Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Minggu, 21 Juni 2020

Era New Normal Bersama Yang Cantik-Cantik


Era New Normal Bersama Yang Cantik-Cantik



"Beberapa pasar menjadi contoh adaptasi new normal. Sistem pembukaan kios dipasar dengan bergiliran, akan diberlakukan di Jakarta. Upaya jaga jarak di Salatiga, diberlakukan sejak beberapa minggu yang lalu."

Di televisi, terdengar suara Juru bicara Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengungkapkan Menteri Perdagangan telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pasar yang Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru alias New Normal.

Aku dan ibu yang sedang bersiap untuk shalat jamaah di ruang tengah saling berpandang-pandangan. 

"Owalah, yo pinter pemerintah yo, diwenehi sing ayu-ayu ben do ora geger," komentar ibuku.
Masyarakat diberi yang cantik-cantik biar tidak ribut. 

"Iya, bu. Lha wong kita yang perempuan saja lihat yang cantik, terpesona. Apalagi yang laki-laki."


Sejak PSBB dilonggarkan dan New Normal mulai dilakukan, orang yang terkena positif covid-19 selalu mencapai tambahan  seribu kasus setiap harinya. Dan langkah pemerintah? Menghadirkan Dr. Reisa & Merry Riana sebagai jubir penanganan Covid-19.


Sementara di lapangan kasus masih naik, angin new normal sangat kencang, dan masyarakat sudah mulai tidak disiplin, Reisa Effect ini akan diuji. Apakah masyarakat  mau waspada dan nurut untuk menjalankan protokol kesehatan, agar semua aman dalam new normal life.

Kampanye 'new normal' dilawan oleh publik dan oposisi yang tidak setuju, dengan cuitan yang berisi 'distrust'. Secara umum karena alasan: - kasus positif dan kurva masih tinggi - gelombang kedua - test sedikit - dll

Percakapan tentang 'new normal' dan Reisa ini memang menampilkan dua response yang bertolak belakang. Yang satu "tidak percaya" dan satunya lagi "percaya". Mungkin ini strategi yang diambil pemerintah untuk menaikkan kepercayaan publik yang selama ini rendah, melalui sosok Reisa.


Narasi optimisme dan harapan banyak disampaikan, supaya komunikasi pemerintah makin bagus. Good looking dan latar belakang profesional Putri Indonesia  yang sesuai dengan peran terkait kesehatan ini menjadi perhatian besar publik.


Percaya dan optimis bahwa masyarakat  akan lebih teredukasi tentang pandemi,  termotivasi untuk lebih disiplin dalam menjalankan pola hidup sehat (masker, cuci tangan, physical distancing dll) 


Tapi ada juga netizen yang berkomentar negatif. Ditempatkannya Bu Reisa membuat new normal seakan-akan adalah masa yang lebih cerah padahal bisa jadi lebih kelam.

However, dokter cantik ini memberikan banyak himbauan yang semoga didengar dan diikuti banyak orang ya.

Memasuki new normal life, kita dituntut untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik agar tidak mudah terinfeksi virus Corona.

Terkait masyarakat yang berolahraga di luar ruangan di tengah masa new normal, Dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.
Sebagian karyawan mulai kembali bekerja di kantor di era new normal. dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan protokol kesehatan saat pulang ke rumah dari kantor.

Semua acara dan kegiatan harus melewati protokol kesehatan  agar  kita tetap aman dari covid-19 namun di saat yg bersamaan masih bisa produktif. Inilah new normal yang  banyak orang masih belum paham.

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates