Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Minggu, 22 Maret 2020

Manfaat dan Tips Ngeblog

Manfaat dan Tips Ngeblog


Ada banyak sekali manfaat ngeblog yang aku dapatkan.

Yang utama sekali adalah dengan ngeblog, aku jadi lebih banyak belajar lagi. Tentang banyak hal.

Jadi tahu apa itu script, blog template, coding, Search Engine Optimation alias SEO, dan lain lain yang betbau teknikal.

Juga jadi terpacu membaca hal hal yang terkait dengan konten atau isi yanh mau kita tulis. Apalagi jika tema yang diberikan oleh pemberi tugas atau job adalah tema tema baru yang belum aku kuasai.

Selain itu, dari ngeblog aku juga mendapat pemasukan yang lumayan  misalnya untuk satu kali content placement alias perusahaan menitipkan postingan artikel yang mencantumkan  text anchor yang nge link ke web perusahaannya, ada fee tiga ratus ribuan rupiah. Sedangkan jika harus menulis postingan artikel  sendiri sesuai tema yang ditentukan, ada fee sekitar lima ratus ribu rupiah. Lumayan kan.

Demikian juga jika kita  sebagai blogger diundang untuk meliput event, entah itu launching produk, program atau lainnya, juga ada fee atas liputan dan pemuatannya di blog kita.

Terus manfaat lainnya yang juga ciamik adalah amal jariyah, shodaqoh jariyah yang bisa kita dapatkan jika tulisan di blog kita itu bermanfaat, dibaca banyak orang, bisa menginspirasi dan semacamnya.


Ada banyak lagi manfaat ngeblog lainnya yang bisa jadi puluhan bahkan ratusan jumlahnya. Ahayyyy

Tahu kan, ada seleb yang bahkan bukunya terbit dari kumpulan postingannya di blog.
Novelku juga ada yang berasal dari postingan postinganku di blog lho. Judul novelnya Man Behind The Microphone, cerita tentang Rizal Armada vokalis Band Armada. Bisa dibeli versi ebook nya juga via Google Play,  Google Book. Bayarnya bisa pakai pulsa kok.

Kalau tips ngeblog yang selama ini aku jalankan antara lain aku sering langsung menuangkan ide sesegera mungkin selagi sempat. Karena jika aku menundanya, yang terjadi adalah akan ada lagi tugas dan kerjaan lain yang bakal datang dan semakin bikin daftar tugas semakin menumpuk

Jika temanya lumayan sudah dikuasai, kita tinggal mengalirkan apa yang ada di dalam kepala kita. Semua hal terkait dengan tema berdasarkan apa yang kita pikirkan tentangnya, apa yang kita rasakan tentangnya dan mungkin apa apa yang kita proyeksikan dari tema tersebut.

Jika temanya lumayan berat dan kita tidak cukup punya bahan yang mumpuni, qualified dan layak, biasanya aku menuliskan poin poin intinya dulu. Jadi semacam kerangka. Setelah itu, dari kerangka inilah aku bergerak browsing, searching, berseluncur mencari lebih detail tentang hal hal yang berkaitan demgan tema tersebut. Atau bisa juga dengan membaca buku buku terkait. Plus bertanya pada sumber sumber yang bisa dimintai wawasan dan pendapat sesuai dengan tema yang menjadi concern kita saat itu.

Aku selalu berusaha menulis lebih dari lima ratus kata. Karena konon dengan demikian postimgan artikel di blog kita itu bisa di crawling oleh google. Ada sih yang bilamg tiga ratus kata sudah cukup, tapi kalau bisa lima ratus kata kenapa tidak. Ya kan. Tinggal manjangim dikit. Eaaaa.

Ada juga yang berpendapat sebaiknya seribu sampai seribu lima ratus kata sih. Kalau bahannya memang banyak, bisa deh dipanjangin sampai segitu artikelnya.

Tips lainnya adalah jangan lupa untuk mencantumkan label tag yang sesuai dengan judul dan isi postingan artikel di blog kita.

Usahakan untuk menyelipkan internal link dalam postingan supaya, artikel dan postingan kita di blog yang sama ataupun blog kita lainnya bisa ikutan diklik oleh pembaca.



Selamat ngeblog ya!


About the Author

dee

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates