colourful journal for beautiful life

Kamis, 09 Januari 2020

Tips Produktif

Tips produktif

Kemarin waktu aku nge-boom twitter dengan beberapa bukuku yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dijual di Amazon, serta beberapa buku yang dibuat versi digitalnya dan dijual via Google Play serta Google Books, ada teman mutual twitter yang nanya, gimana sih kiat produktifnya.

So, kita bagi sini ya tips-tipsnya. Semoga bermanfaat.
1. Set daily goals

Punya tujuan harian sangat penting, jadi kita memiliki panduan apa-apa yang harus kita raih sehari itu.
Biasanya orang-orang bikin list di malam hari sebelum hari H. Bisa juga pasgi-pagi setelah sholat tahajud atau sholat subuh.
Ada yang sudah mengagendakan selama satu minggu penuh, bahkan sebulan.
2. First thing first
Punya prioritas, mana yang harus dikerjakan duluan. Jangan sampai kita ngerjain banyak hal, terus yang terpenting malah ketinggalan.
3. Set deadline and stick to them
Kalau tidak menentukan tenggat waktu, biasanya bisa blong alias kelewaat.
4. Keep tasks manageable
Atur supaya banyak tugas itu bisa dimenej dengan baik. Tidak kecacalan, tidak hectic, tumpang tindih dst.
5. Train your brain to deep work
Berlatih untuk bisa bekerja tekun dan dalam. Artinya tidak buru-buru kabur sebelum kerjaan selesai. Gitchuu.
6. Compartmentalize your time
Waktu kita terbatas, jadi latih mental kita untuk menggunakannya dengan sebaik-baiknya.
7. Put away your cell phone
Jauhkan ponsel selagi mengerjakan sesuatu. Biar tidak tergoda scrolling twitter dan instagram yang memang bisa menghabiskan waktu.
8. Monotask
Usahakan mengerjakan tugas, satu per satu. Baru pindah ke tugas lain, jika satu tugas telah selesai.
9. Practice mindfullness
Berlatih untuk fokus, penuh perhatian, penuh kesadaran dalam mengerjakan apapun. Hasilnya insya Allah akan lebih oke.
10. Know your body clock
Kenali jam tubuh kita sendiri. Kapan masa aktif, kreatif dan produktifnya. Kapan butuh istirahat dst.

11. Work in 90 minute cycles
Kerja dalam siklus sembilan puluh menitan. Jadi setiap setelah sembilan puluh menit, take a break alias istirahat, baru kerja 90 menit lagi.

12. Take mental breaks
Istirahatkan mental sesekali. Jangan dipakai terus menerus, bisa capek, bosan, exhausted, dan malah ambruk.

13. Set a timer
Atur timer. Supaya kita punya kecepatan yang sesuai dengan target kita.
Timer juga butuh untuk mengatur jadual rutin. Alarm supaya kita istiqomah.
14. Exercise often
Banyak berolah raga. Karena tubuh yang fit akan lebih produktif.

15. Declutter your workspace
Bersihkan tempat kerja kita. Rapikan meja kerja dan ruangannya. Agar lebih mudah kita mengambil dan menaruh lagi barang-barang yang diperlukan. Supaya auranya lebih positif dan energinya lebih baik.

16. Use the two minute rule
Gunakan aturan dua menit. Dapat apa selama dua menit nih? Bengong aja? Hadeeuuuh..

17. Give yourself a caffeine boost
Beri booster semangati diri sendiri dengan kafein. Aku biasanya ngopi. Teman-teman bisa sesuaikan dengan gaya boosternya masing-masing. Apakah ngeteh, ngejuss atau lainnya.

18. Switch tasks
Berpindah tugas segera setelah satu tugas selesai. Kalau di Qurannya bilang, fa idzaa faroghta fanshob.

Setelah tahu tipsnya, ayo kita praktikkan! Good luck!

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates