Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Kamis, 13 Agustus 2020

Riset Arsitektur Baluwarti Kraton Cirebon

Riset arsitektur baluwarti kraton cirebon




baca juga perjalanan mengenal arsitektur indonesia sebelumnya:
arsitektur rumah kampung adat GuruSina
arsitektur kampung adat di jawa bagian barat
yori antar: arsitektur nusantara
prof joseph: arsitektur mengkini dan menanti
arsitektur Lasem Lasem 2 Lasem 3 Lasem 4
arsitektur masjid agung demak




Baluwerti asal kata Baluwer= jagang. dan Baluwarte dari kata portugis. Yang artinya parit yang mengelilingi Karaton dari kata ka"ratu"an Gambar Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dibangun sezaman, yg mungkin sebagai pembagian kekuasaan politik meminjam konsep pembagian kekuasaan politik di Kerajaan Galuh dan Kerajaan Sunda: rama = legislatif, resi = yudikatif, ratu = eksekutif, yg disebut sebagai tritangtu dinagara

Gambar


Kaprabonan (Mandala/padepokan/institusi pendidikan berdasarkan sumber historis secara fungsi mirip dgn Kabuyutan, Mandala Kawali di Kerajaan Galuh, dan Patuha di Kerajaan Sunda.

apakah antara ketiga Baluwarti keraton tsb (Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan) terdpt persamaan dan perbedaan pola yg sangat kuat? hal tsb berangkat/dipengaruhi oleh faktor2 apa saja? Serta secara kosmologi apakah ketiga keraton tsb memiliki meru yg sama ataukah meru yg berbeda?

Berdasarkan sumber naskah dan prasasti, setelah masa Tarumanagara di Tatar Sunda kemudian lahir Kerajaan Galuh (ibukotanya bernama Galuh Pakwan) dan Kerajaan Sunda (ibukotanya bernama Pakwan Pajajaran), jd yg lebih tepat adalah “Kerajaan Sunda”


apakah ada seni taman di Kraton Cirebon? di kraton Jogja ada konsep SRI TAMAN, pepohonan memiliki arti makna ttt di Cirebon ada tamansari sunyaragi

Sampai dgn tahun 1991 Baluarti Keraton Kasepuhan Cirebon dapat dikelompokan dalam 7 (tujuh) kompleks berdasarkan tempat : 7 kompleks tersebut terbagi dalam tidak kurang 75 bagian nama lokasi tempat dan bangunan.


Gambar

Ada prinsip keselarasan hubungan mikrokosmos dan makrokosmos Hrs terwujud termanifestasi dlm pemerintahan dan secara fisik dlm bangunan, desa, candi, keraton


Ada 1 raja 4 menteri 8 pejabat utama 32 pejabat Angka yg memiliki nilai2 yg sama dg yg dipahami ttg alam semesta Mestinya riset mengungkap keselarasañ mikrokosmos dan makrokosmos ini dlm kraton Meski ada konsep ajaran universal Org2 nusantara cerdas akulturasi prinsip lokal

Krn sdh bertahan ratusan tahun, pasti ada yg menarik. Misal: di pakualaman. Ada soko guru pd pendopo joglo. Ternyata pembangunan ulang stlh gempa, 4 soko guru dan hiasan atasnya dipertahankan meski tdk lagi jd elemen struktural

Kemandungan kidul dipindahkan dr sragen, krn ternyata itu bgnn pertama yg disinggahi mangkubumi saat keluar dr kraton Krn terlalu kecil, ditambahi atap sekelilingnya. Krn terlalu pendek, diangkat. Arsitektur kraton berulangkali berubah. Bertumbuh.


yg diperoleh dr analisa tapak: harusnya ada pelajaran apa yg bisa diambil utk rekomendasi/referensi Gambar Dlm lingkup bangunan ada 3 poin penting: Enclosure elements Struktural Ornamen Bgm mrk membentuk ruang
Gambar

Catur gatra tunggal
Gambar

Dari toponimi sebenarnya nama mereka bukan Ci-rebon, yang sering menjadi nama tempat kebanyakan di tatar "Sunda".tetapi.. Cerbon. Belanda menuliskannya Tjeribon.

Gambar
Kalau dari geografis, sbnrnya lbh ke arah Galuh, bukan Sunda. Kebanyakan kita menyamakan antara Galuh dan Sunda adl sama, walau sebenarnya berbeda. terkecoh sering menyamakan karena penggunaan bahasa yg sama, yg disebut bahasa Sunda. Jd Ceribon lebih dekat ke Galuh daripada Sunda
Gambar
Kedekatan dengan Demak juga membawa dampak pegbaruh Jawa (Majapahit) yang signifikan.

Setelah era Tarum, Sunda dan Galuh pecah kongsi. Mereka tidak akur, sehigga dibuat garis demarkasi yaitu dengan merujuk pada Sungai Ci-Tarum. Sunda berada di sisi barat sungai; sebaliknya Galuh di sisi timur. Wilayah Galuh meliputi priangan dan juga Kuningan. Termasuk Ceribon.

GambarDlm panangguhing duwung(sejarah diakronis keris)antara Pamor Majaphit& Demak itu sama. Tp Pamor antara Ceribon&Pajajaran beda. Duwung Ceribon lbh dekat dg Demak (Majapahit). Namun keris Ceribon tdk (boleh) lbh gagah dr Demak. Yogya lbh kalem drpd Sala. blangkonnya juga
Terkait dengan tipologi panungguhin dawung, hal ini tampaknya berlaku pada masjid pun juga demikikan. Masjid Demak dengan Masjid Sang Ciptarasa Ceribon hanya selisih sedikit tahun. Secara waktu hampir bersamaan. Tetapi wujud Masjid Demak menggunakan mustaka (lingga; tegak; gagah)

Sedangkan, Masjid Sang Ciptarasa menggunakan garis nok yang lebih luwes dan kalem. Dalam hal ini bisa dimaknai sebagai sepasang masjid yang saling melengkapi.Gambar

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DeMagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates