Senin, 21 Oktober 2019

Pengajian Habib Umar Bin Hafidz Roadshow Asia

dian nafi
Pengajian Habib Umar Bin Hafidz Roadshow Asia


Hasil gambar untuk habib umar bin hafidz indonesia 2019
Keponakanku sempat hadir di majlisnya habib umar bin hafidz di simpang5 smg tp hy bs lihat dr jauh. Eh ndilalah muridnya yg kalimantan menghubungi n mengajaknya utk ngejar bib umar bin hafidz selama roadshow 3 hari di masjid2 spore. Krn peserta hy ratusan, jd bs salaman lgs deh

Semua majlis habib umar bin hafidz selama roadshow spore itu bisa dia hadiri semua, di masjid2 spore. Hanya satu yg kelewat, krn ketiduran sebab kecapekan, sdh pasang alarm tp bangun bentar utk matiin alarm trus tepar lagi. Pdhl habib umarnya aja on terus ya. Subhanallah.



Pas aku nangis gara2 batal hadir ke majlis2 habib umar bin hafidz saat di solo krn barengan waktunya dg jadual ngajar pelatihan dan hrs saving energi utk hari berikutnya krn agak sakit, salah satu ustadz bilang yg penting hadir scr batin, insyaAllah bib umar tahu n ngrasain. Amin


yg sedih adlh ternyata ada org2 yg bukan saja gak mau dtg tapi juga melarang keluarganya dtg ke majlis tsb krn ada habib syeikh. Beliau dianggap pro pemerintah yg dzalim. Astaghfirullah. Sebegitu hebat n berhasilnya kelompok ini membrainwash org2 yg dulunya suka ta'lim n sholawat


Festival Bekraf Solo 2019

dian nafi
Festival Bekraf Solo 2019







Hal mengecewakn lainnya adl set, layout,booth,dll fest solo gak lebih bagus dr fest srby. Sdh kadung bayangin yg indah2 dg standar buagus yg pernah dilihat sblmnya di srby itu, jd pas lihat yg di solo, loh waduh. Entah krn anggaran lbh sdkt, atau yg ngerjain krg nyeni.


Hasad, negative thinking menyebabkn kita terhalang dr kebaikannya. Bener bgt quote ini. Tersebab menganggapnya gak bgs, jd malah gak pephotoan di booth2nya. Shg malah gak dpt konten yg dibthkn. Jd mmg perlu jernih melihat segala sesuatu, agar bs tetap terinspirasi kebaikan2nya







Percaya gak kalau mentor dan fasilitator tuh ngaruh bnaget thd output dan outcome suatu meetup/kelas?

Meetup cm 18 dan 19 beda banget, antara lain krn fasilitator2 n mentor2 18 tuh nganggep all participants are smart,diperlakukn sedemikian shg participants mengeluarkan potensi terbaik mrk. Yg 19 ini entah krn arahannya yg misleading atau mmg pesertanya menye2, shg performnya gitu





Minggu, 20 Oktober 2019

Lesson Today, Today Lesson

dian nafi
Lesson Today, Today Lesson


Jika teman-teman perhatikan, di twitter ummihasfa, seringkali ada tagar #lessontoday atau #todaylesson di mana dian nafi suka membagikan insight pembelajaran yang dia dapat hari itu atau seputar hari itu, entah itu dari pemikiran yang datang sekelebat, atau perasaan yang dia peroleh setelah baca sesuatu, atau bahkan dari kesalahan yang pernah dia bikin dan seterusnya.

Untuk minggu ini, apa aja sih yang dia dapat. Yuk kita kulik.

Tadi pas motoran, tiba2 kepikiran ya Allah 2019 mau habis. Byk mimpi n resolusi thn kmrn belum tercapai, meski dianugerahi byk hal yg gak terimpikan sblmnya. Akhir thn kalau bikin list resolusi, bbrp mimpi yg belum tercapai pasti masuk lagi ditambah keinginan2 lain yg dtg juga

Antara lain pingin sekolah lagi, sing dhuwuur. Setdknya dpt beasiswa shortcourse2 gitu, atau retreat2 or residensi2 or semacam itulah yg nambah capacity n experience. Ada progress rintisan startup dll. Kan katanya keep dreaming kan ya. Himmatul ulya. Aamiin aamiin ya Allah


Sometimes when looking at the person who was below but now getting on the top, some insights come in. It was probably your luck in the past, but then it jump to another when you did that sin, shortcut which may realize dream on short time, but actualluly stealing the long term

Even i've wrote book about raising vibe, actually sometime i don't implement it well in real life. Like two days ago when an opportunity come. Otherwise i should hope, pray n send positive vibe, my thought full with negative thinking, anxiety, worry etc. And yup, that moment lost

When we realize that sometimes we can't wake up in the night for tahajud and sholat hajat, then we know that all those capability actually come from Allah. We should be grateful everytime we can do those prays and all kindness. Laa haula wa laa quwwata illa billahil aliyil adzim

Penjelasan lebih panjangnya bisa teman-tema baca- insya Allah - di buku dian nafi berikutnya ya

Sabtu, 19 Oktober 2019

GoMassage Biar Tetap Tangguh

dian nafi
GoMassage Biar Tetap Tangguh

Gimana rasanya hidup di Jakarta?
Meski belum sepenuhnya menetap di Jakarta, adalah beberapa kali tinggal selama beberapa minggu di kota metropolitan ini untuk kerjaan atau workshop. Pernah ngerasain naik KRL bolak balik dari Tebet ke Cikini selama seminggu. Huhuhu kepepet-pepet dong di kereta meski sudah berusaha ambil waktu yang sekiranya sudah berkurang kepadatan manusianya.

Menempuh perjalanan dari gedung Tempo di Palmerah (untuk workshop jurnalisme investigasi) ke  hotel di Tanah Abang bolak balik selama dua minggu juga pernah, pagi sore pagi sore. Kalau ini aku memanfaatkan gojek.  Karena cepat, anti macet, dan murah. Asli.

Bantuan Gojek untuk memudahkan dan melayani customernya, ternyata terus ditambah. Antara lain dengan GoMassage yang merupakan bagian dari Go Life.

Badan capek, pegal-pegal padahal masih harus menyelesaikan banyak pekerjaan dan kegiatan di hari-hari selanjutnya membutuhkan obat. Ya GoMassage ini yang bisa jadi andalan agar bisa tetap tangguh melanjutkan perjalanan dan menghadapi tantangan.



Mudah cara pemesanannya. Kayak kita pesan gojek atau gocar gitu. Tapi ini kita pakai aplikasi golife ya, jadi harus download go life dulu di play store, buat akun go life. Tinggal memasukkan alamat. Lalu pencet pilihan yang kita mau.


Kalau mau pijat, kita pijit GoMassage. (eh berima lho kalimatnya haha)

Apakah mau pakai jasa body massage (pijat badan) ataukah mau beauty massage (pijat kecantikan) ataukah pijat  refleksi.

Aku pilih pijat badan, dan memilih layanan satu jam. Jadi kita bisa memesan waktu sesuai kebutuhan atau pun kemampuan bayar kita hehe.

Karena aku wanita, maka pilih pemijat wanita dong ya. Baru saja aku menunggu beberapa waktu, eh sudah langsung nyanthol tuh masuk nama pemijatnya. Setelah beberapa kali percakapan pendek di inbox chat aplikasinya, aku tinggal duduk menanti kedatangan si mbak pemijat yang sudah ada fotonya di apps GoMassage ini.

Sambil nungguin mbak pemijat, aku mengunggah foto-foto acara yang barusan aku ikuti buat ngasih makan alias nge-feed instagram.
Pas si mbak pemijat datang tanpa ba bi bu, langsung deh memapankan diri di pembaringan dan si mbak-nya dengan tangan terampilnya memberikan pijatan-pijatan yang lumayan kuat. Cukup lah buat mengembalikan kelenturan setelah otot-otot tubuh menegang selama melakukan banyak aktifitas.

Oh ya, krim dan minyak zaitunnya diramu dan dicampur oleh si mbak pemijat. Dia bawa sendiri kok, jadi kita praktis tidak perlu menyiapkan apa-apa. All in.

Sambil dipijat, sesekali membalas komen di insta stories ataupun feed sosmed. Tapi begitu pijatannya makin membuat melayang karena enak, lama-lama gadget juga diletakkan dengan sukarela.

Si mbak pemijat juga sopan sekali. Suka nawarin alias minta ijin dulu kalau mau memijat bagian-bagian tubuh kita. Padahal kalau nggak nanya juga kita pasti persilakan yak an. Pokoknya yang bikin enak dan kembali segar gimana caranya, gitu lah.

Tapi benar juga kupikir pas dia nanya: mbak, bagian depannya mau dipijit juga nggak?
Aku berpikir sebentar, dan kuputuskan untuk tidak usah memijit badan bagian depan. Takut geli. He he he.

Jadi lanjut memijit bagian lain sesuai dengan yang kita inginkan. Kalau mau minta kerik, bisa juga. Hanya saja kalau pijat syaraf atau refleksi memang bukan bagiannya, sehingga si mbak pemijat meminta maaf kalau hanya bisa melakukan sesuai tugasnya saja. Memang begitu SOP-nya mungkin.

Yang jelas, on time beneran satu jam sesuai pesanan, karena dia pakai timer untuk menghitungnya. Makasih ya mbak.







Selasa, 01 Oktober 2019

Pelatihan Coding di ponpes assalam solo

Dian
Pelatihan Coding di ponpes assalam solo


Alhamdulilah akhir september hingga awal oktober ini sudah sukses berlangsung kelas pelatihan coding di pondok pesantren assalaam solo.

Diikuti oleh lima puluh siswa dan santri putra di lab sebelah kawasan  utara pondok.  Dan ada empat puluh siswa dan santri putri di lab kawasan selatan pondok.


Menyenangkan sekali melihat antusiasme mereka belajar hal baru dan hasilnya lunayan bagus bagus.

Ini beberapa coding yang ditampilkan









Senin, 16 September 2019

Dimanipulasi Orang Yang Dipercayai

dian nafi

Kisah hirmah
Dimanipulasi Orang Yang Dipercayai

Dibodohi, dibujuk gurunya sehingga mengkhianati suaminya.


Hasil gambar untuk menangis






TENTANG BUKU HOW TO RESET YOUR LIFE
Ada masa di mana kita merasa sangat berantakan dan membayangkan seandainya semua ini bisa di-undo, dibatalkan. Atau andai saja hidup kita bisa di-reset, diulang lagi, sehingga yang berantakan itu jadi rapi, we start from zero. Kita mulai lagi dari nol.
Mungkin nggak ya?
Buku HOW TO RESET YOUR LIFE ini menjelaskan tentang proses membangun ulang bangunan hidup Anda, secara baik dan damai.


EVENT RESET YOUR LIFE TERDEKAT
HARI/TANGGAL: Senin, 16 September 2019
JAM: 15.30 – 18.00
ACARA: BOOKTALK “HOW TO RESET YOUR LIFE” BY DIAN NAFI
LOKASI: DI AMPHITHEATER OUDETRAP FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG
https://goo.gl/maps/vwpZZjEd5LhDpmik8


Jumat, 13 September 2019

Move On Setelah Patah Hati

dian nafi
Move On Setelah Patah Hati
Hasil gambar untuk menangis

Ketika gadis pujaan hati menolak lamarannya dengan alasan keluarga si cewek merasa keberatan sebab mereka tidak selevel, Raho merasa berantakan. Penantiannya selama bertahun-tahun sebab memuja gadis itu sejak masih duduk di bangku SMP ternyata berujung kekecewaan dan sedih. Apalagi dirinya merasa semakin down saat di depan umum gadis itu acuh kepadanya, mengabaikan dan bahkan terang-terangan menolak saat ada teman lain yang menggoda mereka sebenarnya bisa menjadi pasangan serasi. Raho sampai jatuh dari motor sepulang dari insiden itu.
Jiwa Raho makin hancur saat gadis idamannya itu menikah dengan orang lain. Yang kabarnya dari perjodohan yang diatur pihak keluarga. Yang Raho tak habis pikir, gadis itu justru meminta tolong padanya untuk membagikan undangan pernikahan itu. Seolah-olah perasaan Raho tak ada arti apapun baginya. Di hari pernikahannya, Raho datang dengan hati yang tak terkatakan porak porandanya.
Butuh waktu lama, bertahun-tahun bagi Raho untuk bangkit dari keterpurukannya. Untunglah ada bapak, ibu, kakak-kakak, adik dan teman-teman Raho yang menjadi tempatnya bersandar. Dulu biasanya Raho tak pernah punya waktu untuk duduk berbincang dengan saudaranya, kini dia merasakannya sebagai salah satu media untuk menganulir kesedihannya. Bapak ibunya yang pengertian banyak memberikan bekal motivasi dan penyemangat. Meski mereka tak pernah membahas kepatahhatiannya, Raho dalam hati mengakui bahwa yang dulu ibunya katakan itu benar adanya. Sebuah wejangan, nasihat agar Raho tidak terlalu berharap muluk-muluk, agar dia memilih gadis yang sama levelnya saja dst.
Menyibukkan diri dalam pekerjaan, berkonsentrasi dan fokus menjadikan Raho sebagai orang yang berprestasi dan diperhitungkan dalam dunia kerjanya. Raho juga bergaul dengan lebih banyak teman, selain menghubungi banyak teman yang terdahulu. Jalan-jalan dengan mereka untuk mengurangi siksa batinnya. Raho juga kuliah lagi untuk menunjang karirnya dan juga membunuh waktu. Kesemuanya menjadi beberaa jalan yang Raho tempuh.
Beberapa kali perempuan lain mencoba mendekatinya karena memang dia cerdas, baik dan tampan, tetapi Raho masih tak bergeming. Tak ada yang bisa menggantikan posisi gadis itu dalam hatinya. Saat bayangan gadis itu masih terus ada di pelupuk matanya, dan mengganggu jiwanya, Raho memutuskan untuk membunuhnya. Dia menembak mati gadis idamannya itu dalam bayangannya, dalam benak dan pikirannya. Sekarang gadis itu sudah tiada dalam dunianya, tak bisa dia harapkan lagi untuk dimiliki.
Setelah beberapa waktu berlalu, meski belum sepenuhnya sembuh dan lupa (dan yang sebenarnya memang tak pernah hilang dari hatinya) akhirnya Raho melangkah dan menerima perempuan lain. Dia menikah dan meninggalkan Indonesia untuk beberapa tahun. Hingga anak pertamanya lahir di luar negeri dan dia mulai menghadapi hidup baru bersama keluarganya.




TENTANG BUKU HOW TO RESET YOUR LIFE
Ada masa di mana kita merasa sangat berantakan dan membayangkan seandainya semua ini bisa di-undo, dibatalkan. Atau andai saja hidup kita bisa di-reset, diulang lagi, sehingga yang berantakan itu jadi rapi, we start from zero. Kita mulai lagi dari nol.
Mungkin nggak ya?
Buku HOW TO RESET YOUR LIFE ini menjelaskan tentang proses membangun ulang bangunan hidup Anda, secara baik dan damai.


EVENT RESET YOUR LIFE TERDEKAT
HARI/TANGGAL: Senin, 16 September 2019
JAM: 15.30 – 18.00
ACARA: BOOKTALK “HOW TO RESET YOUR LIFE” BY DIAN NAFI
LOKASI: DI AMPHITHEATER OUDETRAP FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG
https://goo.gl/maps/vwpZZjEd5LhDpmik8

Mau ikut Reset Coaching juga?
Klik bit.ly/resetcoaching

Bangkit Setelah Kematian Suami

dian nafi
Bangkit Setelah Kematian Suami
Hasil gambar untuk menangis
Suami mendadak meninggal dalam kecelakaan dan meninggalkan dua anak kecil, 3 dan 1,5 tahun, rupa-rupanya belum cukup menjadi ujian May. Dia mengalami goncangan tambahan karena tiba-tiba didepak dari CV konsultan dan developernya sendiri yang dibangun bersama seorang teman dekat. Dia pikir teman dekat ini yang menyelamatkannya dari kehancuran sejak ditinggal mati suami, tetapi ternyata tambah meninggalkannya juga pada akhirnya. Permintaan ibunya -yang mungkin didorong untuk menjaga May dan anak-anaknya- agar May balik ke kota kecil mereka, membuat May makin mati kutu. Tidak ada pasar yang cukup luas untuk kemampuan dan skill-nya. Tetapi harus melajo ke kota besar sebelah, membuat energinya terkuras padahal masih harus mengasuh dua balitanya.
Dalam kejatuhan sedemikian, bahkan dia rasa sampai ke titik nadir, kadang dia berjalan dan berkendara  bagai zombi di kota kecilnya yang sepi. Tatapan matanya hampa, hatinya berlubang besar oleh rasa kematian suaminya dan kehilangan perusahaan konsultannya, jiwanya perih atas penelikungan sahabat dekatnya, ditambah marah, kecewa dan berontak akan keputusan ibunya yang dirasa diktator. Dia merasa sudah mau habis, tapi kemudian ingat kedua anaknya yang masih sangat kecil. Dia bertekad untuk terus melanjutkan hidup.
Dalam  keadaan putus asa dan penuh tekanan, dia menumpahkan kegelisahan serta segala rasa dalam batinnya, jeritannya pada Tuhan, pertanyaannya akan takdir dan semuanya ke dalam tulisan-tulisan di note fesbuk. Beberapa teman yang tertarik pada tulisannya, menyarankan May agar mengikuti kompetisi menulis yang diselenggarakan penerbit. Kemenangan demi kemenangan kecil diraihnya, sehingga sang adik mendorong May untuk melanjutkan kemungkinan-kemungkinan baru. Karir baru di bidang kepenulisan pun dirambah. Perlahan-lahan hal tak terduga ini membawanya melangkah keluar zonanya selama ini. Menulis buku, menerbitkan, mengikuti berbagai workshop sampai akhirnya mengisi banyak workshop dan menjadi public speaker di berbagai kota. Hal yang bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sesuatu yang mungkin saja tidak akan bisa dicapainya kecuali setelah dia mengalami kejatuhan itu.
Syukur alhamdulillah pencapaian-pencapaian ini membuatnya semakin bangkit, sehingga dia pun kembali dengan percaya diri membuka kembali konsultan arsitekturnya. Beberapa drafter membantunya menyelesaikan tugas-tugas ini karena dia musti membagi waktu, perhatian dan energinya dengan tugas-tugas lain.
Lalu dia sadar bahwa keputusannya waktu itu untuk patuh pada nasihat ibunya demi meraih ridlo beliau, adalah yang mungkin menghantarkannya sampai di rel kehidupan baru ini. Kadang butuh waktu untuk kita bisa melihat kepingan-kepingan puzzle kehidupan dan mengelupas lapisan demi lapisan tabir misteri takdir.


TENTANG BUKU HOW TO RESET YOUR LIFE
Ada masa di mana kita merasa sangat berantakan dan membayangkan seandainya semua ini bisa di-undo, dibatalkan. Atau andai saja hidup kita bisa di-reset, diulang lagi, sehingga yang berantakan itu jadi rapi, we start from zero. Kita mulai lagi dari nol.
Mungkin nggak ya?
Buku HOW TO RESET YOUR LIFE ini menjelaskan tentang proses membangun ulang bangunan hidup Anda, secara baik dan damai.


EVENT RESET YOUR LIFE TERDEKAT
HARI/TANGGAL: Senin, 16 September 2019
JAM: 15.30 – 18.00
ACARA: BOOKTALK “HOW TO RESET YOUR LIFE” BY DIAN NAFI
LOKASI: DI AMPHITHEATER OUDETRAP FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG
https://goo.gl/maps/vwpZZjEd5LhDpmik8


Rabu, 11 September 2019

Event Diskusi Buku Di Festival Kota Lama Semarang

dian nafi
Event Diskusi Buku Di Festival Kota Lama Semarang



Hai hai....
Mau ada event diskusi buku lagi nih. Kali ini menjadi bagian dari Festival Kota Lama Semarang yang diselenggarakan dai 12-22 September 2019.

Program acara Festival Kota Lama Semarang antara lain: pameran kuliner legenda, pameran kopi susu kerja sama Indonesia-Belanda, pameran mebel Jepara yang mengangkat tema: Kartini. Tidak ketinggalan ada Jelajah Kota Lama oleh Bersukaria Tour, seminar, book talk yang menghadirkan para penulis, bedah film, Belajar Bahasa Belanda, jalan sehat lintas generasi, serta Indische Parade sebagai bentuk kerja sama dengan Semarang Night Carnival.

Salah satu buku yang ada di sesi BookTalk nanti adalah Buku HOW TO RESET YOUR LIFE karya Dian Nafi yang diterbitkan oleh Penerbit Grasindo. 


Catat tanggalnya ya!
HARI/TANGGAL: Senin, 16 September 2019
JAM: 15.30 – 18.00
ACARA:  BOOKTALK “HOW TO RESET YOUR LIFE” BY DIAN NAFI 
LOKASI: DI AMPHITHEATER OUDETRAP FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG
https://goo.gl/maps/vwpZZjEd5LhDpmik8


#
TENTANG BUKU HOW TO RESET YOUR LIFE
Ada masa di mana kita merasa sangat berantakan dan membayangkan seandainya semua ini bisa di-undo, dibatalkan. Atau andai saja hidup kita bisa di-reset, diulang lagi, sehingga yang berantakan itu jadi rapi, we start from zero. Kita mulai lagi dari nol. 
Mungkin nggak ya? 
Buku HOW TO RESET YOUR LIFE ini menjelaskan tentang proses membangun ulang bangunan hidup Anda, secara baik dan damai.

Selasa, 10 September 2019

Menyelesaikan Persoalan Buruh Migran (day 2)

dian nafi
Menyelesaikan Persoalan Buruh Migran (day 2)


Baca rangkuman hari pertama di  https://www.hasfa.co.id/2019/09/onemore-hasfa-foundation-contribution.html 

Harus menemukenali agar nyambung antara sebab mendasar, dampak dan solusi. Tingkatkan pemahaman agar punya kesadaran kritis. Shg tdk menyalahkan diri, tdk menyalahkan org lain. Cari kmbing hitam ataupun pasrah pd magis. #advokasi


Bekerja tdk sesuai krn majikan terlalu eksploitatif. Dampaknya pmi sakit. Harusnya ada poll utk pengaduan. Paspor ditahan sebab spy pmi kerja sesuai keinginan majikan. Danpaknya gak bisa lari. Hrsnya paspor dipegang pmi. Tdk ada uang makan krn majikan tdk tunaikann kwjb

Hrsnya ada uang nakan. Tdk keluar sebab dilarng majikan. Dampaknya tdk tahu info.Hrsnya diberi masa libur Dilarang komunikasi keluarga spy kerja terus.Dampaknya keluarga khawatir. Hrsnya hak komunikasi. Tdk bs kelola uang sebab tdk trampil. Dampak tdk py aset.hrs usaha

Keluarga memburuk sebba kurang komunikasi dan komitmen. Dampaknya perceraian. Hrsnya komunikasi. Jalan keluar bukan yg absurd dan imajiner, hrs konkrit.

Permen PPA no 20 th 2010 dari UU no 52 th 2009 pasal 74 setiap keluarga berhak sejahtera. Di tingkat daerah hrsnya ada perda. Sdh ada inisiasi parenting community yg mjd bagian dr dismigratif, meski belum berjalan dg optimal

Sayangnya upaya2 pilar, fasilitator pelayanan2 tdk mdpt respon baik dr masyarakat, dikira cari2 uang. Akan dibuat rumah desmigratif utk nampung anak2 PMI agar tdk nakal, bs belajar dll. Cara menjangkaunya scr grup, sesuai range usianya, krn psikologinya berbeda2


Rumah desmigratif belum dibuat. Sementara bertempat di balai desa pidodo kr tgh, jragung kr awen, sidomulyo dempet, megonten kebonagung, doreng. Di bawah koordinasi dinakerind Tiap malam koordinasi via wa jk ada mslh2 Dinsos,dikbud,dinkes hrs juga turut bina keluarga tki
Gambar
Isu kesehatan terkait pmi adl hiv aids. Dinkes hrs edukasi cpmi ttg resiko tertular hiv. Sosialisasi scr grup pemahaman dasar ttg hiv. Edukasi via pkpr. Skrg sangat urgen apalagi tren hiv meningkat. Terutama pekerja luar kota. Hrs diantisipasi sblm semakin parah.

Butuh regulasi juga jika ada jenazah sbg ODHA. Penanganannya berbeda. 90% penderita hiv adl TBC Jk pulang dlm keadaan sekarat? bgm penanganannya? Mekanisme khusus dr KPA komisi penanganan Aids dg jamkesda yg universal coverage semisal tdk py KIS atau BPJS.


Jk sakit aids kemudian sehat dan ingin berangkat LN lagi sbg PMI ada pendampingan dr dinkes. Kalau ada kasus2 semacam itu, bisa hubungi jejaring kesehatan. Keluarga mjd elemen penting dlm perawatan ODHA di rmh.


Spy pokja bisa kerja, butuh payung kebijakan daerah. Pokja adlh inisiasi menuju perda tsb.

Urgensi pokja bina keluarga tki Pemberdayaan ekonomi Ketahanan kesejahteraan keluarga Perlindungan anak
Gambar
yg sdh dilakukan masy:
Pembentukan kelompok usaha Community parenting Konseling keluarga Regulasi daerah ttg perlindungan anak Jaminan kesehatan anak KIA Posyandu anak Yg belum dilakukan Bantuan modal Jaringan pemasaran Pembentukan bk tki Paguyuban pmi n purna pmi

Hambatan/Tantangan: Lack of management dlm penberdayaan ekonom Belum bisa berkesinambungan community parenting n konseling Belum ada koordinasi n produk hukum tki Rendahnya partisipasi masy thd pola asuh anak Kurangnya kesadaran utk terlibat dlm pendidikan anak


Perspektif pemerintah. Yg sdh dilakukan: Uppks dinpermades Tkm dinakerin Pmu bg korban kdrt Bina keluarga remaja Pik remaja Pkpr Posyandu lansia Posyandu balita Forum anak Community parenting Desa ramah anak Sekolah ramah anak Rs puskesmas ramah anak

Yg belum dilakkukan: Pelatihan industri rmh tangga Ijin PIRT Posyandu remaja Community parenting Ruang bermain anak Tantangan: Dana Packaging Insidentil, tdk kontinyu Pemasaran Perijinan Kurangnya komitmen kepala desa Belum terintegrasi dg dana desa Kurang kepedulian

Di pesisir, byk tjd kdrt pd perempuan jk suami yg nelayan dtg dlm keadaan tdk bawa hasil. Kemiskinan dan kelaparan jd pemicu. Tp perempuan yg jd korbannya.

Dari 30 anak punk, ada 2 yg positif hiv. Anak2 punk rentan thd hiv aids

Dr perspektif PMI Yg sdh dilakukan: Kelompok usaha Pembekalan agama Quality time dg keluarga saat cuti Anak2 pmi diasuh oleh keluarga yg dipercaya Anak2 disekolahkn Yg blm dilakukn: Jaringan pemasaran Pendidikan karakter Manajemen uang Tantangan: Blum ada fasilitator


pokja bktki penting krn: Pmi dan keluarganya perlu diorganisir dlm paguyuban shg mempermudah opd terkait utk melakukan penguatan2 di berbagai aspek. Shg smua sinergi tanpa tumpang tindih. Berhasil guna dan terukur. Smua opd terkait bikin pilot bersama, nyengkuyung brg


Dismigratif perlu bikin data faktual shg pelatihan2 yg dilakukan tdk mubazir. Jgn asal2 bikin pelatihan. Eman2 apbd nya. Itu duit rakyat. Hrs netes. Menghasilkan

RTL rencana tindak lanjut Krn amanah permen ppa maka leadnya aka Ketua pokja: dinsosppa Meski inisiasi dr pemprov tapi Fasilitasi dr pemkab Jalur tahapan cpmi demak sebagian besar melalui PT yg ada di grobogan Bgm cara mengeliminir n evaluasi utk lindungi warga

Perlu edukasi kepala desa agar tdk meloloskan cpmi yg tdk layak dst. Tdk bisa dg hanya himbauan. Hrs dg aturan yg jelas dr pemerintah

RTL perspektif opd: Pembentukan paguyuban Screening kesehatan purna pmi Pelatihan tkm Community parenting Pendirian koperasi desa Terrtib adminduk bagi cpmi Pembinaan thd p3mi/pt Pokja mengawal RTL sesuaikan anggaran n nomenklatur. Diupakan utk anggaran th berkutnya

Prioritas ranking Paguyuban Tertib adkminduk oleh pjtki, dukcapil, pmi, dinakerin (koordinasi dinas2 terkait agar outputnya tjd tertib adminduk utk rekruitmen) Screening kesehatan purna pmi Pelatihan tkm Pembinaan p3mi Community parenting Pendirian koperasi

RTL perspektif pemerintah Rumah dismigratif sbg pusat info Pendidikan kewirausahaan Pembinaan keluarga utk pengasuh Pengajian ekonomi produktif Bina anak PMI



Kamis, 05 September 2019

SelaSA eSAi

dian nafi





SelaSA eSAi

Sore : 15.30 – 17.30 WIB


Hasfa Camp: Cempaka 8/D3 Perum Wijaya Kusuma 2 (belakang SMAN 1) Demak


Lokasi : https://g.page/HASFA
Daftar:  klik  bit.ly/wahasfa
**

Pilihan kelas Hasfa Camp lainnya:
senEN cerpEN
selaSA eSAi
raBO BlOG
kamIS jurnalIS
jumAT curhAT

sabTU TUlis buku
mingGO GO digital
ahad NyOre NOvel

**


**

Ingin mengundang dan bekerja sama juga untuk kelas dan sharing kepenulisan, seminar, pelatihan? klik  bit.ly/wahasfa

atau SMS/WA 081328767574

atau line diannafi57 untuk terhubung langsung dengan nara sumber

**

Mau ikut pelatihan-pelatihan bermanfaat?
Daftarkan diri segera ke Hasfa Camp!
Butuh space, meja dan layanan internet untuk start-up mu?   
Butuh teman dan mentor untuk networking dan brainstorming?
Yuk gabung ke Hasfa Coworking Space

Follow also our sosial media account:
FB page : https://www.facebook.com/HasfaCreative
Twitter: https://twitter.com/hasfa_camp
Blog: http://hasfacreative.blogspot.co.id/
Web: http://www.hasfa.co.id/
IG: https://www.instagram.com/hasfacreative/