Webinar Workshop Parenting 4.0


Webinar Workshop Parenting 4.0

Kalau orgtua tdk netral dan keprobadiannya lemah, kakak adik akan berseteru kalau otak reptilnya menyala.
Ktk otak reptil padam, mrk rukun Kalau gugup, otak reptil aktif. Org asing dianggap ancaman Kalau marah saat rutinitas terganggu, teritori terganggu,krn otak reptil nyala
Gambar
Otak mamalia terkait kasih sayang. Ktk masih kecil jk anak tdk dpt stimulasi otak mamalianya, sentuhan, perhatian, kebutuhan emosi, anak akan caper dan gampang baper. Kalau didorong mandiri, anak makin merasa tertolak

Gambar
Kapanpun anak mau nempel, iyakan. Stlh anak merasa secure, tenang, ia akan pergi dg sendirinya. Kalau sedih ditinggal mati ayahnya, otak mamalianya merasa kehilangan. Insecure. Butuh tempat berpijak dipenuhi kebutuhan cinta shg anak akan mandiri. Jk siap, anak mandiri alamiah


Gambar

Selama anak msh ingin sama kita, biarkan. Paling cuma sebentar. Otak manusiawi tempat berpikir rasional, matang di usia 25 th. Remaja saja belum matang. Bahkan sangat emosional Sampai 18 th pun. Latih otak manusiawi sejak dini Kalau otak reptil limbik sering menyala...
..paradoksnya otak rasional akan terganggu. Kalau kita marah2in anak, otak reptilnya justru tambah menyala meskipun kelihatannya diam saja Kalau anak bandel jangan lgs diceramahi. otak reptil limbik hrs diredakan dulu
Ktk anak emosional, sebetulnya sdg menyampaikan sinyal SOS kalau dia sdg tdk bisa mengendalikan dirinya sendiri. Dia terhalang hambatan verbal, tdk bisa mengkomunikasikan dengan baik. Otak reptil nyala, otak rasional terhambat. Impulsif

Bantu dia

Gambar

Langkah validasi emosi Kronologi Namai/ukur Solusi Misal: anak nangis Respon dg kenapa itu tdk tepat Krn anak belum tentu tahu kenapa ia menangis Kalau kosakata masih sedikit, pemahaman sebab akibat masih lemah, akan bingung dan tambah stress. Mulailah dg menyusun kronologi
Gambar

Utk melihat realita secara obyektif Mudah dijawab, sifatnya fakta. Tdk analisis. Jawabannya tinggal ya atau tidak. Stlh paham situasi yg dialami, beri nama pd perasaannya Beri skala. Sedihnya nomer brp, atau warna brp Anak akan pindah dr otak primitif ke neocortex. Tdk lgs peluk
Bukan sekedar meredakan emosi tapi juga memahami situasi. Lain kali anak akan dtg dg penamaan perasaannya, bisa me verbalisasi apa yg dirasakan Otak rasionalnya bekerja, otak primitif terkendali.
Bantu anak menyusun kronologi dan mengaktifkan precortex. Stlhnya bantu cari solusi Skrg mau dipeluk mama atau main lagi? Shg dia bisa move on stlhnya Kalau emosi 9, apa yg bisa mama bantu? Belum tentu anak nangis, minta dipeluk. Konfirmasi dulu. Cari solusi yg paling tepat

Jangan tawarkan solusi yg melanggar norma/aturan. Contoh kasus Perhatikan apa otak reptil limbiknya menyala? Emosi negatif yg tdk bisa diatasi,kita perlu lakukn validasi emosi Perbaiki cara pikirnha Kita tdk boleh meremehkan dan menyangkal perasaan anak, tdk boleh mengambil alih

Gambar
Periksa apakah mencobakan baju anak stlh sampai rumah, prinsip atau tidak? Bisa ditawar atau tdk? Kalau bisa ditawar, berarti tdk prinsip. Anak berhak menolak Belajar peka thdp yg dipikirkan dan dirasakan anak Nak, ibu mau cobakan baju. Mau skrg atau nanti? Hargai dia

Kasus 2 Apa yg hrs dikoreksi? Ktk ditanya mengapa,dia tak bisa menjawab Biasakan anak kalau mau dipeluk, bilang minta dipeluk. Ajarkan agar asertif Jangan merasa kesal jika diajak tebak2an dg anak Sblm menanyai anak, tanya org2 di sekelilingnya utk tahu ada peristiwa sblmnya
Gambar

Shg tahu apa yg akan kita kronologikan Shg tahu pertanyaan apa yg tepat, shg tdk kelamaan nebak2 Kalau terpaksa tdk ada org di sekeliling, terpaksa menebak2 Kalau lagi di tempat umum/bertamu, bawa ke tenpat lain spy tdk mengganggu org2 tp anak bisa mengekspresikan emosinya
Sederhanakan pertanyaan. Satu per satu. Jangan langsung kalimat panjang dan menganalisis Semakin tepat pertanyaan, anak makin mudah dan cepat merespon Apakah kesal sebatas dia tdk diajak atau krn apa? Cek aturan di rumah terkait hal tsb Kalau belum ada aturan ttg hal itu ..tawarkan apa yg dia inginkan.
Shg terjadi dialog, spy lain kali aturannya akan bgm. Sesuai kesepakatan bersama. Validasi emosi sbnrnya sederhana tapi butuh seni utk tahu sudut pandang anak, tetap memerhatikan aturan dst Ibu mengajari cara ngomong,tp dia akan omong sendiri

Contoh kasus Perhatikan otak reptil limbik menyala atau tdk? Masalahnya bukan pd anak tdk bisa mengerjakan, tapi malu dan takut Kegiatan itu wajib atau pilihan? Kalau pilihan, anak boleh memilih berhenti karena itu pilihannya Periksa apa sikap keluarga thd latihan tsb?

Gambar
Ktk itu wajib, katakan mama tahu kamu takut. Tapi ini wajib, jadi hrs dikerjakan Kalau mama yg ngrekam, kira2 takut gak? Cari terus cara agar dpt solusi shg dia mengalahkan ketakutannya.

Kasus 4 Tanyakan. Mas kesal sama ibu? Mas boleh kesal sama ibu, tapi ngomongnya harus dg nada rendah. Coba ulangi kalimat ..... dg ñada rendah. Bawa ke tempat lain Kalau mas sdh tenang, boleh balik Tegas aturan Prinsip dasar, anak tdk boleh kurang ajar dg ortu meski lagi marah
Gambar
Ajarkan dan biasakan anak bisa mengontrol situasinya Kasus 5 Org tua hrs tahan diri utk tdk menyudutkan. Beritahu kita py waktu sekian. Gunakan sebaik2nya. Fokus pd masalah. Shg dpt seberapapun tdk mslh, yg pemtinh berusha menyelesaikan Besok lagi perencanaan hrs lbh baik lagi
Gambar
Kasus 6 Siapa yg melanggar aturan? Terima perasaannya yg ingin menyendiri. Validasi emosinya Pastikan dia ada di teritorinya Kalaupun kesal, cara ngomong ke adik spt apa. Ajari roleplay. Temani dia ngomong ke adiknya Beri solusi lain kali jika adik belum bisa respon
Gambar
Bisa jd krn abang merasa tersisih Buat aturan yg disepakati bersama agar tdk terjadi insiden tsb berulang2 Kasus 7 Konfirmasi: apakah kamu berpikir mama gak sayang kamu? Apakah mama lbh sayang adik drpd kamu?
Gambar

Kalau ragu. Tanyakan: mnrtmu cantik itu apa sih maksudnya? Tanyakan jd mama hrs bgm spy kamu yakin kalau mama juga sayang sama kamu? Shg kita tdk perlu menebak2 apa yg anak pikirkan, rasakan dan butuhkan,krn kita sdh konfirmasi Byk ajak ngobrol Makin yakin dia bs ngomong apa aja



Kurangi Porsi Nasi Putih

Kurangi Porsi Nasi Putih


Belakangan tubuh rasanya makin berasa kurang nyaman. Berat badan memang naik sih. Lumayan jauh dari berat badan ideal. Dari tahun ke tahun sebenarnya aku selalu melakukan checking ulang terhadap kebugaran tubuh dan melakukan diet yang berbeda beda karena memang ingin mencoba model.diet yang berlainan.  Seringnya kulakukan di bulan bulan awal tahun. Hasilnya lumayan banget lho. Ada yang pernah dalam dua minggu turun enam kilogram. Ada yang pernah turun dua belas kilogram dalam dua bulan.   Ada juga yang lernah turun delapan kilogram dalam satu bulan. Signifikan sekali kan.

Jadi sesuai anjuran dokter, pakar kesehatan, kebugaran juga diet, aku selalu menggabungkan antara diet mengurangi porsi makan dan memilih makanan tertentu serta berolah raga. Entah itu lari, yoga ataupun pilates.


Semua versi diet yang aku lakukan itu punya banyak kesamaan. Antara lain perbanyak minum air putih, kurangi makan minuman manis dan garam, penuhi kebutuhan tidur yang cukup, jangan stress dan kurangi porsi nasi putih

Nah masalahnya adalah ketika anak anak saat ini learning from home alias LFH otomatis mereka balik dari pondok  pesantren dan tinggal dalam rumah. Ini berlangsung berbulan bulan selama pandemi covid-19 ini. Sudah lebih dari enam bulan lho ternyata.

Masalah terjadi karena kadang kadang  ritme pola makan anakku ini berubah ubah. Seringkali dia menyatakan ingin  makan tapi setelah diambilkan, dia berubah pikiran. Maunya makan beberapa jam lagi atau minta menu yang berbeda dan tidak mau pakai nasi yang tadi itu. Harus nasi baru lagi.

Dus nasi putih sepiring berikut lauk dan sayur yang sudah kadung mengguyurinya jadi tidak termakan. Eman eman dong. Akhirnya terpaksa aku menghabisķan nasi satu piring itu. Padahal aku sendiri sudah makan dengan porsi nasi putih cuma satu atau dua suapan.

Akibatnya berat badanku tidak juga turun meski aku sudah olahraga. Yang terjadi justru berat badanku tambah naik.

Iya, memang sebegitu signifikannya nasi putih terhadap tubuh kita yang mengkonsumsinya. Apalagi di usiaku yang sudah empat puluh tahun an ini. Di mana metabolisme tubuhnya sudah semakin menurun.

Di masa pandemi covid-19 seperti ini kita harùs makin memperhatikan kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebab imunitas kekebalan tubuh kita juga dipengaruhi oleh asupan gizi yang kita konsumsi serta kondisi tubuh yang fit. Sudah kita ketahui ada banyak sekali orang orang penderita penyakit komorbid  yang akhirnya harus meninggal dunia dengan  cepat setelah terkena paparan virus covid-19 ini.  Sama sama terpepar virus, kalau kondisi tubuh fit dan ijunitas baik, mungkin sekali masih bisa bertahan.  Tetapi jika mempunyai kelebihan berat badan over weight yang berpengaruh pada kondisi kesehatan  yang buruk, menderita komorbid, paparan virus akan semakin melemahkannya.

Tentang efek nasi putih dan juga banyak makanan lain bagi tubuh bisa teman teman baca juga di halodoc. Platform keren ini bukan saja menyediakan banyak informasi yang berguna untuk kesehatan dan kebugaran kita, tetapi juga menyediakan banyak dokter dan ahli profesional lainnya yang terkait untuk memenuhi kebutuhan kita dalam penanganan kesehatan.

Alhamdulillah dengan Halodoc ini juga layanan kesehatan  jadi lebih mudah, aman dan nyaman, dapat ditangani lebih cepat. Karena Halodoc selalu siap memberikan kemudahan layanan kesehatan untuk kita dan keluarga, di mana saja kapan saja. Sehat Jadi Lebih Mudah, karena ada dokter, apotek, rumah sakit, dan asuransi terintegrasi  dan  memenuhi kebutuhan medis setiap saat, yang disediakan oleh Halodoc.

Tentang Teritori, Ruang dan Waktu

Tentang Teritori, Ruang dan Waktu


Lanskap, Sawah, Matahari Terbenam, Alam

Diskusi ini sebenarnya lanjutan dari diskusi webinar lanskap budaya dalam arsitektur yang aku share di twitter lalu berkembang dalam cuitan lain dan  juga diskusi di grup whatsapp

Ini sebagiannya kubagikan di sini ya.

TERITORI

Teritorinya sudah ada. Hanya dirawat saja. Masyarakat CIpatgelar (sunda) adalah masyarakat berbasis huma (teritori sudah ada dan sudah ditentukan oleh leluhurnya. Mereka bergerak itu di dalam teritori. Ini bisa dibuktikan dengan konsep paparakoan mereka.

Oleh karena itu ada konsep pamageran ~ bergerak di dalam pagar (teritori) Berbeda dengan masyarakat sawah. Sadumuk bathuk sayari bumi. Selama ada tanah dan air, maka teritori akan terus berkembang. Itu kenapa dalam konsep keblat papat, kalima pancer tidak ada teritori (batas).
Pola pembagian ruang primordial Nusantara bisa dirunut dalam beberapa pola, yakni pola pembagian dua, tiga, dan lima. Tetapi ada yg memiliki preposisi lain, yaitu pola pembagian 2, 3, 4/5, dan 8/9.
Pembagian ruang berpola 2 berkembang pada masyarakat pemburu dan peramu. Tetapi juga hadir pada peladang dan maritime. Prinsip ini dipakai unyuk memaknai wakyu dan ruang. Dalam masyarakat peramu, unsur waktu dan kerohanian bersifat dinamistik (daya gaib; energi).

Pola pembagian ruang selanjutnya adalah “pembagian tiga” atau kesatuan tiga. Pola ini banyak dijunpai pada masyarakat perladangan (huma). Pembagian ini lebih menekankan pada independensi ruang dan egaliter. Kita kenal dengan Tritangtu (Cikesusik-Cibeo-Cikretawarna);

Tilu sapamula,dua sakarupa, hiji eta keneh (Ciptagelar_yang terus ngalalkon-Cicarucub-Citorek); tiga tungku sajarangan (minang); tiga luhak Tanah datar,Agam, dan Lima Puluh Kuto (minang); dalian na tolu (Batak) tiga tungku (ambon sekitarnya) dst. Tiga alamat sebagai satu kesatuan

Pd pola pembagian tiga ini dikenal hbgn “dalam” (kebebasan) dan hbgn “luar” (persamaan). Org dalam adalah orang se-kampung yg mandiri;org luar adl org lain kampung tetapi memiliki kemandirian yang sama, Pd masyarakat lading dan sawah,unsur waktu dan kerohanian bersifat animistik

Pola kesatuan lima. Dlaam hal ini bsia sebagai klasifikasi 4/5=5, atau 8/9=9. Pola ini menjadi karakter masyarakat sawah. Prinsip “kesatuan lima” adalah masyarakat produktif. Masyarakat ladang dan sawah, karena mengolah lahan dengan membuka hutan, maka relative

bersifat obyektif terhadap alam, sehingga menyadariidentitasnya sebagaimanusi yang berbeda dengan alam lingkungannya. Kekuatan gaib dipersonifikasikan.


Masyarakat sawah adalah masyarakat yag penuh dengan benda-benda “buatan”. Sawah sendiri adh bikinan manusai. Persawahan tidak bisa dikerjakan secara individual atau kelompok kecil saja (berbeda dengan lading), tp secara masal dan besar-besarn. Semakin luas tanah sawah,
semakin luas tenaga kerjanya. Semakin byk konsentrasi manusia di suatu wilayah,maka diperlukan pengaturan yg kiat ketat. Ini kenapa dlm masyarakat sawah dikenal satu *pusat* kekuasaan. Diperlukan pola ruang yg berpusat dg penguasaan atas wilayah2 sekitar yg mengelilingi pusat tsb
Pegunungan, Lanskap, Vietnam, Awan


keblat papat kalimo pancer
Pola keblat papat kalimo pancer merupakan kebutuhan pokok pengaturan ruang. Jika suatu wilaya itu semakin luas, maka diperlukan empat kesatuan lain, sehingga pusat menguasai delapan wilayah kelilingnya. Demikian seterusnya.

Pada pola tersebut tidak dikenal adanya “ruang dalam” dan ‘ruang luar”. Semua ruang adalah “ruang dalam”. Memang ada kesatuan-kesatuan ruang yang terdiri dari empat atau delapan dengan satu pusat. (Mancapat). Tetapi satu pusat yang kuat dapat menguasai pusat-pusat yang lain,
sehingga menjelma kesatuan besar dengan satu pusat yang paling kuat. Kembali lagi bahwa semua ruang adalah “ruang dalam”, asalkan mengakui pusat. Jika tidak mengakui pusat maka, suatu ketika harus dimasukkan ke “dalam ruang” (sifat agresif).
Ekspresi pola kesatuan lima adalah batik. Di dalam batik tidak dikenal “dalam”, “luar”, dan “batas”, seperti pada masyarakat ladang. Pola batik adalah pola terbuka. Batik melambangkan cara berpikir ruang, bahwa semuanya adalah “dalam”. Tidak ada kategori “luar”. Walaupun dikenal adanya “luar”, tetapi yang “luar” itupun pada suatu ketika akan menajdi “dalam”.
Kategori “batas” (kita sebut teritori) pada masyarakat sawah tidak permanen, seperti pada masyarakat ladang. Dalam masyarakat sawah, ruang dapat berkembang dan menyempit. Batas selalu berubah-ubah.

RUANG ATAU WAKTU DULU
Jadi yg bener ruang dulu baru waktu, atau waktu dulu baru ruang? Apa kata quran ttg ini?
CMIIW CounterExample nya kira2 begini : Anggap Waktu yg lebih dulu diciptakan, pertanyaannya berapa lama waktu yg Tuhan PERLUKAN untuk menciptakan Ruang/Alam semesta ini? Kalau Tuhan tdk PERLU apapun termasuk waktu, lantas untuk apa waktu diciptakan terlebih dahulu?
Kalau ruang yg lebih dulu, lbh make sense ya?
Kalaupun skrg lebih make sense, Bilamana ada dalil dr Quran yg menyatakan sebaliknya, saya pasti ikut dalil itu
Tapi ternyata yg di diskusi webinar tadi bicara tentang ruang dalam konsteks lanskap budaya (arsitektur). "Waktu" digunakan manusia untuk "meraih" Tuhan-nya. Dengan mempertimbangkan waktu lebih dulu, maka ruang akan terkreasi.
Saat ada orang akan menikah, hajat, membuat rumah, perjalanan, apa yang pertama kali dipertimbangkan? *Waktu* Setelah itu ruang akan mengikuti. Time contructing space. Pertanyaannya adalah waktu yang seperti apa. Butuh diskusi lebih jauh. Gitu keterangan narsumnya stlh kutanya2

Waktu hadir sebagai parameter untuk menggambarkan dinamika dan relasi antar entitas dlm ruang semesta. Ketika hal2 tersebut berkonjungsi dengan "kesadaran" lahirlah ide derivativ tentang "peristiwa" dan "tempat".
Dalam konteks Arsitektur, diskursus mengenai ruang, waktu, entitas dan kesadaran, seyogyanya berada pada ranah ide derivativ tsb (peristiwa dan tempat). Batasan ranah tsb dapat terlampaui hanya jika Arsitektur kehilangan komprehensinya. IMHO

Peristiwa, tempat, dan Manusia sebagai subjek yang menyadari atau mengalami.



Arsitek dekat dengan pengetahuan ini. Selama ini kenalnya publik-privat saja
pengertian luar adalah yg di luar teritori .
dan batas itu turut berubah ubah, itulah batas ...... jadi tetap ada dalam, luar dan batas

Tetapi batas dalam masyarakat sawah berbeda dengan masyarakat ladang. _Konon Sunan Kalijaga memberi perintah pertama kali kepada Sultan Mataram ketika keluar dari Segara Kidul, adalah membuat "pagar"


Menurut tesis, tempatnya axis-mundi (sarana). Di dalam pancer, bisa terjadi proses naik atau turun, dengan me-laku-kan "putar"an tertentu


.bisa dibayangkan. Pancer pusat selalu menghadirkan kutub2. Bisa empat, delapan, yang pasti selalu berhadapan sehingga menghasilkan oposisi Biner. Sedangkan tengah-tengah memghasilkan sekelilingan atau kerumunan yang egaliter sehingga selalu "meng-ada di dalam".


Ini yang dipakai dalam mitologi Yunani yang di India adalah Mahabarata. Kosmos yang di dalamnya selalu chaos.


Kalau sudah demikian, kita bisa memahami bahwa orang Jawa itu potensi konfliknya lebih besar. Jika tidak setuju, tarik jarit duwung dimirinkan, hayo gelut..


Apakah teritori mengenal batas? Baik fisik atau imajiner?
Bukan batas, melainkan potesi berkembangnya wilayah bisa sangat luas, atau bahkan menyempit.


balon ...... karet balon itu apakah batas? ..... bisa mengembang bisa menyusut


Mungkin ini yang dimaksud oleh Ki Ageng Suryomentaram. Dia menggunakan istilah Mulur-Mungkret.


titik itu ..... spt pal bahasa belanda .... kerajaan meletakkan anaknya di daerah tertentu ..... itu sudah membuat teritori

Tes _wis Jawa durung?_ Jika kita jengkar/keluar dari rumah, lalu ditanya oleh orang: “Saking pundi?” Maka jawaban kita adalah: A. saking griya B. Saking nDalem. 🙏😊

di bali tak pernah ditanya spt itu ..... pertanyaannya ...... kal kija mbok/bli? ...... akan ke mana?

makanya gate nya bernama pamesuan/pamedalan ...... maknanya keluar

Gerbang ~garba, esenai maknanya lebih pada "pintu keluar"

mungkin ini kelebihan fenomenologi. Bisa disebut memori yg indah menimbulkan kerinduan-kelangen.


pada penelitian, batas batas tersebut dinikmati dengan panca indera

Cultural Landscape Lanskap Budaya dalam Arsitektur

Cultural Landscape Lanskap Budaya dalam Arsitektur
Gambar

baca juga perjalanan mengenal arsitektur indonesia sebelumnya:
arsitektur rumah kampung adat GuruSina
arsitektur kampung adat di jawa bagian barat
yori antar: arsitektur nusantara
prof joseph: arsitektur mengkini dan menanti
arsitektur Lasem Lasem 2 Lasem 3 Lasem 4
arsitektur masjid agung demak

riset arsitektur baluwarti kraton cirebon



Sore ini kita jalan-jalan ke Minahasa ya Pusaka indonesia: pusaka alam, budaya cipta rasa karsa karya, saujana: gabungan pusaka alam dan budaya yg menyatu. Tangible dan intangible Saujana: sejauh mata memandang Tanpa batas alam dan waktu

Ada 9 suku di minahasa yg berkembang dr 4 suku. Di tengah ada danau tondan Ciri lokalitas/local genus: pandabgan hidup berakar ratusan tahun. Hbgn dg tuhan, makhluk, alam
Gambar

Ada bbrp varian rumah minahasa. Usianya ratusan tahun. Banyak simbol penuh makna
Gambar

Ada loteng untuk lumbung juga perputaran udara


Gambar

Apakah umum bahwa rumah2 Minahasa simetris? Apakah umum juga pintu, jendela dan tangga berpasangan 2 (2 daun dan 2 tangga) Elemen apa lagi yang berpasangan atau berlawanan? Apakah ada zona laki-laki dan wanita terpisah tercermin pada denah rumah Minahasa?



Gambar
Dapur asli minahasa. Filosofi tiga batu


Wale pada wanua/kampung lilang lanskap pesisir pantai, variannya beda lagi. Yg di tepi danau, konstruksinya lain
Gambar
Unik krn lingkungan pernah terbakar tapi rumahnya eksis. Ada dimensi lain Gambar Dapur adalah jantung

Bila diperhatikan pada bagian atas rurmah Minahasa, bentuk atapnya amat beragam, apakah ada makna masing-masing? PondasiGambar StrukturGambar TanggaGambar AtapGambar

Kondisi lotengnya Gambar Benang merah dr berbagai varian: Wale berkolong bertangga Ragam hias sederhana bentuk geometris Makna melekat scr fisik dan fubgsi ruang Tradisi budaya: ada prosesi dr peletakan batu pertama sampai akhir Perlu kelanjutan riset Msh byk kampung belum terjamah
Gambar

bisakah diperjelas pengaruh dari alam lingkungan setempat terhadap keragaman rumah minahasa utk masing2 sub etnis, misal jenis material yang digunakan sampai ke bentuk rumah yang beragam?

apa nama/jenis kayu/pohon yg digunakan sebagai struktur utama apakah konsep rumah tinggal Minahasa tersebut ada keterkaitannya dengan konsep waruga di saat pemilik meninggal ? karena apabila dilihat variasi waruga juga bermacam-macam
Gambar
Wale Minahasa yang bertangga dengan yang tidak bertangga apakah berada di desa yang berbeda? Apakah ada fungsi khusus utk ruang bawah / kolongnya?

Cultural landscape itu apakah terbatas pada arsitektur dan lingkungan tradisional? apakah diEropa juga ada cultural landscape-nya? Apakah dunia modern punya cultural landscape?
Gambar

1) Apakah bisa dikelompokkan beragamnya variasi bentuk rumah tsb, baik dari bentuk atap, tiang penopang, tangga, tinggi bangunan, yang panggung/tidak, ragam hias, makna simbolis, dll 2) Apa yang paling pokok yang dapat mencirikan bahwa itu adalah rumah Minahasa itu
Gambar
Lanjut jalan2 ke cirebon ya. Lanskap budaya adl hasil intervensi manusia pd lingkungan alami dg budaya, kegiatan, ritual2nya shg mjd lingkungan dan bentuk2 yg unik. Setiap tempat bisa copy paste tapi kehdpnnya akan berbeda Lanskap budaya concern pd keunikan tsb.


Perkembangan Lanskap budaya Gambar Digali oleh byk ilmuwan dr berbagai latar belakang Antropolog Arsitektur Lanskap Psikologi Sosiologi dst

Gambar

Unesco membentuk komite world lanskap heritage 1992 Stlh terdaftar 111 properti (kehidupannya yg dinilai) Misal ubud bicara bgm.masyarakat menjaga irigasinya shg membentuk bentang alam yg cantik Byk negara mulai memprotek lanskap budayanya 3 jenis Sengaja dibgn Dipakai Rutin

Lanskap yg berevolusi scr organik, misal jakarta Lanskap bersifat relik atau sdh berhenti. Misal borobudur, trowulan
Gambar
Periode lanskap budaya cirebon Kraton kasepuhan dibangun sunan gunung jati Stlh perpecahan, dibangun kanoman Abad 17 pecah lagi kanoman jd 2 Kanoman dan kacirebonan Ketiga kraton masih eksis


Gambar Tiap bulan ada 10 kegiatan di situs2 kraton. Bermakna mendalam. Pengaruh islam dg ritual
Gambar
Perkembangan intervensi manusia Gambar Kalau di jogja pengagungan pd tempat Di cirebon pengagungan pd tokoh

Gambar


Siklus budaya padi kasepuhan ciptagelar di kampung gedhe cirebon

Gambar

menurut ceritera dahulu dari abah anom katanya perkampungan bisa berpindah berdasar wangsit. Dari Cipta Rasa ke Cipta Gelar.
apakah lansekap yang dibangun dengan bangunan besar namun bernilai budaya yang tinggi menghasilkan lansekap budaya, sebaliknya, apakah lansekap yang di atasnya dibangun bangunan yang kecil-kecil namun tidak selaras dengan alam tidak dapat dikatakan lansekap budaya.

Ada 31 ritual Ngembang serentaun ritual ibadah ziarah 4 hari berturut2 Gambar Perjalanan ada 3 jalur alternatif Ciptarasa tengah gunung halimun Gunung pokok Cimapak 38 km sitoresmi

Rute ngembang ciptagelar Hari 1 Dr ciptagelar ke astana Hari 2 rerendnagan kabinetnya abah 7 lorogan inti harus ikut Ada performer angklung 10 km melalui hutan Hari 3 rombongan keluar Ngembang membentuk teritori

upaya apa kira2 yang perlu dilakukan untuk pelestarian lansekap budayanya, terkait dengan aspek budaya dan sejarahnya. Metode/tindakan teknis apa yang umum dilakukan dalam upaya pengelolaan untuk pelestarian lansekap budaya

Pangapungan sebenarnya apa? Merujuk kepada apa? Karena di kasus disertasi, ditemukan istilah ‘pangapungan’ yang bisa dikatakan sebagai prosesi membacakan pangapungan pada surata basa di anu mulang.

Apakah kearifan lokal di Cipta gelar yang bisa kita pergunakan untuk ilmu arsitektur (lingkungan binaan) Aspek2 lokal apa yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat atsitektur tanggap bencana alam?

Dg melihat ‘ngalalakon’, berarti lansekap budaya di sini tarikat korteks waktu, ruang, organisasi sosial komunal sbg inti yg melakukan migrasi berdasarkan wangsit. Artinya penjelasan lansekap budaya menjadi konteks penyebutan kaspeuhan, kampung, tari kolot?

berdasarkan kegiatan lapangan di Ciptagelar, maka "Lanskap Budaya" yg ada, sebenarnya berupa entitas apa saja? ‘Cara merawat kekuasaan dan politik’ mungkin perlu didudukkan kembali agar tidak salah paham dengan perspektif kekuasaan dan politik yang selama ini ada.
Riset ttg permukiman berpindah yang memiliki catatan budaya. Barangkali, lebih menarik jika bisa disajikan kelengkapan catatan perkembangan arsitekturnya, meskipun itu dibangun dari hasil analisis imaginatif dari peneliti dan warga ciptagelar, atau beberapa kasepuhan,

atau boleh juga melibatkan beberapa kolot. Semoga teman2 peneliti muda yang lain ada yang berminat menindaklanjuti ide ini

Bagaimana desain kampung Ciptagelar (desain tapak kawasan) dan desain rumah adatnya yang beragam? berikut penjelasan penggunaan material lokal yang harus selalu tersedia untuk perawatannya, jika ada kerusakan atau bencana kebakaran?

Ngembang tampaknya bisa dimaknai sebagai upaya untuk 'menegaskan eksistensi teritori' dan ini mestinya berkaitan dengan permasalahan identitas, bgmn masyarakat Ciptagelar memaknai dirinya dalam konteks ruang-lansekap yg
menjadi tanggung jawabnya thd leluhur, thd Sang Maha Pencipta, dan thd generasi penerus yang mewarisi lansekap tersebut. Apakah demikian?


Apakah di dunia modern juga ada cultural landscape Di eropa ada. Australia juga Arsitektur masuknya tangible. Termasuk archeological site, artefak2 Nilai, value, belief, system, spirit of places: intangible. Ada activity, tradisi budayanya dan sustain

Tempat kita tingal adl.lanskap budaya Kita memberikan makna pd tapak tsb Bgm kita menilainya? Terkait upaya pelestarian Kita lihat proses intervensinya pada perubahan makna dan bentuk: Periode kapan Kita bisa nilai bgm dia bertahan Tp kita juga bisa biarkan saja berevolusi
Kita mau melestarikan yg mana, bagian apa Bisa sebatas kecamatan, atau regional, benua Tiap negara punya. Indonesia punya BPPI, UU cagar budaya dll utk preservasi lanskap budaya yg dianggap penting Penempatan kraton dipengaruhi hindu budha. Bergeser saat penyebaran islam

Stlh digali filosofi2 ruangnya. Mmg ada cerita ttg dewa2 di gunung cermai. Stlh ada pengaruh islam, diubah berdasarkan keefisienan Kliwonan di sunyaragi tdk ada Jagabayan sblm masuk sultan masih ada. Dulu hy tempat pos, skrg malah ada tradisi

Rumah harus bisa bernafas. Baik dr bawah, atas, dinding. Kalau kita bisa aplikasikan ini lagi, mungkin akan lebih tahan bencana Dibalik bukan ruang dan waktu tapi waktu dan ruang Ada Waktu Laku Pelaku Ruang

Dari toponimi menarik dipahami ada proses naik ketunggalan Menuju yg plural setelah mengalami fase suwung Dari Sirna-resm ke Sirnarasa ke Linggarjati ini proses menuju tunggal atau suwung. Setelah dari Linggarjati (suwung) ke Ciptarasa ke Ciptagelar. Ini proses menuju plural (jamak). Semua darerah itu terjadi dalam rentang waktu 63 tahun. Nama2 muncul stlh pindah Lalakon adl aktifitas meruang dlm membangun aktifitas vertikal spt thowaf
Ngembang sbg bentuk kepedulian merawat budaya yg mulai luntur

Upaya pelestarian, salah satunya adalah menggandeng pemerintah Daerah untuk paham dan mengerti bahwa sangat penting untuk memproteksi potensi/obyek Lanskap Budaya yang ada diwilayahnya, agar makna/filosofi yang terkandung dalam lanskap budaya tidak ikut berevolusi dan hilang.




Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Energi


Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Energi


GambarBPPT menyajikan Kajian-kajian yg dikontribusikan utk pencegahan penanganan covid.
Memotret kebijakan-kebijakan di negara-negara lain. 
Memprediksi kebutuhan-kebutuhan. 
Melakukan kebijakan penanganan krisis. 
Melihat dampak pandemi pd sektor energi


BACA JUGA webinar BPPT sebelumnya:

Webinar Bareng BPPT RI

BPPT Membangun Ekosistem Penanganan Covid


Simulasi Pemodelan Covid-19 BPPT





Gambar
Bbrp kilang minyak terpaksa ditutup. Krn terjadi penurunan konsumsi energi. Penggunaan BBM turun 8% Sebab byk WFH, wisata mandeg, pesawat stop.

Gambar
Suply dan demand dipotret. Dibuat rekomendasi dan antisipasi yg perlu dilakukan di sektor energi.

Gambar


Proyeksi kebutuhan dan penyediaan energi. Pemodelan energi dg LEAP Sektor Rumah tangga, industri, komersil, transportasi, dll Tambang minyak,gas, batubara, dll Sisi konversi, pembangkitan,dll Memasukkan semua parameter dlm pemodelan shg dpt jaringan RES Memasukkan data2 kbthn dll
Gambar



Metodologi analisis kebutuhan energi Tdk smua sektor ditreatment dg rumus yg sama GambarGambar Parameter aktifitas sektoral akibat pandemi Tiap perubahan dimasukkan ke model shg bisa dibuat pattern s/d 2025 Ada skenario optimis, moderat, pesimis
GambarGambar

Metodologi analisis penyediaan energi GambarGambar Ada 6 pattern pola pemulihan ekonomi Di bbrp negara sdh mengalami, turun sesaat lalu naik lagi Yg paling pesimis bentuk L. Penurunan ekonomi scr sustain seterusnya. Hrs dihindari. Perlu trade off agar ekonomi bisa kembali spt semula

Gambar
Bbrp penulis menggambarkan pandemi ini sbg vuca (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity) Gambar Maka dibuat bbrp skenario 0 bau 1 opt 2 mod 3 pes





Gambar
Dampak terhadap kebutuhan energi
Gambar Kebutuhan energi sektoral Sektor industri Sektor transportasi Gambar Dampak terhadap penyediaan energi
Gambar
Krn harga minyak fosil turun sebab melimpah, maka energi terbarukan harganya turun sedikit. Gambar Minyak akan turun 20% atau sekitar 107-199 juta SBM

Gambar
Gambar

Menu