Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Rabu, 11 Maret 2020

Tips dan Pola Hidup Sehat

Tips dan Pola Hidup Sehat


Sebenarnya agak malu juga ya bicara tentang tips sehat dan pola hidup sehat ini.  Karena terus terang belakangan ini suka sekali naik turun semangatnya sih. Apalagi banyak banget godaannya. Dari berbagai makanan enak yang terhidang saat kita mengikuti event, atau oleh-oleh coklat menggiurkan dari teman atau saudara yang baru saja pulang dari bepergian keluar neger, sampai dengan cuaca yang bikin nager untuk beraktifitas apalagi berolah raga.

By the way, tidak ada salahnya juga sih kita menulis postingan tentang Tips sehat dan  Pola hidup sehat ini. Setidaknya bisa menjadi pengingat bagi diri sendiri, internal motivation, dan lebih bagus lagi kalau ternyata tulisan sederhana ini menggairahkan para pembaca untuk melakukan hal-hal penting yang dibutuhkan bagi kesehatan diri maupun lingkungannya.

So, check it out tips-tips sehat dan pola hidup sehat yang selama ini sudah pernah berhasil dan manjur ya.

1.  Makan sehat berimbang

Asupan kalori yang masuk dalam tubuh kita ini mau tak mau memang harus kita kontrol. Baik bentuk maupun jumlahnya. Karena jika berlebihan, akan menyebabkan overweight dan berefek timbulnya banyak jenis penyakit. Jika kita makan sembarangan dan berlebihan, tubuh bisa terkena penyakit darah tinggi, jantung, diabetes dan lain-lain.

Secukupnya saja dalam mengkonsumsi gula, garam, lemak, protein maupun karbohidrat,  vitamin dan mineral.

Jangan salah ya, kebanyakan sayur sehingga menyebabkan ginjal bekerja terlalu berat ternyata juga tidak baik.


2. Istirahat Cukup
Dulu waktu belum tahu resep ini, aku suka banget lembur sampai malam larut bahkan dini hari. Tetapi setelah mengetahui bahwa tidur selama delapan jam itu penting demi merefresh dan meregenerasi sel-sel tubuh, aku mulai mengurangi kebiasaan tidak aehatku itu.

Sekarang paling jam sembilan malam atau setidaknya jam sepuluh malam, aku sudah mapan atau siap untuk tidur. Jadi menunaikan hak tubuh untuk beristirahat ini penting banget.

3. Bergerak minimal tiga puluh menit sehari

Bergerak nih maksudnya  berolah raga ya. Dulu saat aku rajin pilates, berenang juga yoga, kesemuanya ini bahkan aku lakukan bersamaan lho.
Jadi pilates setiap harinya satu jam. Terus aku pergi yoga bersama ibu ibu satu kompleks seminggu sekali. Dan tiap sabtu minggu alias akhir pekan, kuluangkan waktu untuk berenang dari jam empat sampai setengah enam sore. Lumayan banget lho hasilnya. Bobot badanku turun enam kilogram dalam waktu dua minggu saat itum sehingga tubuhku mendapatkan berat yang paling ideal. Tubuh juga berasa ringan dalam beraktifitas sehari hari. Otak juga berasa lebih cespleng kerjanya. Suasana hati pun terbangun positif dan bahagia. Seneng aja bawaannya. Sehingga drama drama kehidupan tidak penting pun tak perlu lagi lewat deh.


4. No stress

Ini penting banget ya. Karena kondisi mental ternyata besar sekali pengaruhnya lada fisik kita. Supaya tidak stress caranya antara lain dengan perbanyak ibadah, sholat, wirid, dzikrullah. Perbanyak sholawat juga.

Yang juga bisa menghindarkan kita dari stress dan tekanan berlebihan dalam hidup adalah dengan membuang sampah alias toxic dalam kehidupan kita. Baik itu teman teman yang mengganggu, berita serta kabar yang mengganggu ketenangan hidup dan berbagai hal lainnya yang bisa menyebabkan gelisah hati dan ketidaknyamanan.

Apalagi ya?

Oh ya, perbanyak minum air putih. Idealnya sih delapan gelas per hari. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran juga.

Yuk kita perbaiki dan tingkatkan terus pola hidup sehat!
Supaya makin sehat, bugar dan juga produktif. Untuk Indonesia makin jaya!


About the Author

dee

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

2 komentar:

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates