Rabu, 04 Desember 2019

Di balik pementasan seni pertunjukan

Di balik pementasan seni pertunjukan #teater

Gambar


panel lainnya di festival patjar merah  antara lain:




Vicky wayang tenda dulu kenal teater saat masuk sastra undip, teater emka. Olah vokal, olah rasa Utk 1 x pertunjukan/lakon butuh persiapan 4 bln Tetapkan tema Siapkan naskah Riset, merekam suasana, bgm org2 yg akn dilakonkn berinteraksi


Bhkn idiom2nya Bedah naskah Reading, latihan dll 4 bln sampai pementasan Saat keluar dr kampus, tantangannya adl msh teateran dg segala konsekuensinya, tdk dpt byk uang, tp py kebutuhan Wayang tenda adl pertunjukan yg sgt sederhana, ekonomis Krn gak py byk tmn u/ grp pementsan

Bth 2hr utk setting tempat Butuh energi besar Smg gak py tempat yg proper Wyg tenda adl kritik Py tenda naik gunung, pakai senter Krn dg tenda, bs bgn panggung sendiri hy dlm 10 mnt Bs pentas di mana sj tanpa aliran listrik. Pakai senter Krn awalnya adl kritik,wygnya pakai gelas


Bercerita sgt mudah Kekuatan bercerita adl bgm manusia berkomunikasi Sendok ditampilkan, sambil bercerita saya ini laki2 berkumis dst, jadilah dia karakter Stlh itu dipanggil sekolah2 shg bikin karakter ala kadarnya, dr map fiber Sampai akhirnya shadownya bs mengeluarkn warna

Ria dan irwan efendi mendirikn papermoon puppet theater. Learning by doing Basicnya komunukasi krn ingin jd jurnalis, broadcast. Dulu sbnrnya ingin masuk desain kom visual Jd seniman menular itu di jogja. Bljr krn perjumpaan berangkat dr suka n obsesi ms kecil ingin ke LN

Suka gambar, nulis Dr tadinya jd aktor, py koreksi atas penyutradaan, trus pindah2 profesi jd guru tk, pustakawan tk, bikin art club krm byk art gallery di sktr Merelasikan edukasi seni pd anak Kenapa melulu meniru, nari jawa bali, knapa tdk beri kanal utk ekspresi

Ktk ingin melengkapi, hrs tahu apa yg akan dilengkapi. Jd terjun ke pddkn anak Bikin studio kecil yg uang sewanya dr jual baceman ayam dll 70rb/bln Kemandirian, tdk mimta proposal/grant Cari volunteer utk jaga perpus Gempa 2006 Smua org jogja yg ngalami, kt bs apa, peduli orla

Yg bs dilakukan adl buat safe space utk anak2 korban gempa Py buku, crayon, 1,5 th keliling utk safe space utk anak2 selagi org2 tuanya sdg beresi rmh2 mrk stlh gempa Stlh itu smua volunteering ke tempat lain Irwan visual artist Penggabungan seni rupa n pertunjukan. Teater boneka

Seriusin sbg jln hdp, full time Bikin produksi 13 th Bukan komunitas, tp company, krn dituntut komitmen tinggi Studio utk kerja, projek visual art, bikin pesta boneka edisi 7 festival indie internasional

Grant Korea, one way tiket, 1 bln asean council centre dpt 6 bln full grant di NY Networking, ring, kejar peluang2 Gabung Yayasan kelola seni yg merekomendasikan seni2 u/ perform Ganti format dr komunitas jd company, kptsn besar, krn ingin kualitas yg sgt baik n gak mau capek

Gak ada bayaran bulanan Hrs bikin karya, utk menghslkan Challenging Proses 4-6 bln, pentas 3 hr Htgn ekonomisnya gak jalan Setting dibakar dst. Boros Shg mengecilkan tim, dan satu proyek bs dipentaskn berkali2 dan buat remake utk pentas LN. Spy survive sbg seniman full time

Dianggap anomali, krn tdk dianggap bukan teater. Tdk diundang rembug teater Bikin seringkes mungkin Smua properti bs msk koper Karakter fav: demit2an yg aneh, krn gbrnya tdk ada estetikanya Tdk ada lakon tetap, kdg besok main blm py cerita Sampai di tempat,stlh workshop br dpt

Bukan dtg utk memberi cerita, tp audience memberi cerita, wayang tenda mengemasnya Energi dr bocah2 yg nonton, disaut, diserap utk dikembalikan lagi ke anak2,.efeknya lbh besar Meski py alur, tp akhirnya mengalir. Bs berubah. Kyk srimulat. Malah jd kekuatan

Papermoon bilang karya yg paling disuka adl yg akan dibuat. Krn kalau sdh ada yg dianggap peak, berarti menurun Smua silence. Smua emosi 2008 pertunjukan boneka utk dewasa Stlh pentas, merasa ada yg salah Hrsnya bhs boneka itu bkn verbal, tp gesture Sejak perform Sjrh senyap 65

Trus menasbihkn diri sbg silence performance. Dan itu jd kekuatan Tdk ada lakon paten Smua dimulai dr pertanyaan sbg seniman thdp masalah 3 karya 65 Bs berangkat dr teknis produksi boneka Artistik bs menyetir lakon Penjahit cerita: Object teater,tenda, audience bs request crita

Py tabungan bahan, menentukan sudut pandang, dr siapa cerita itu dilihat Bikin carousel 6m, baru bikin instalasi boneka Bs berangkat dr tema, ruang, jenis boneka, dst Sadar akan wilayah, saat diprotes org sumowono dikira wayang tradisi. Akhirnya pilih wlyh yg bukan tradisi

Perform di natuna nemu desa penagi. Motoin boneka2 di dpn rmh2 yg rubuh, jd dikerubungi org2 yg nanya knapa pementasan tdk sampai daerah situ Akhirnya besok balik j 3, set up, bikin perform, disiapin soundsystem oleh rt, listrik dr tkg tambal ban, akhirnya dlm 30 mnt bs pentas

Sbnrnya ingin keliling indonesia drpd perform keliling LN, tp sistemnya gak dukung, gak ada support. Bth teman2 yg bs bantu Branding Wayang tenda gak py target apapun, banyu mili. Pagi kerja di tempat lain, malam mentas. Utk jaga kewarasan Yg nonton 5-10 tp loyal

Riset penonton, br nentuin lakon Beri statement di awal, kalau pentas ini sara, rasis dst. Tp dikemas yg bikin ketawa, tdk ada complain Disepakati bersama, hal2 tsb tdk penting, yg kdg tabu tp sbnrnya pertanyaan dasar, dijadikan guyonan Ex: kulit ireng kok diejek kenapa

Wewe gombel hy utk audience gombel, bs diculik alien Branding papermoon, dg sosmed Ingin audience lihat proses behind the story Sgt personal Ingin dekat dg penonton Agar mrk ikut memiliki Py relasi dg penonton Bulan kertas, buat sesuatu istimewa dr yg sederhana. Base nya dr itu

Gak ada pesan moral Justri dg karya non verbal, audience bs merelasikan sendiri Inget dg temen,saudara,ibu Tdk menggurui apa2 Org lihat,lgs ke kepala pesannya Dunia sdh terlalu berisik Terlalu byk org ingin didemgar Bs gak sih diserap dg indera lain Ortu mmbgn crita brsm anak

Ritual sblm pementasan: ngopi *OMG jd inget, setengah hari ini aku sdh ngopi 2 gelas. Duh. Harapan: ingin py panggung teater di smrg Ritual papermoon: Tumpengan, buhur sumsum magic circle, duduk bersama, meditasi, atur nafas, melepaskan yg di luar utk fokus, himpun energi

salah satu pengalaman yang mengesankan bagi khotibul umam, dosen fib undip, saat Pentas di reruntuhan johar. Seminggu stlhnya, ada ibu testimoni kalau anaknya jd ingin belajar wayang dan jd dalang

dian nafi

writer & blogger

dian nafi. arsitek yang suka jalan-jalan serta menulis fiksi dan non fiksi

0 komentar:

Posting Komentar