Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Sabtu, 29 Agustus 2020

Bedah Novel Poligami Pesantren

Bedah Novel Poligami PesantrenSastra, Binding Buku, Halaman, Buku
Nikah itu pro kreasi atau rekreasi? Tujuan utamanya adalah rekreasi Kalau nantinya punya anak itu perkara beda.- kyai husein Annikah indal hanafiyah Memiliki kesenangan Milkul muth'ah Madzhab syafii Milkul intifa' Jk dibaca kitabnya tujuan utamanya rekreasi Bukan utk py anak


Tuj primer rekreasi Sekundernya pro kreasi Dan ini anugrah Tuhan saja. Bukan kehendak saja Byk orang mengira poligami itu final, ajaran tetap sepanjang masa. Pdhl bukan begitu Poligami bukan tradisi islam Telah ada jauh sblm islam Islam tdk menginisiasi poligami Bhkn mereduksi terus menerus sampai tinggal hanya 1 istri saja.
Itu bukan ayat poligami. Itu ayat ttg yatim yg hrs dipelihara,dijaga Jk kalian tdk mampu adil dlm pembagian material utk anak2 yg diasuh itu,fankihuu maa thooba lakum Yg lbh relevan dg alur tuturan ayat itu, nikahi perempuan yg suka dgmu
Problem besar kita seringkali kesalahan memahami 1 kat Gambar


Gunakan hati nurani Misal ttg giliran nafkah Bgm kalau yg memberi nafkah justru perempuan? Kalau baca teks, pakai rasa bahasa Para sastrawan hrs bicara ttg ini Indah ya cara Tuhan bicara Sampaikan

Ada pdgn berbeda kenapa mawaddah bukan mahabbah Penerjemahan selama ini sulit dipahami Kita fasih ngomong samawa, tapi itu apa Mawaddah saling mencintai Cinta itu apa Ada cinta birahi, platonis, kekaguman, selflove dst Rohmah ada 3 makna Riqotul qolbi empati Kau adl aku yg lain

Rahmah= Attaathuf kelembutan Memperlakukan dg lembut dg ketulusan Ada partikel2 hati yg nembus jantung Kalau tdk tulus tdk akan sampai GusDur kok bisa dikagumi byk orang Rahasianya tulus mengabdi pd kemanusiaan Rahmah=.... gak kedengeran dg jelas

Assalamu'alaikum.. Izin untuk bertanya kepada Buya Husein. Buya, apakah tolok ukur keadilan dalam berpoligami itu? Karena kebanyakan alasan yang dipakai untuk berpoligami adalah sudah adil karena sudah memberikan materi secara adil. Suwun Buya. Pertanyaan dr naila


Pembedah berikutnya:
Cantik banget ning @tsuroiya
Gambar


Assalamualaikum Saya juga izin bertanya tentang poligami, apakah bener disurga pada poligami? Pertanyaan dari Bella

Assalamualaikum, mau tanya buya. Minta tips dan trik2 jitu untuk mengasah dan merangsang kemampuan perasa kita dalam bidang sastra. Pertanyaan dari p mahrus
Sebelum dijadikan buku, sdh ada ribuan fans fanatik di sosmed. Shg tanpa promosi, sdh banyak calon pembaca. Bhkn melebihi jika dijual di toko konvensional Tapi sisi kekurangannya ada kesan terburu2. Ada kurang teliti, typo, ejaan, tdk taat asas. Aturan2 menulis=big deal
Mengungkap poligami dr sisi berbeda Di kalangan perkotaan,ustadz2 seleb pamer istri2 di medsos Bhkn ada yg terang2an kampanye poligami. Tdk masuk akal Poligami di pesantren beda Ada kyai2 pesantren yg poligami Bukan suatu kebanggaan. Msh dianggap tabu Fenomena itu ditgkp dg baik

Isper yg awalnya rela lalu cemburu
Digambarkan dg baik Cerita enterpreneurship di pesantren bagus utk inspirasi, di luar kegiatan belajar mengajar dan mengaji Ada istilah2 asing utk orang bukan dr pesantren. Misal syair2 bhs arab, istilah jawa khas pesantren Tindhakan=traveling
Spy bisa bersaing dg karya2 mainstream, hrs lbh konpetitif agar bisa berdiri sejajar dg penulis2 terdahulu spt dewi lestari, ayu utami Beri catatan kaki utk istilah2 yg org umum belum tahu Misal: sorogan dll Jangan lewatkan proof reading Spy rapi

Pesantren salaf membentuk character building Menjamu tamu Melayani umat terbuka 24 jam Tdk cukup berbekal ilmu dan usaha Hal2 yg berhubgn jangka panjang, bernilai luhur, harus ditirakati. Puasa

Khodimah juga diganbarkan dg baik Mrk hanya mengharap ridlo guru Bgm dg kualitas ketulusan kita dlm meneruskan perjuangan pesantren Ada kampanye zero waste Ada konsep sedekah versus ilmu Penting utk berbagi. Tp juga penting utk punya sanad yg benar Klimaks di awal lalu padat info
Assalamu'alaikum. Sy Nur Azny Agustina Putri dr Jember. Ngapunten, sy mau bertanya kpd Buya Husen Bagaimana tolok ukur adil dalam berpoligami? Apakah benar makruh menikahi perempuan yang mandul? Apakah benar perempuan yang mau dipoligami akan mendapatkan payung emas di surga?

Bib husein: Keadilan itu banyak pemaknaannya Biasanya proporsionalitas Ygpunya kualitas berhak menempati posisi Menempatkan sesuatu pd tempatnya Kalau perempuan itu pinter, suami tdk pinter, siapq yg layak jd pemimpin Ini sbnrnya jebakan2 juga utk kita
Perkenalkan, nama saya Dama dari Temanggung. Pertanyaannya yaitu : Apakah pemahaman peran dalam pernikahan juga berpengaruh dalam terjadinya poligami? mohon penjelasannya
bagaimana kita bersikap kepada suami dalam hal berkomunikasi sehingga apa yang saya pendam bisa terungkap tanpa mengurangi rasa hormat kepada suami. matursuwun

Pertanyaan kagem Ning Ienas: Bagaimana cara mengemas cerita islami agar bisa dinikmati oleh pembaca muda yang non pesantren? karena saya sedang menulis cerita islami berlatar Al Azhar Kairo, tapi bukan latar pesantren sepenuhnya.

tujuan saya, agar tulisan saya nantinya bisa dibaca lebih luas oleh semua kalangan. di samping itu, saya tidak terlalu fasih dalam mengenal dunia pesantren. terima kasih. (Pertanyaan audience)

Bib husein: Adil itu asal tdk mendzolimi, tdk menyakiti Nikah itu tdk sunah. Dasarnya pilihan, mubah. Tergantung situasi dirinya. Apakah ingin? Apakah punya persiapan? Bukan sunah, mungkin mustahab. Kalau takut zina, ya nikah itu wajib Kalau bisa menyakiti,nikah itu haram
Kita sering terjebak pada konstruksi kalau mandul itu perempuan. Pdhl laki2 juga bisa mandul Di surga gak ada hukum. perempuan juga bisa punya bidadara banyak. *Yeayyyy!!! Hukum hanya ada di dunia

assalamu'alaikum mau tanya buya bagaimana cara utk mempunyai semangat yg tinggi dalam membaca serta istiqomah dalam belajar mengajar secara ikhlas

bagaimana sih arti berkhidmah yg sesungguhnya dlm pesantren? spt apa contoh wujud ilmu yang barokah didalam kehidupan yang nyata ? sisipkanlah sedikit motivasi bagaimana cara untuk bisa menghasilkan karya2 yang enak dan baik untuk dibaca serta bermanfaat tentunya

Baca buku buya husein islam tradisional yang terus bergerak Laisa kullu maa sonadsuhu laa... haish apa tadi kliwat buya Buya sdh pahami sanad Kitab uqudullijain Syarah uqudullijain Perempuan jd subordinat Mosok perempuan jd sumber kesialan? Klo perempuan liwat,sholat batal?
Ajaran islam yg kita terima saat ini produk arabiyah Kita sdh byk melanggar sbnrnya Pergi2 gak pakai mahrom Kita perlu kontekstualisasi pesantren dan ajaran2nya utk masa sekarang
Kyai asnawi meramal 10 thn yg akan datang jumlah perempuan 4x lbh banyak dr laki2. Bgm jika suami ning2 ini nikah lbh dari 1? Atau misal ning2 yg jomblo2 ini belum nikah gimana? *hohoho


Ada 2 gambaran dlm cerita
Karakter spt apa yg pantas utk poligami Kalau suaminya matang siap mental spiritual ekonomi, qowam, bisa memimpin, adil. Istri2nya bisa mendukung. Bisa saja poligami. Poligami=pintu darurat. Boleh. Ada resiko2 yg hrs dipahami

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates