Colourful Journal for Beautiful Life

beautiful journal for colourful life

Senin, 06 April 2020

Memiliki Resiko DM? Tanya Dokter Diabetes Mengetahuinya dan Lakukan Ini untuk Pencegahannya

Memiliki Resiko DM? Tanya Dokter Diabetes Mengetahuinya dan Lakukan Ini untuk Pencegahannya

Penyakit diabetes melitus sekarang ini menjadi salah satu penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah yang mengakibatkan masalah kesehatan lainnya. DM menjadi penyebab banyak jenis penyakit seperti serangan jantung, gangguan pembuluh darah hingga kondisi luka yang tidak mudah disembuhkan serta kebutaan. Penyebab diabetes melitus sendiri adalah gaya hidup yang kurang sehat dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau mengandung gula. Selain itu, beberapa orang memiliki resiko lebih tinggi terkena DM dibandingkan orang lain karena faktor keturunan dan obesitas. Jika Anda termasuk di antara orang dengan resiko tinggi DM, langsung saja tanya dokter diabetes untuk mengetahuinya dan lakukan tips berikut ini sebagai upaya pencegahan:

Menjaga pola makan.
Pola makan sehari-hari sangat menentukan seseorang terkena diabetes melitus atau tidak. bukan hanya makanan namun juga minuman juga perlu diperhatikan. Seseorang bisa terkena DM jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gula hingga membuat kadarnya terlalu tinggi di dalam darah. Kadar gula sebenarnya dibutuhkan sebagai pengganti lemak untuk sumber kalori, namun jika berlebihan, akan menumpuk hingga di dalam pembuluh darah yang disebut diabetes melitus. Bukan hanya pada makanan yang manis, namun gula juga bisa terdapat pada makanan yang umum dikonsumsi seperti nasi. Jika Anda sudah positif memiliki DM, sebaiknya mengganti nasi putih menjadi nasi merah yang mengandung kadar gula lebih rendah.

Rajin berolahraga.
Olahraga ditujukan untuk membakar lemak berlebih serta kandungan gula dalam darah. Mereka yang rajin berolahraga akan memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit gangguan pembuluh darah dan jantung yang juga merupakan penyakit komplikasi dari DM.

Gali informasi.
Untuk mencegah diabetes melitus, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu DM. Informasi yang Anda butuhkan antara lain penyebab terjadinya DM, faktor yang menyebabkan seseorang memiliki resiko tinggi terkena DM, dan komplikasi DM yang bisa terjadi. Untuk informasi yang terpercaya, Anda dapat tanya dokter ini melalui aplikasi Halodoc.

Memiliki berat badan normal.
Obesitas merupakan salah satu faktor mengapa seseorang memiliki resiko terkena dm. Cara pencegahannya adalah dengan memiliki berat badan normal baik dengan melakukan olahraga penurunan berat badan ataupun dengan melakukan diet.

Konsumsi buah dan sayur.
Mineral sangat penting untuk menjaga tubuh melakukan metabolisme agar pembakaran lemak dan darah berjalan optimal. Selain itu fungsi ginjal untuk mengeluarkan kotoran atau zat sisa dalam tubuh juga akan lebih mudah jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Sayur dan buah yang mengandung banyak serat akan membantu proses menurunkan berat badan yang dianjurkan untuk para pasien dm.

Sarapan.
Meski Anda melakukan diet, namun sarapan jangan dilupakan. Sarapan pagi merupakan hal yang penting dan bermanfaat untuk memberikan sumber tenaga pada tubuh dalam melakukan aktivitasnya.

Berbagai tips di atas akan menjauhkan Anda dari diabetes melitus meski Anda memiliki faktor resikonya. Jika perlu, tanya dokter diabetes cara pencegahan yang lebih spesifik hingga obat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Menjaga pola hidup sehat merupakan cara pencegahan yang paling efektif untuk Anda pemilik resiko tinggi diabetes. Meski tidak semua pemilik dm memiliki berat badan berlebihan, namun menjaga berat badan agar tetap ideal juga akan baik untuk kesehatan Anda secara umum terutama untuk kesehatan jantung.

About the Author

dian nafi

Author & Editor

lulusan arsitektur yang suka jalan-jalan, menulis fiksi dan non fiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Demagz © 2015 - Designed by Templateism.com, Distributed By Blogger Templates