besar, mereka bisa menanam kangkung sekaligus beternak lele. Keren kan.


Jadi kebutuhan protein dan mineral bisa mereka dapatkan dari hasil panen mereka sendiri. 


Duit yang semestinya dipakai untuk membeli ikan dan sayur bisa ditabung. Kalau ternak lele dan tanam sayurnya berhasil, malah bisa sekalian dijual juga. Nah, kan jadi tambah banyak duit tuh dapat penghasilan dari usaha sampingan ini. Yeay!

Oh ya, selain mengirit pengeluaran dan menambah penghasilan dari usaha sampingan, kita juga harus membuat catatan catatan keuangan jika diperlukan. Begitu yang dulu guruku sekolah pernah ajarkan. Kalau perlu sediakan amplop amplop khusus untuk uang uang tersebut. Misal nih kita anggarkan untuk belanja harian selama sebulan sebesar x, tidak boleh lebih.  Untung kalau bisa ada sisa buat ditabung. Terus ada amplop untuk iuran arisan atau jimpitan RT dan semacamnya. Ada anggaran untuk SPP anak anak. Dan seterusnya.  Oh ya, hindari hutang, kredit dan semacamnya supaya kita tidak repot di kemudian hari.

Gizi berimbang ini akan menjadi berarti jika kita juga melakukan gerak minimal empat puluh lima menit dalam sehari. Bisa jalan kaki, olah raga seperti pilates, atau yoga atau senam lainnya.  Gerak ini di luar kegiatan kita mengerjakan pekerjaan rumah tangga sehari hari seperti menyapu, mengepel, mencuci, memasak dan lainnya lho ya.


Untuk menjaga kesehatan, kita juga musti mengkonsumsi banyak air putih. Kalau bisa dua liter sehari. Lebih baik lagi tiga liter per harinya. Karena air putih dan olah raga itu yang menjaga kerja metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan lancar.


Insya Allah kalau kita sehat, tentu tidak banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli obat, perawatan di rumah sakit dan lain-lain pengeluaran terkait.


Selain kesehatan fisik, kita juga harus menjaga kesehatan mental. Karena kalau tidak sehat mental bisa bahaya juga, bisa menghabiskan banyak uang juga untuk pergi ke psikolog, psikiater dan lain-lain


Cara menjaga kesehatan mental dengan mengkonsumsi hal-hal positif dalam hidup. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang berpengaruh buruk pada mental kita. Gitu cara sederhananya. Lebih lengkapnya scrolling saja di daftar list postingan blog ini untuk cari tahu lebih lanjut dan detail bagaimana menjaga kesehatan mental. Kayaknya sudah pernah kubahas panjang lebar.


Yuk jaga kesehatan kita terus!

Kalau kamu, gimana caramu menjaga kesehatan dan gimana juga caramu mengatur duit?

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates