Beberapa Panel di Festival Literasi dan Pameran Buku Patjar Merah Semarang lainnya:
- kelas menulis anak bareng reda gaudiamo
- Bercerita lewat Foto Travel
- Leak Tegal Sirah Indonesia Tera
- Peran dan Dinamika Komik di Indonesia
- Membawa Karya ke Kancah Internasional
- Menulis Solo atau Duet
- Personal Branding
- Selama Toko Buku Masih Ada
- Merawat Toleransi Lewat Literasi
- Melupakan Aturan Menulis
- Berbahasa Indonesia dengan Riang Gembira
- Mencuri Karya Dari Maestro
- Di balik panggung pertunjukan
M BLOK Blok M jd tempat paling happening di jkt. Ukurannya krn byk media meliputnya tiap hari. Kekuatan politis kapitalis. Dulu sdh ada proposal superblok. kebayoran adl.kwsn pertama yg dirancang arsitek indonesia. Tipology di luat ars belnd Menteng dll dirancang arstek belanda.
Awalnya Desain ditolak krn dianggap receh. Jd ikon kota pdhl penting krn membawa multiplier effect. Lewat elemen bangunan mengingatkan pd sejarah masa lampau. Awalmya selfie2, tp lama2 searching. Kebayoran adl warisan sejarah kota kita.
Ria papermoon berangkat dr sejarah2 berbasis sejarah tp dikemas agar bs dinikmati sekramg. Revitalisasi gedung2 lama agar bisa masuk ke jmn skrg. Patjarlama beramgkat dr ketdkmampuan tp ingin bikin fest literasi. Yg pertama mengambil dr sebuah buku dna tokoh sbg spirit
Keterbatasan jd kekuatan. Sewa lahan 250jt. Gak bisa. Shg menemukan gudang mati di gedongkuning. Dulumya gudang buku, gdg mebel. Menyulap jd lokasi pameran. Tempat tdk strategis. Kekuatan komunikasi digital. 15th terakhir di jogja itu yg plg ramai. Mjdkn arena sirkus.
Menarasikan ulang sejarah. Gedung di malang, reruntuhan pusat film..sejarah kelud mendtgkan org2 yg py kenangan thdnya. Bhkn org2 belanda dtg bergabdengan tangan. Kelud hidup lagi. Tempat itu menarasikan ulang ttg dirinya. Dtg dg pilkiran terbuka, biarkan dia yg menyampaikan psn
Soesman kanttoor awalnya tdk ada listrik. Pakai genset. Urgensi menghdpkan yg telah mati. Gedung mernarasikan ulang ttg dirinya sendiri. Merawat itu tdk mdh Tdk berhenti bercerita di karya. Bahan bakar yg tdk akan pernah hilang Lulu nulis, curhat, tp yg dimainkan kain
Koleksi 2015 jatuh hati Cerita dg naratif Koleksi perjalanan fisik dan batin Merancang busana, tdk sendirian, tdk ttg cutting yg bgm, pewarnaan dst .byk hal.digali yg mmebuat org mengenal brand lulu lurik Cerita ttg Mensyukuri gelap terang Bikin tirakat, bw ke kontemplasi dalam
Cerita personal.yg tdk hy dimiliki sbg pribadi, tp ternyata py kedekatan khusus dg org lain Mrk pernah mengalami spt itu M jacob arsitek M blok di melawai. Pop culture indonesia yg ada dlm sjrh urban culture. JJS. 80 an pusat pop culture. Yg happening di melawai,menular tpt lain
Narasinya mengembalikan kejayaan melawai Blok M th 80 berjaya. Tp ditinggalkn ktk anak2 gaul mainnya ke mall2 Hampir org gak kenal rg publik terbuka M BLOK kenalkan pedestrian Hrs sustain, butuh dana Waktu bgn pakai proposal dn investor Program dirancang agar msk ke anak2 skrg
sehari ada 3-4 acara aktifitas kekinian yg menghidupi dirinya sendiri
Kerja2 literasi Krn nadinya literasi, justru patjarmerah lah yg dirawat Literasi bukan baca tulis, tp memanjangkan ingatan, memahami konteks
Apakah lampau kini n vintage mjd tren? Tren meniupkan ruh
Segala sesuatu ada masa hidupnya, dan itu selalu berulang. Ktk pd masa yg tepat, ide itu mjd tren
Bgm menyikapi hal ini?
Jgn membebani diri dg hal2 spt itu. Krn jk membebani diri dg hal2 relevan, mk akan tjd pemaksaan3
Pdhl yg diperlukan meregang, merespon dg tepat. Krearifitas bukan hy mencipta yg baru tp menghargai yg belum ada.
Memanjangkan ide yg sebelumnya sdh baik, dan menantang diri utk merawat yg sdh ada, itu juga relevan
Tdk menafikan apa yg ada sblmnya.
Memgagungkan diri adl jebkn
Merespon apa yg dikatakan oleh waktu dan ruang.
Kdg sifat tdk peduli itu penting. bgm membuat karya yg tdk py kepentingan
Jgn py batasan2
Jgn takut menceritakan apapun, masa lalu atau hari ini. Semua py warna masing2
Tdk cerita ttg indahnya lurik lagi, krn sdh melampaui
Jgn py kepentingan yg byk atas apa yg sdg dilakukan
Ada kecenderingan pebismis yg riding the wave, bikin vintage
Jacob gak mengada2 krn aslinya mmg bangunan lama
M blok artinya milenial target marketnya, melawai, makers rumahnya industri kreatif, money bisnisnya peruri
M nya juga movement, jalurnya pejalan kaki, ekologi, tdk ada tenpat parkir, org ke sana pakai public transport
Persepsi warga pd kota juga berubah, bukan hy tertarik mall2 tp ruang2 berbudaya
Membangun rg publik yg sustain, bukan hy renovasi fisik, tp bth aksesbilitas dll
Patajrmerah yg percaya kalau utk melakukan sesuatu tdk hrs menunggu. Hrs dilakukan dg sukacita. Posisi inklusif, setara, sama, tdk ada yg lbh kuasa. Bs terlaksana krn wujud gotong royong semua pihak yg py perhatian dg literasi
Ktk itu tjd, semua warga sdh melkakuan perannya
Pemerintah bukan institusi, tp ketika mrrk terlibat tdk ditutup kemungkinannya.
Dibuka kesempatan magang
Herman NTT belajar lgs,.mau bikin pasarbuku di kupang
Kemerataan akses literasi tdk bisa dilakukan sendiri. Hrs sama2
Merespon rg dan waktu bgm melakukannya?
Merespon waktu dan ruang
Kdg tdk ttg yg dialami hari itu. Bahan karya dr bahan yg sdh ada, yg jd tabungan. Shg masa lalu yg menyakitkan tdk sia2, krn bs jd karya.
Meresponnya dg menceritakan
PR2 scr visual tdk akan hilang. Lagi naik motor tahu2 dpt ide. Tema atau cutting
Merespon rg dan waktu itu arsitek banget
Bs tahu kpn pekerja pulang dll
Ego arsitek, rg ini idealnya begini
Realitanya beda. Ada lorong2 yg malah bs dipakai pameran asosiasi listrik tangerang
Amphiteater diperkirakan hy dipakai org2 kreatif tp ternyata digunakan oleh difable dll
Brand kelas dunia yg biasanya launch produk baru di M Blok. Kok mau? Kam gudang? Krn mrk justru cari suasana baru
Membuka selebar2nya utk merespon pelanggan dst
Patajrmerah tdk py konsep awal di kepala. Lihat tempatnya dulu. Kmdian br memikirkan bgm spy bs hidup
Gedung tua bagian dr cagar budaya. Dtg tdk utk merusak. Bgm agar bs diterima bangunan ini
Tempat sdh py sendiri flownya. Kita tinggal meresponnya
Selasar tdk jd ditutupi
Kami diberi ruang. Maka kami juga hrs menjaga ruang. Saling menjaga
Lorong diisi background portable
Tdk mengambil hak publik
Pakai mata hati utk melihat
Batik dan lakon by iwan tirta. Konsep nunggak semi. Mengembangkan tanpa melupakan benih/asalnya
M blok hrs dg btsn, luas 6500 m2, 17 tenant, 1 livemusic besar. Tdk bs nampung semua kalangan. Utk Milenial, makers
Ada yg usul rg meyusui n playground, terpaksa jwb gak bisa krn space tdk memungkinkan, dan peruntukannya mmg utk milenial
Kreator yg tahu mau dibw ke mana dan sampai apa. Lulu lurik membatasi diri utk anak, jogja saja
Kalaupun ada rmh utk brand, terpikirkan mgkn kotanya di mana
Batasan itu ada dan tinggal kita mau.bawa sampai mana. Kdg terlihat, kdg tdk terlihat.
Mimpi besar patjarmerah keliling nusantara. Tp realistis klo ke ujung2 ind, akan susah. Mau ke bali aja mikir, pasarnya ada gak? Perhtgn mtmtkanya tetap jalan
Mimpi sustain, htgn sustain
Bgm menciptkan dampak berkelanjutan
Kalau dipaksakan keluar jawa, akan bubar. Bahkan gak sadar saat masuk ultah setahun
Krn selalu berpindah tempat, energinya selalu baru
Tempat baru memberi energi baru
Recharge, restock
Beda dg fest yg diadakan di tempat yg sama terus menerus
Batasannya perhitungan matematika
Kalau mau keluar jawa, hrs kolaborasi dg siapa
Patjarmerah itu ekstrovert, menyerap energi dr pengunjung
0 Comments:
Posting Komentar