Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Kamis, 25 Juni 2020

Masakan Italia Yang Mengundang Selera


Masakan Italia Yang Mengundang Selera

Kemarin saat di salah satu diskusi tentang kepenulisan ada yang menyebut tentang Saltimbocca, otomatis langsung browsing dan searching dong. Dan ternyata itu nama masakan Italia.

Saltimbocca adalah hidangan Italia klasik yang jika diterjemahkan menjadi "melompat di dalam mulut". Makanan ini biasanya dibuat dengan daging sapi muda namun saltimbocca juga dapat dibuat menggunakan daging ayam dengan cara yang serupa. Hasilnya adalah hidangan yang sangat penuh dan kaya rasa dan dapat dimakan bersama dengan pasta, salad atau gnocchi

Bahan:

6 potong daging steik sapi muda/dada ayam
6 lembar daun sage
6 iris prosciutto (irisan daging ham tipis dan berbumbu khas Italia)
125 gram tepung terigu serba guna
2 sdm mentega tawar
1 siung bawang putih
1 sdm daun peterseli gepeng cincang
2 sdm kaldu ayam dan sayuran
Dry white wine (anggur putih kering atau tidak manis)/sari perasan lemon
Garam
Lada

Ini Cara Masaknya ya.
1
Mempersiapkan Daging Sapi Muda
Belilah daging steik sapi muda bagian girello. Bagian ini adalah potongan dari bagian belakang kaki sapi. Satu daging steak girello ukuran besar dapat dipotong secara mendatar untuk menghasilkan enam steik saltimbocca Anda. Anda juga dapat mengganti irisan daging ini dengan enam daging dada ayam.

2
Letakkan keenam daging steik atau dada ayam Anda di atas talenan. Gepengkan potongan-potongan daging tersebut secara merata dengan palu daging hingga ketebalannya mencapai 0,6 cm.


3
Letakkan selembar daun sage di atas setiap potongan daging.

4
Letakkan seiris prosciutto di atas setiap daun-daun sage tadi. Pukul-pukul kembali potongan daging tersebut beberapa kali untuk memantapkan posisi irisan prosciutto dan daun sage pada potongan daging itu.




Memasak Saltimbocca
1
Panaskan mentega dalam wajan di atas api sedang. Anda dapat mengganti mentega dengan minyak zaitun, namun dalam hidangan tradisional, saltimbocca dimasak menggunakan mentega.


2
Tuangkan tepung ke dalam piring ceper. Taburi bagian atas tepung dengan garam dan lada yang banyak. Aduk hingga semuanya tercampur rata dengan garpu.


3
Tunggu hingga menteganya panas. Kemudian, secara hati-hati baluri bagian depan dan belakang potongan daging sapi muda tadi dengan lapisan tepung.


4
Masukkan potongan daging yang sudah dibalut tepung ke dalam wajan dengan sisi yang diberi prosciutto menghadap ke bawah.


5
Goreng sisi pertama daging itu hingga renyah, selama tiga menit. Kemudian balik setiap potongan daging tersebut. Tumis sisi kedua daging selama dua menit.


6
Cacah bawang putih dan peterseli. Taburkan keduanya di atas potongan-potongan daging tersebut dan kemudian balik daging-daging itu sekali lagi.


Membuat Saus
1
Tuang kaldu ayam atau kaldu sayur kesukaan Anda ke dalam panci.


2
Tambahkan sedikit anggur putih. Anda juga dapat menambahkan sedikit sari perasan lemon sebagai ganti anggur putih, atau memasukkan keduanya.

3
Biarkan masakan tersebut mendidih di atas api kecil hingga sausnya berkurang sepertiga dari jumlah awalnya.


4
Angkat daging dari wajan dan letakkan di piring Anda. Tuangkan sausnya dengan sendok di atas daging tersebut.


Tips
Jika ayam atau potongan daging sapi muda nampak terlalu besar untuk bisa muat dalam wajan, kita bisa menggulung potongan-potongan daging, mengencangkannya dengan tusuk gigi agar bisa dimasak.


Ada aneka jenis masakan Italia lainnya. Ini nih di antaranya:

Gnocchi merupakan makanan sejenis pangsit yang terbuat dari tepung terigu. Agar terlihat lebih menarik hati oara pecinta kuliner, makanan khas yang satu ini disajikan dalam bermacam rasa dan juga gaya.



Ravioli terbuat dari ayam , ada ricottanya. biasa dihidangkan dalam porsi kecil, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.



pasta Carbonara memiliki ciri-ciri krim kental sehingga membuat pasta ini memiliki rasa yang khas.




Tiramisu disajikan sebagai hidangan penutup, memiliki cita rasa coklat, vanila, serta kopi yang dipadukan menjadi satu sehingga rasanya manis manis pahit.




gelato merupakan es krim khas Italia yang terkenal memiliki tekstur padat dan tentunya es krim ini merupakan es krim yang rendah lemak.






Pizza Margherita Khas Italia

Spaghetti merupakan salah satu menu makanan terfavorit yang berbentuk mie. Makanan ini biasanya disajikan dengan berbagai toping seperti Spaghetti Saus Tomat, Saus Bolognese dll




Linguine Alle Vongole, sejenis pasta yang diberi saus dari campuran kerang dan bumbu khusus





Lasagna terbuat dari campuran tepung terigu yang biasanya di dalamnya diisi dengan keju, daging, sosis, mozzarella, sayuran, makanan laut, dll






Ayam Parmigiana berbahan dasar ayam yang di masak dengan cara digoreng dan diberi tambahan saus serta keju. biasanya dihidangkan bersama dengan spaghetti.



Fettucini Alfredo merupakan salah satu jenis makanan pasta yang dihidangkan dengan tambahan saus krim





Veal Marsala berbahan dasar daging sapi, daging sirloin yang lembut.
atau daging ayam. Marsala ini merupakan saus anggur khas Italia yang telah dicampur dengan jamur dan daun bawang.



Pasta Primavera cocok bagi mereka yang vegetarian. mengkombinasikan sayuran segar dengan pasta dan tak lupa tambahan saus berwarna cerah






shrimp Fra Diavolo. Menu makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar udang yang dimasak dengan menggunakan campuran pasta serta saus dengan merica dan bawang putih sebagai bumbu tambahannya.




Penne alla Vodka terbuat dari pasta dengan krim kental dan tambahan bawang, tomat, daging atau sosis. Saus terbuat dari krim, marinara, vodka, dan kemangi



Risotto berbahan dasar beras. menggunakan bawang putih, anggur, daging, keju

Tortellini berjenis pasta. di dalamnya campuran keju serta daging. disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari kaldu sapi.





Panini sandwich diisi dengan ham, keju, serta daging asap







Panna Cotta dimasak dengan bahan dasar susu, krim, gula, dan gelatin yang dididihkan lalu didinginkan dalam mesin pendingin. dihidangkan dengan buah-buahan.




makanan pembuka hampir mirip dengan sosis berukuran besar, terbuat dari campuran  daging sapi. ada juga yang daging babi.



Ayo kapan kita ke  Italia? :))

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates