banner here

Kongres Ulama Perempuan Indonesia 2 di Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara

- November 28, 2022
advertise here

 Kongres Ulama Perempuan Indonesia 2 di Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara


Alhamdulillah selama seminggu kemarin, dian nafi berkesempatan untuk mengikuti gelaran serangkaian acara Kongres Ulama Perempuan Indonesia alias KUPI 2. Digelar tiga hari di UIN Walisongo Semarang dari 21-23 November 2022, dan tiga hari di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara 24-26 November 2022. 


Alhamdulillah ketemu lagi sama mba Alissa Wahid putri Gus Dur, setelah beberapa bulan lalu bertemu pada gelaran acara Tunas Gusdurian di Surabaya. 










Sebelum pembukaan  sudah ada acara-acara juga, seperti kunjungan napak tilas ulama perempuan Jepara,  beberapa side event lainnya, juga FGD atau forum group discussion bertempat di kompleks kawasan yang berbeda-beda. 


Acara pembukaan Kongres Ulama Perempuan Indonesia 2 berlangsung pada 24 November 2022 bakda isya. Bertempat di aula utama venue, pembukaan dihadiri oleh menteri desa, menteri pemberdayaan perempuan, menteri tenaga kerja dll.  







Tiap pagi bakda subuh, ada takhtiman quran di aula utama venue Kongres Ulama Perempuan Indonesia 2 di Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara. Bu Nyai Hindun Anisah sendiri yang memimpin dan membaca khataman qurannya. 

Terdapat 3 sesi dalam Kongres Ulama Perempuan Indonesia 2 ini, sesi pra musyawarah terdiri 10 panel. Sesi musyawarah terdiri 11 panel dan sesi refleksi. 









































Halaqah Refleksi Paralel "Kerja-kerja Jaringan untuk membangun peradaban yang berkeadilan" diselenggarakan sebagai halaqah penutup dari seluruh rangkaian Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) 2.



Halaqah Refleksi; Kerja2 Jaringan Komunitas dn Majlis Ta’lim. Jaringan komunitas dn majelis taklim berefleksi utk membangun peradaban yg berkeadilan sebagai rekomendasi dari KUPI. Kegiatan ini difasilitasi oleh Helmi Ali (Ketua Pengawas Rahima) dn Desti Murdijana (Justassociates)






Hasil Musyawarah Keagamaan KUPI 2 tentang Peminggiran Perempuan dalam Menjaga NKRI dari bahaya Kekerasan Atas Nama Agama menghasilkan tiga poin sikap keagamaan kupi. Satu diantaranya adlh kewajiban untuk menjaga NKRI dari Bahaya Kekerasan atas nama agama.


Hasil Musyawarah Keagamaan KUPI 2 tentang Pengelolaan Sampah utk Keberlanjutan Lingkungan Hidup dn Keselamatan Perempuan menghasilkan 3 poin sikap keagamaan kupi. 1 di antaranya adlh Semua pihak wajib mengelola sampah sesuai kemampuan dan kapasitas masing2

Hasil Musyawarah Keagamaan KUPI 2 tentang Perlindungan Perempuan Dari Bahaya Pemaksaan Perkawinan menghasilkan 3 poin sikap keagamaan kupi. 1 di antaranya adlh kewajiban dalam melakukan perlindungan terhadap perempuan dari bahaya pemaksaan perkawinan.

Hasil Musyawarah Keagamaan KUPI 2 tentang Perlindungan Jiwa Perempuan dari Bahaya Kehamilan Akibat Perkosaan menghasilkan 3 poin sikap keagamaan kupi. 1 diantaranya adalah kewajiban melindungi jiwa perempuan dari bahaya kehamilan akibat perkosaan.

Hasil Musyawarah Keagamaan KUPI 2 tentang Perlindungan Perempuan dari Bahaya P2GP tanpa Alasan Medis menghasilkan 3 poin sikap keagamaan kupi. Satu diantaranya adalah pengharaman tindakan (P2GP) tanpa alasan medis


Halaqah Refleksi; Kerja-kerja Jaringan Pesantren dan Lembaga Pendidikan (Dasar-Menengah). Dlm prosesnya, para partisipan berkumpul menjadi beberapa kelompok utk membahas pertanyaan2 refleksi, sprti implementasi fatwa KUPI I catatan kritis untuk KUPI II, hingga persiapan KUPI III

Halaqah Refleksi; Kerja-kerja Jaringan Akademisi, Peneliti, dan Pendidikan Tinggi. Difasilitatori oleh Lies Marcoes dan Faqih Abdul Kodir, Dalam prosesnya, para dibagi menjadi beberapa kelompok untuk merumuskan berbagai persoalan dan mempresentasikannya kepada forum


Halaqah Refleksi; Kerja2 Lembaga Swadaya Masyarakat. difasilitatori oleh Mira Diarsih dan Samsidar, Beberapa partisipan bercerita tentang pengalaman advokasinya. Sebagian lagi merupakan korban yang menceritakan pengalamannya terkait diskriminasi dan intoleransi yang mereka alami.

Halaqah Refleksi; Kerja-kerja Individu dan Jaringan Global. Kupi memiliki kekuatan, sumber daya dan value yang besar. Semua potensi ini dan bentuk-bentuk serupa bisa direplikasi di negara-negara lain dengan tetap memperhatikan konteks.


Acara penutupan berlangsung meriah dengan pemukulan rebana bersama-sama seluruh audience setelah pembacaan fatwa-fatwa hasil musyawarah selama Kongres Ulama Perempuan Indonesia 2 di Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara ini. 

Sampai jumpa di Kongres Ulama Perempuan Indonesia berikutnya. Insya Allah. 

Advertisement advertise here
 
banner here