Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Selasa, 16 Juni 2020

Tips Menulis Memoir (9)

Tips Menulis Memoir (9)


Baca juga:

Tips Menulis Memoir (1)
Tips Menulis Memoir (2)

Tips Menulis Memoir (6)

Tips Menulis Memoir (7)
Tips Menulis Memoir (8)


Memoir bukanlah cerita lengkap kehidupan seseorang. Dia hanya satu bagian, sebuah potongan yang mengemuka karena berbeda dari kebanyakan kehidupan orang-orang. Memoir bukan cerita dari lahir sampai mati. Tapi mungkin hanya beberapa bulan dari kehidupan, tapi kebanyakan orang tidak mengalaminya.


Baca banyak memoir bagus, pelajari bagaimana itu ditulis, apa fokusnya dst. Sebuah memoir bagus mirip fiksi, harus beda, menarik, ditulis dengan baik, karakternya kuat dan plotnya menarik. 

Berikut beberapa tips menulis memoir:

1. Temukan ceritamu
Bagian yang menarik dari memoir adalah peristiwanya, bukan orangnya. hanya selebriti yang menarik jika orangnya yang diceritakan. Kalau orang kebanyakan seperti kita, cerita apa yang bisa memikat orang lain? 

Cerita apa yang menarik bagi orang-orang? Apa yang bikin orang penasaran dan ingin tahu? Ada nggak cerita tentang bertahan hidup atau lepas dari sesuatu yang genting/bahaya/trauma dan semacamnya?


2. Tenun topik yang lagi hot dan hits
Cerita anekdot tidak cukup. Kita butuh membuat cerita kita relevan dengan debat budaya yang lebih luas. Memoir yang bagus punya wawasan, insight, obesrvasi, pengamatan, ekspresi pandangan dan dilema yang mirip dengan yang dialami pembaca.  

3. Buat dan bangun strategi perencanaan
Tidak ada panduannya yang mudah. Buku seperti teka-teki raksasa dan unik bagaimana cara kita membuatnya  tergantung bagaimana otak kita bekerja. Kadang bisa merencanakan  sedikit demi sedikit, menulis sedikit demi sedikit, menulis lebih banyak. Kedua proses ini saling membantu. Kita tidak bisa pergi ke fase perencanaan selanjutnya sebelum menulis untuk tahu mau ke mana ide kita itu menuju, dan juga sebaliknya.

4. Selektiflah terhadap kebenaran
Penulis memoir tidak mendandani, tapi mereka butuh menciptakan lengkungan atau busur cerita seperti fiksi. Ada pelajaran moral bagi karakter utama, atau misteri atau ketegangan. Mari kita hadapi, kehidupan nyata itu membosankan dan penuh pertemuan tidak relevan atau peristiwa yang tidak menunjukkan apapun. Ketrampilan menulis memoir adalah memilih kepingan yang paling pedih dalam kehidupan kita dan menyaring kepingan yang tidak bermakna, sehingga kita bisa bergerak menuju kesimpulan yang lebih melengkung. 

5. Bersiap untuk mengubah karakter
Jika kamu menulis aspek pribadi  kehidupan seseorang (kehidupan keluarga, kehidupan romantis, kondisi kesehatan, rahasia bisnis) kemudian kamu punya kewajiban legal dan etis untuk menyamarkan identitas sebagaimana yang mereka minta.  Di sinilah kreatifitas menulis masuk dan hadir. Kuncinya adalah menciptakan adegan pembanding yang merefleksikan inti dan esensi dari pengalaman nyatanya, tetapi disetting terjadi di tempat lain. 

UPCOMING EVENT

Oh ya, insya Allah juga akan ada workshop atau kelas webinar Writerpreneurship di Era New Normal 29 Juni 2020 nanti. 





Selamat menikmati perjalanan menulismu!

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates