Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Selasa, 07 Juli 2020

Kuliner Demak Yang Harus Dilestarikan

Kuliner Demak Yang Harus Dilestarikan

Demak Kota Wali | You'll Never Walk Alone

Beberapa hari lalu grup penulis arsitek ngomporin supaya kami segera kunjungan lapangan ke lasem juli ini. Aku tertarik karena ingin ngrasain lontong tuyuhan. Kayak gimana sih rasanya.

Kuliner indonesia ini memang beragam dan semuanya menggoda. Apa makanan tradisional khas daerahmu yang musti dipreservasi? Kalau Demak, ada krophokan, pecel lele, sego ndoreng, bubur coro, rangin, bakso balungan. Ini menurut pengamatanku sih.

Btw, pecel lele kayaknya bukan Demak saja ya yang punya.
Bakso balungan juga sih, tapi bakso balungan Demak tuh terkenal enak banget.
Kata ibuku, rangin juga bukan khas Demak saja.
Nah, kalau bubur coro beneran kuliner yang asalnya dari Demak. Begitu menurut ibuku (yang aslinya justru dari Solo, tapi kelahiran Magelang:D) tapi sudah ngoyot di Demak puluhan tahun.
Tapi beneran. Bubur Jamu Coro, Kuliner Legendaris dan Menyehatkan dari Demak, bahkan sudah pernah menjadi headline sebuah koran nasional. jadi seratus persen betul. 



KROPOKAN
Ada yang tahu? Kalau Nasi Krophokan adalah Menu Kesukaan Raja Demak? Aku pernah membacanya di suatu tempat.

Ada yang bilang kropokan itu ndas wedhus. Tapi ada yang bilang kropokan itu bahan dasarnya bandeng. nah lhoh.
Terusss, ada yang bilang kropokan itu sebenarnya khas Kediri. Hohoho, mana yang bener nih. harus ada penelitian tentang ini.

Ini dia bahan dan cara pembuatannya. 


ini dia BAHAN utamanya:
1 ekor ikan bandeng
2 sendok makan mentega atau margarin

ini untuk BAHAN SAUS KECAP:
3 siung bawang putih, haluskan
4 sendok makan kecap manis
1 sendok teh gula pasir
3 buah cabai rawit
3 sendok makan air matang

Ini untuk bahan PELENGKAPnya :
l buah jeruk limau, potong-potong
5 siung bawang merah, iris tipis-tipis 

CARA MEMBUAT KROPOKAN BANDENG :
1.  Siapkan ikan, diamkan selama lima belas menit, lalu lumuri dengan margarin sampai rata, kemudian panggang di atas bara api ya.Atau di dalam oven (200 derajat Celsius) sampai matang. Tandanya  bandenga jadi berwarna kecoklatan.

2. lalu kita membuat saus kecapnya: caranya haluskan bawang putih, gula, dan cabai rawit, lalu tambahkan kecap manis dan air matang, lalu  aduk rata.

3. Terakhir, sajikan kropokan bandeng ini bareng  saus kecap, jeruk limau, dan bawang merah.

Selamat mencoba!

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

2 komentar:

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates