Tasawuf Untuk Pendidikan Karakter Bangsa



Tasawuf Untuk Pendidikan Karakter Bangsa

Alhamdulillah kemarin aku berkesempatan mengikuti webinar yang diselenggarakan lembaga pendidikan Maarif NU. Berikut beberapa petikannya.

Tidak bisa kita belajar fiqh saja tapi tdk belajar tasawuf. Tdk bisa juga belajar tasawuf saja tapi tdk belajar fiqh.
Kalau hati kotor, ilmunya tdk bermanfaat. Apalagi jika maksiat, hafalannya akan hilang Ada sufi Rabiah adawiyah selama 40 th kalau bicara hy yg dr quran saja Kita juga mengenal sufi Albushtomi

Gambar

Tasawuf falsafi Dlm pendidikan kalau tdk dibarengi dg memasukkan ajaran tasawuf, tdk dekat pd yg memberikan ilmu pengetahuan, gak akan ada gunanya Apa rahasia hafalan kuat, ilmu mantap Tdk boleh tinggalkan tahajud Pembentukan karakter Tanpa tasawuf tak ada maqom
Mujahadah

Kyai kholil bangkalan mujahadah bertahun2 sblm mukasyafah Ktk menafsirkan ayat, Kami tdk menurunkan ayat kecuali dipahami sedikit. Yg benar adl sangat sangat sangat sedikit Kalau tahu tasawuf, tdk akan sombong Jgn merasa cukup dg ilmu yg dimiliki Baca byk buku Belajar lbh byk

Ciri org bertaqwa: trus merasa haus Akses byk referensi Mengkaji ilmu dr guru yg kompeten di bidangnya. Hrs ada sanad keilmuan Shg mantap krn py ijazah,dan percaya diri saat mengajarkannya kembali Sanad2 keilmuan 3 jilid besar sayid agil munawwar Cari guru2 dg kepribadian2 luhur

Gambar
Pak Kyai
@KHMLuqman
: Konsep manusia paripurna insan kamil hanya ada dlm dunia sufi, secara akademis Silabus mensistemasir pendidikan spiritual yg berdsr mission manusia Generasi ibnu arabi: wilayah2 transendenta Kita skrg mendpt warisan besar dr Rasul: ulama2 nusantara
Ma'had Aly jd wadah utk regenerasi Bukan sekedar urusan masa depan tp pertanggungjawaban akhirat Apakah semua guru mendoakan murid2nya? Selamat dunia akhirat, ilmunya berkah manfaat. Jutaan guru di indonesia mgkn tdk melakukannya Murid2 kita ini adl anak2 kita di akhirat
Hrs ada tanggung jawab moral Jangan dipersempit sbg tugas profesional Bgm menghantar dg selamat sampai surgaNya Sufi mengelaborasi nilai2 ini Kitab ta'lim muta'alim Jd pelopor pencerahan dunia Bgm modernisasi tdk berakhir kehancuran Miliki tema2 besar ttg ketuhanan,kemanusiaan
Kalau hanya anak2 kita yg solih tapi tetangga tdk, bisa jd musuh Materalism, hedonism, seksualism, dst prototype almuhlikah Imam ghozali buat almushlihat yg bisa dijadikan silabus Metode Taqrib targhib Tazkiyatun nafs Tahalli takholli tajalli Jgn sampai tasawuf tdk masuk silabus

Bagaimana konsep dan implementasi kesembangan Dunia dan Akhirat dalam dunia Pendidikan? dan apakah benar Dunia-Alhirat harus seimbang?

Berkaitan dengan materi DR KHM Lukman Hakim, Bagaimana metode jalan ihsan mulai TK sampai akhir hayat? Ijin bertanya Prof Yai Said Aqiel Al Munawwar, mungkinkah rendah hati dan sombong kita anggap sebagai aksesoris dan ritme pribadi sufi ? Nuwun. MH. Bahaudin

Bgm pendapat thd fenomena akhir2 ini yang banyak sorotan tentang perlakuan dari Banser NU yang melaksanakan tugas untuk menegakkan nahi mungkar ditengah2 masyarakat yg terdapat banyak penyimpangan serta faham2 yang tidak sejalan dengan faham NU
bagaimana mengamalkan ajaran tasawuf di era modern dengan fokus ibadah kepada Allah, tetapi sisi lain kita sebagai aktivis NU harus terus tanpa henti meningkatkan SDM termasuk dalam bidang penguasaan IT, padahal ini erat dengan modernitas yang tak lepas dari bumbu-bumbu
tampilan keduniawian yang erat melekat dengan modernitas tsb Bagaimana cara membangun karakter generasi milenial dalam menerapkan amal ma'ruf Nahi Munkar sesuai nilai2 Tasawuf. terutama pada nahi Munkar yang sangat merajalela dizaman sekarang ini

kpd Prof. Kyai Said Aqil Munawar, bgm menyikapi munculnya fenomena ustadz or ustadzah masa kini yang sanadnya keilmuannya tdk jelas, bhkn kadang baca alQuran aja msh byk salahnya, tetapi pengikutnya luar biasa byk. sbg santri seringkali kita galau melihat fenomena tsb. trmksh
Bgm cara paling sedarhana sedikit saja menerapkan ilmu tasawwuf yang paling sederhana pada guru guru dan siswa yang sifatnya berkesinambungan bgm teladan para sufi kita dalam menjaga nalar kritis dan menyampaikan kritik-kritik
Dg upaya membuat silabus sedemikian rupa yang sangat luar biasa tersebut, apakah nantinya pada proses penerapan tidak menjadi sebuah masalah baru dengan kurikulum dari pemerintah yang tiap 5 tahun berganti pak kiai, sedangkan kurikulum sebagai dasar regulasi pendidikan yang ada?
Mahabbah adl bagian dr hubb Robiah adawiyah mahabah ilahiyah Tdk ada dlm pikirannya kecuali Allah Proses perjalanan spiritual Rasul antara lain isro mi'roj Meninggalkan segala hal selainNya Bhkn sdh sampai surga masih disuruh naik. Ayo naik naik Tujuan utama bertemu Allah
Stlh bertemu Allah malah disuruh turun làgi ke dunia Puncak isro itu nuzul Ktk taroqi belum selesai Membagn peradaban dunia tapi sdh bersama Allah Bersama Allah aku berdaya Bersenyawa dlm kepribadian rasul Dunia dlm genggaman Bukan kita dlm genggaman dunia Sepi ing ramai

Utk membuat silabus bisa based on Imam ghozali fathul jawarih fisik Fathunnafs non fisik Psikolog muslim Ahli pendidikan Jangan silabus umum ditempeli ayat2 Mendidik hati,ruh, akal Ihya Suluk ilallah Tujuan mencari ilmu liridhoillah Kalau khlgn ilmunnafi,khlgn nur,bs destruktif
Ahwal lahir dari anwar Adab melahirkan amaliah akhlaq Seimbangnya dlm kebajikan, hasanah Kebajikan akhirat: dpt syafaat Kebajikan kerja: profesional Neraka dunia: adzab, terhijab dr Allah. Misal ketika dpt bencana, apakah kita jd terhijab dr Allah atau tdk? Jgn sampai tersesat

pertanyaan untuk beliau berdua : prof almunawar dan romo yai luqman:
apakah dianggap sah transmisi keilmuan agama terutama dalam bidang tasawuf lewat ngaji online seperti ini? apakah sudah bisa di klaim status guru murid mengingat tradisi keilmuan model tasawuf hrs face to face


kedua: apakah ilmu yang kita baca di kitab kitab bisa berkah dan mendapat sanad keilmuan mengingat mencari pemilik sanad dan kesempatan yang tidak kita punyai.
Bgm tips atau cara untuk menjadi ahli sufi dlm kehidupan modern,seperti kita org awam ini dan yg terpenting adalah amalan harian apa yg kita lkukan setiap harinya yg baik atau yg istiqomah di lksnkn. Biar hati ini tetap bersih dan tenang

Peran Inovasi UMKM Survive di Masa Pandemi Covid-19

Peran Inovasi UMKM Survive di Masa Pandemi Covid-19

BACA JUGA webinar BPPT sebelumnya:

Webinar Bareng BPPT RI

BPPT Membangun Ekosistem Penanganan Covid


Simulasi Pemodelan Covid-19 BPPT


Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Energi


Gambar 7 peran bppt


Gambar
Ekosistem inovasi
Gambar



Subsektor inovasi

Gambar

Desain industri

Gambar

UMKM menyerap tenaga kerja
Gambar
Kinerja umkm dalam konteks global
Gambar


Dampak pandemi covid-19 terhadap umkm
Gambar
Anatomi permasalahan umkm saat pandemi covid-19
Gambar


Contoh inovasi umkm
Gambar
Umkm keramik
Gambar
Peranan keramik dalam kehidupan sehari hari
Gambar
Sebaran sentra kerajinan keramik
Gambar
Karakteristik sentra kerajinan keramik
Gambar
Dampak covid terhadap umkm keramik
Gambar
Upaya umkm keramik untuk survive
Gambar
Pengembangan produk inovatif
Gambar



Tips Menulis Novel yang Film-able

Tips Menulis Novel yang Film-able: Pilih judul yang movie-able Pelajari film2 yg diproduksi PH nya 7 elemen film Karakter unik Tokoh punya tujuan Tokoh terkena masalah Mengalami dilema, memutuskan menyelesaikan masalah > tujuan selanjutnya Ancaman bila tujuan gagal tercapai

Hambatan 1-2-3 - solusi Surprise ending 7 poin menguatkan karakter Motif Masa lalu Reputasi Stereotip Perbedaan sifat Kebiasaan Fisik

Kalau di cerpen, 1 konflik Kalau novel, perbesar hambatan Lihat tingkat solusinya Hambatan 1-2-3 bertingkat Menaikkan tegangan pembaca Dari solusi lembek ke yg paling kenceng Jgn sampai bikin hambatan yg dibuat2. Novel jd bertele2. Misal hambatan ringan yg dipanjang2in
Film lebih berat lagi Buat surprise ending Sembunyikan dulu. Buka di belakang Buat list apa yg disembunyikan dg kata ternyata Ternyata2 ini diimajinasikan, diliarkan Pilih surprise ending yg mau diberikan pd pembaca Dibangun di awal dg Beri isyarat2 di awal

Jgn pakai setting yg terlalu rumit Utk film bioskop pakai setting yg simple Menimbang dana PH Tema tdk biasa Premis unik Dialog seperlunya. Tdk basa basi Buat gimmick dan quote Tiap bab punya sesuatu yg unik, pembaca dpt sesuatu Sutradara kdg baca gak dr awal. Lgs ke adegan2
PH lihat: Judul oke Premis unik cerita bagus Banyak pembaca Penjualan novel bagus Follower banyak
Royalti 3% dari penjualan tiket Tergantung bargaining power Pinter komunikasi Ceritanya bagus banget Legal penulis ketemu legal PH ngomongin kontrak agar tdk ada kesalahpahaman Hrs tahu betul isi perjanjian Libatkan penerbit

Hrs ada penjelasan2 atas segala sesuatu dlm adegan, kejadian2 agar logis Ada hubungan keterkaitan semuanya Di skenario belajar buat plot alur runtut, shg bisa menciptakan konflik greget, twist2 dst

Nulis novel dan skenario spt bikin puzzle. setiap keping ada fungsinya Mbak alya programmer tv sekolah perfilman beri tips buat adegan Adegan hrs penting. Alur hrs berbincang Kalau kuat, tdk bisa diutak atik lagi oleh yg lain Di tiap adegan, ada keterkaitan dg adegan lain




KARTIKA EFENDI MELUKIS TRAVELING DI USIA SENJA



KARTIKA EFENDI MELUKIS TRAVELING DI USIA SENJA
Kartika Affandi: Buddhis di Dalam Hati - Samaggi Phala
Pak Dubes membuka acara sharing via zoom sore itu.
Beliau cerita tentang Sejarah budaya indonesia dg jerman. Dimulai dr kedokteran. 500 th lalu dokter2 jerman adventure ke indonesia. Mengembangkan pil kina. Skrg ada organisasi yg mengapresiasi hal itu. 300rb org jerman ke indonesia Pelukis raden saleh tinggal 30 th di gresten. - pak dubes jerman
Gambar

Walter org jerman tinggal di bali. Meninggal di kapal saat balik eropa Bawa chari caplin ke bali 1900 an Mei 1951 Pemerintah belanda mengusir mhsw indonesia di bld Juni 1951 Jerman siap nerima mhsw indonesia yg diusir bld Siap nerima tembakau dan rempah2 yg ditolak amsterdam


Pak habibie yg diusir dari delf diterima di jerman dan dpt posisi bagus Ada Graphic novel raden saleh yg bisa didptkan - Arif Havas Oegroseno Dubes RI untuk jerman
Bu kartika efendi Ibunya, maryati, menyesal knapa hanya punya 1 anak. Bu kartika punya 9 anak. Tapi hanya yg bungsu baru bisa pameran stlh punya 100 an lukisan Hrs diseleksi dg benar P afandi mendidik kemandirian dan kurasi Sejak kelas 1 sd anak dititipkn di denpasar utk sekolah
Gambar


Kartika efendi bermain dg lempung membuat bentuk2 sejak kecil
Belajar matung di london 4 bulan Suka traveling sampai di usia senjanya Melihat dan mengejar inspirasi dari kebudayaan asli di berbagai tempat dan negara Memotret, melukis

1 Lukisan bisa ditukar 5 sapi Pernah dianggap dukun dari jawa ketika pernah ngolesin Brambang merah pd anak dayak yg kembung shg sembuh Kartika mengambil Inspirasi kombinasi feeling teknik afandi dg cina jepang klasik 20 th pisah dr afandi Pameran sendiri 10 joglo jd galeri

Kartika skrg 86 th usianya Pakai kursi roda ke mana2 utk traveling Negeri terakhir yg dikunjungi:Ceko tdk khusus membuat jalan utk difable. Tapi tdk jd halangan Bgm pendapat thd org2 yg memandang sebelah mata profesi seniman (pelukis)?mereka selalu bilang nantinya mau jadi apa

Kartika byk melukis ttg perempuan Krn siapa lagi yg menyuarakan dan menampilkan perempuan kalau bukan perempuan sendiri Jadi perempuan jangan cengeng Buat perempuan yg menjual diri, jangan terus2an berada dlm kondisi yg membuat diri sendiri jd murah Perempuan hrs bermartabat
Bgm mendidik org utk melukis Tergantung orgnya sendiri Hrs lingkungan yg mendukung Tukang becak juga boleh masuk galeri museum afandi Traveling paling berkesan: Perang opium di perbatasan myanmar burma kamboja thailand Gak pamit orgtua (afandi) Dari KL naik train ke utara
Di tempat berbahaya itu dpt lukisan yg istimewa. Nilainya bukan uang tapi momentum Dg berjalannya waktu, gen milenial yg melukis dg digital, mrk akan cari jati diri sendiri Kombinasikan dg ajak mrk traveling utk experience aktifitas2 lain Org tua turut menggambar bebas

Tentang Orisinalitas proses kreatif yg lahir setelah melakukan traveling, apa ya biasanya trigger-nya? apakah trigger itu bisa dicari? atau ditentukan? misal: supaya saya bisa melukis tentang bagaimana wanita memotong pohon, maka pergi nonton org motong pohon
Melukis on the spot krn bisa merasakan baunya, auranya, suasananya dst Dg exciting, gambar jd bagus Ada challenge, kejar2an, tanpa direncanakan sebelumnya Spontaneous Gambar Tdk bisa kalau tdk on the spot
Kartika efendi juga menjual fashion desainnya sendiri di galeri Jam 12 di jerman skrg Kapanpun di manapun sediakan note dan tools utk nulis, lukis Tiap ada peristiwa, tangkap dan muntahkan dlm karya Gunakan waktu sebaik2nya jika ingin maju
Sbg perempuan jangan lupakan tugasnya Yg penting ada kemauan Banyak bergaul Byk latihan di mana saja, kapan saja Gali cerita dari org2 Impian yg belum tercapai: membuat film

Yg terpenting dlm berkarya: tulus Instalasi yg sdh dilakukan - tdk ambil pusing apakah kontemporer atau tdk Kalau bosan lihat yg itu2 aja, eksperimen cari sesuatu yg baru Faber castel MGGP channel jd sponsor webinar sore ini
Saat ini kartika mengambil tema wisdom from the east Lukisan afandi dibuat di hawai Saat itu jd guest lecture di west university dan meninggalkan sesuatu di sana Mural 4x5 meter Lukisan ini ditiru jd relief patung oleh kartika Dicombine dg yg skrg tjd, covid terbang dr udara laut
Tiruan ini utk memungkinkan org2 indonesia turut menikmati lukisan yg ada di amrik. Tapi dg bentuk lain
Ekspresionis affandi sangat mencekam. Ungkapan rasa hati laki2 Pernah lukis barong baru 10 menit hujan. Balik hotel lihat cermin dan lanjut lukis dg wajah sendiri yg kecewa. Jd barong dg wajah kecewa afandi Gaya Kartika: kepekaan perempuan 1980 an kesendirian di wina vienna
Di eropa byk perempuan sekolah seni rupa. Tapi museum2 byk karya laki2 yg dipamerkan Kartika tergerak karenanya Pernah bikin Workshop di belanda red light district utk para penjaja seks di sana. Drpd jualan badan, mbok melukis aja

Kartika membuat bbrp karya yg mengkritik para pria Kartika: Not very proud of my self but happy for myself. Msh byk yg hrs dibenahi Ratusan lukisan perlu dibenahi Tugas anak cucu buyut Amanat orgtua hrs dijalankan


MABUK WEBINAR ATAU MABUK CINTA?




sabtu lalu mabuk webinar
iain palu idn time ars vern leiden fieldnote launch rhs kopea narasi pr anniv Sp IELTS hacks
webinar melukis dan berkarya di usia senja bareng kartika affandi dan pak dubes jerman


mending mabuk webinar atau mabuk cinta?

Gambar


webinar ppi cambridge bareng pak faisal basri. Tentang indonesia naik kelas 2045

GambarGambarGambarGambar

Webinar Workshop Parenting 4.0


Webinar Workshop Parenting 4.0

Kalau orgtua tdk netral dan keprobadiannya lemah, kakak adik akan berseteru kalau otak reptilnya menyala.
Ktk otak reptil padam, mrk rukun Kalau gugup, otak reptil aktif. Org asing dianggap ancaman Kalau marah saat rutinitas terganggu, teritori terganggu,krn otak reptil nyala
Gambar
Otak mamalia terkait kasih sayang. Ktk masih kecil jk anak tdk dpt stimulasi otak mamalianya, sentuhan, perhatian, kebutuhan emosi, anak akan caper dan gampang baper. Kalau didorong mandiri, anak makin merasa tertolak

Gambar
Kapanpun anak mau nempel, iyakan. Stlh anak merasa secure, tenang, ia akan pergi dg sendirinya. Kalau sedih ditinggal mati ayahnya, otak mamalianya merasa kehilangan. Insecure. Butuh tempat berpijak dipenuhi kebutuhan cinta shg anak akan mandiri. Jk siap, anak mandiri alamiah


Gambar

Selama anak msh ingin sama kita, biarkan. Paling cuma sebentar. Otak manusiawi tempat berpikir rasional, matang di usia 25 th. Remaja saja belum matang. Bahkan sangat emosional Sampai 18 th pun. Latih otak manusiawi sejak dini Kalau otak reptil limbik sering menyala...
..paradoksnya otak rasional akan terganggu. Kalau kita marah2in anak, otak reptilnya justru tambah menyala meskipun kelihatannya diam saja Kalau anak bandel jangan lgs diceramahi. otak reptil limbik hrs diredakan dulu
Ktk anak emosional, sebetulnya sdg menyampaikan sinyal SOS kalau dia sdg tdk bisa mengendalikan dirinya sendiri. Dia terhalang hambatan verbal, tdk bisa mengkomunikasikan dengan baik. Otak reptil nyala, otak rasional terhambat. Impulsif

Bantu dia

Gambar

Langkah validasi emosi Kronologi Namai/ukur Solusi Misal: anak nangis Respon dg kenapa itu tdk tepat Krn anak belum tentu tahu kenapa ia menangis Kalau kosakata masih sedikit, pemahaman sebab akibat masih lemah, akan bingung dan tambah stress. Mulailah dg menyusun kronologi
Gambar

Utk melihat realita secara obyektif Mudah dijawab, sifatnya fakta. Tdk analisis. Jawabannya tinggal ya atau tidak. Stlh paham situasi yg dialami, beri nama pd perasaannya Beri skala. Sedihnya nomer brp, atau warna brp Anak akan pindah dr otak primitif ke neocortex. Tdk lgs peluk
Bukan sekedar meredakan emosi tapi juga memahami situasi. Lain kali anak akan dtg dg penamaan perasaannya, bisa me verbalisasi apa yg dirasakan Otak rasionalnya bekerja, otak primitif terkendali.
Bantu anak menyusun kronologi dan mengaktifkan precortex. Stlhnya bantu cari solusi Skrg mau dipeluk mama atau main lagi? Shg dia bisa move on stlhnya Kalau emosi 9, apa yg bisa mama bantu? Belum tentu anak nangis, minta dipeluk. Konfirmasi dulu. Cari solusi yg paling tepat

Jangan tawarkan solusi yg melanggar norma/aturan. Contoh kasus Perhatikan apa otak reptil limbiknya menyala? Emosi negatif yg tdk bisa diatasi,kita perlu lakukn validasi emosi Perbaiki cara pikirnha Kita tdk boleh meremehkan dan menyangkal perasaan anak, tdk boleh mengambil alih

Gambar
Periksa apakah mencobakan baju anak stlh sampai rumah, prinsip atau tidak? Bisa ditawar atau tdk? Kalau bisa ditawar, berarti tdk prinsip. Anak berhak menolak Belajar peka thdp yg dipikirkan dan dirasakan anak Nak, ibu mau cobakan baju. Mau skrg atau nanti? Hargai dia

Kasus 2 Apa yg hrs dikoreksi? Ktk ditanya mengapa,dia tak bisa menjawab Biasakan anak kalau mau dipeluk, bilang minta dipeluk. Ajarkan agar asertif Jangan merasa kesal jika diajak tebak2an dg anak Sblm menanyai anak, tanya org2 di sekelilingnya utk tahu ada peristiwa sblmnya
Gambar

Shg tahu apa yg akan kita kronologikan Shg tahu pertanyaan apa yg tepat, shg tdk kelamaan nebak2 Kalau terpaksa tdk ada org di sekeliling, terpaksa menebak2 Kalau lagi di tempat umum/bertamu, bawa ke tenpat lain spy tdk mengganggu org2 tp anak bisa mengekspresikan emosinya
Sederhanakan pertanyaan. Satu per satu. Jangan langsung kalimat panjang dan menganalisis Semakin tepat pertanyaan, anak makin mudah dan cepat merespon Apakah kesal sebatas dia tdk diajak atau krn apa? Cek aturan di rumah terkait hal tsb Kalau belum ada aturan ttg hal itu ..tawarkan apa yg dia inginkan.
Shg terjadi dialog, spy lain kali aturannya akan bgm. Sesuai kesepakatan bersama. Validasi emosi sbnrnya sederhana tapi butuh seni utk tahu sudut pandang anak, tetap memerhatikan aturan dst Ibu mengajari cara ngomong,tp dia akan omong sendiri

Contoh kasus Perhatikan otak reptil limbik menyala atau tdk? Masalahnya bukan pd anak tdk bisa mengerjakan, tapi malu dan takut Kegiatan itu wajib atau pilihan? Kalau pilihan, anak boleh memilih berhenti karena itu pilihannya Periksa apa sikap keluarga thd latihan tsb?

Gambar
Ktk itu wajib, katakan mama tahu kamu takut. Tapi ini wajib, jadi hrs dikerjakan Kalau mama yg ngrekam, kira2 takut gak? Cari terus cara agar dpt solusi shg dia mengalahkan ketakutannya.

Kasus 4 Tanyakan. Mas kesal sama ibu? Mas boleh kesal sama ibu, tapi ngomongnya harus dg nada rendah. Coba ulangi kalimat ..... dg ñada rendah. Bawa ke tempat lain Kalau mas sdh tenang, boleh balik Tegas aturan Prinsip dasar, anak tdk boleh kurang ajar dg ortu meski lagi marah
Gambar
Ajarkan dan biasakan anak bisa mengontrol situasinya Kasus 5 Org tua hrs tahan diri utk tdk menyudutkan. Beritahu kita py waktu sekian. Gunakan sebaik2nya. Fokus pd masalah. Shg dpt seberapapun tdk mslh, yg pemtinh berusha menyelesaikan Besok lagi perencanaan hrs lbh baik lagi
Gambar
Kasus 6 Siapa yg melanggar aturan? Terima perasaannya yg ingin menyendiri. Validasi emosinya Pastikan dia ada di teritorinya Kalaupun kesal, cara ngomong ke adik spt apa. Ajari roleplay. Temani dia ngomong ke adiknya Beri solusi lain kali jika adik belum bisa respon
Gambar
Bisa jd krn abang merasa tersisih Buat aturan yg disepakati bersama agar tdk terjadi insiden tsb berulang2 Kasus 7 Konfirmasi: apakah kamu berpikir mama gak sayang kamu? Apakah mama lbh sayang adik drpd kamu?
Gambar

Kalau ragu. Tanyakan: mnrtmu cantik itu apa sih maksudnya? Tanyakan jd mama hrs bgm spy kamu yakin kalau mama juga sayang sama kamu? Shg kita tdk perlu menebak2 apa yg anak pikirkan, rasakan dan butuhkan,krn kita sdh konfirmasi Byk ajak ngobrol Makin yakin dia bs ngomong apa aja