Pelatihan Pemulasaran Jenazah Perempuan

Pelatihan Pemulasaran Jenazah Perempuan
Gambar

Pelatihan Pemulasaran jenazah perempuan oleh MUI komisi pemberdayaan perempuan dan pembinaan budaya islam Penting krn fardlu kifayah,dan sebaiknya yg merawat jenazah perempuan adl juga perempuan2, dan/atau mahram


Keutamaan: Menjalankan fardlu kifayah Memuliakan/menghormati keislaman si mayat Wujud persaudaraan ISLAM Meringankan beban shohibul musibah Mempersiapkan untuk menghadap Allah SWT Menggugurkan kewajiban orang satu qoryah/desa




Langkah2 Pastikan dulu kematian jenazahnya Menurut Imam Syafi’i ditandai dengan kaki lunglai dan dingin,terputus aliran darah pergelangan tangan,hidung condong,kulit wajah kendor,pelipis mata cekung,daun telinga menekuk ke belakang. buah pelir menyusut.



Hal wajib dilakukan pd orang yg meninggal
Membayar /menanggung hutang si mayat ( bila Punya) Memandikan Mengkafankan Menshalatkan Memakamkan Mentalkinkan


Gambar

Dengan mengucap… بسم الله علي ملة رسول الله ص.م اللهم اغفرلها وارفع درجتها في المهديين واخلفها في عقبه الغابرين واغفرلنا ولها يا رب العالمين وافسح لها في قبرها ونورلها فيها(نهاية الزين ) Memejamkan kedua mata Menutup mulut dengan cara dagunya diikat


Menidurkan di atas tempat tidur/dipan dengan posisi menghadap qiblat Menutup dengan kain Menaruh sesuatu yang cukup berat di atas perutnya agar tidak membusung NB : orang yang melakukan hendaknya sejenis atau yang ada hubungan mahrom


Siapkan kain putih 11–15 m Potong 3 Lembar ukuran jenazah +½ meter Potong 3 tali (utk atas bawah,celana,lengan) Potong 1 m/selebar kain untuk kerudung Potong untuk Celana 30-40 cm Potong 1m-1,25m/ sesuaikan untuk sarung Potong 40-50 cm dibelah untuk lengan


Gambar
Sisanya untuk baju
namun diambil dulu 3 tali Panjang (untuk dada, perut, paha)

Bila ingin rapi:
Lengan dijahitkan ke baju
Lengan dan celana dibuatkan lubang2 untuk tali


Cara memasang
Letakkan tikar dan kain pada bonduso /dipan
Bentangkan 3 tali Panjang diarahkan dada,perut dan paha
dan 2 tali pendek arah kaki dan kepala
Bentangkan 2-3 Potong kafan dengan arah sambungan yang pas.
Pasangkan di arah kepala 1 m/selebar kain untuk kerudung



Bentangkan baju dengan posisi yang benar Bentangkan lembar 1m-1,25m untuk sarung Pasangkan lembar 40 cm untuk celana dan tambahkan kapas agar tidak basah Cara memakaikan dg urutan kebalikannya Tutupi lubang hidung dengan kapas

Siapkan tempat mandi, bisa bangku atau boleh 3 orang yg memangku jenazah Ruang tertutup Gayung air sabun, shampoo waslap kapas bunga air panas 3 kain/jarik handuk
Gambar
Lepas pakaian dengan memotong satu arah,sehingga tinggal satu lembar kain/jarik
Bersihkan dari kotoran/najis pakai waslap basah, diakhiri dengan air
Tekan perut bagian bawah supaya tuntas
Apabila seorg perempuan wafat lalu mrk hendak memandikannya, maka hendaklah mrk yg memandikan memulai mengurut perutnya dengan halus kalau dia tidak hamil. Tapi apabila dia hamil maka jangan diurut perutnya (diriwayatkan oleh Al Khalal dan Ummu Sulaim)

Memulai menyiram air pada badan sebelah kanan dan anggota wudlu. “Sewaktu kami memandikan putri Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda “Mulailah dengan anggota sebelah kanannya dan tempat-tempat anggota wudlu darinya”. (HR. Jama’ah dari Ummu ‘Athiyah)

Siramkan air hangat lebih dahulu (kalau ada) dan membaca niat memandikan jenazah (dengan menyiram seluruh tubuh dari sebelah kanan) نويت الغسل اداء لميت/لميتة................ لله تعالي

Dengan menggunakan waslap menyabun seluruh kulit badan jenazah, menyiram air bidara/shampoo untuk keramas rambut, membersihkan gigi, hidung, dan telinga dengan kapas yang baru. (bagian punggung dengan memiringkan arah kanan dan kiri)

Menyiramkan air terus menerus sampai bersih diakhiri dengan air bunga Mengganti kain basah dg kain kering Setelah selesai Mayat diwudlukan sebagaimana wudlunya orang yg hidup dengan niat mewudhukan jenazah dan menyempurnakan basuhan. نويت الوضؤ اداء لميت/لميتة فرض لله تعالي

Mengelap dengan handuk sekaligus mengganti dengan kain/jarik yang kering Jenazah siap dipindahkan untuk dikafani Dianjurkan bagi orang yang telah memandikan mayit supaya mandi.


Webinar Bareng BPPT RI

Webinar Bareng BPPT RI

Gambar
Webinar BPPT ini sopan banget Ada doa dulu pas mau mulai 14 jt positif corona di dunia 600rb korban jiwa Menghantam ekonomi dunia. Mengubah kebiasaan berinteraksi Indonesia 88rb positif. 4200 meninggal Sembuh 47rb Gambar New normal, adaptasi kebiasaan baru utk gerakkan roda ekonomi

Pemodelan by dinamic Menggunakan hubungan sebab akibat utk memahami oerilaku sistem yg dinamik Permasalahan kompleks,dan butuh asmsi sbg pembatasan Pemodelan utk memonitor kebijakan yg diambil, day by day 2 skenario Patuh, diawasi ketat Longgar Hasil kajian n simulasi model

Vaksin belum bisa dipastikan Vaksin oxford masuk critical trial ke-3 Utk 1620 pasien indonesia, januari akan clinical trial ke-3 bareng negara2 lain Hrs berpikiran global, dan local contex Adaptasi, align, testing, tracing, treating butuh kebersamaan utk dpt data yg berguna dst
Gambar
Rekayasa utama 4 20 th kepala program pusat audit teknologi Model simulasi prediksi covid-19 Model penanggulangan Model ekonomi
Gambar

Sektor pariwisata akan dibuka Tp terkendala sentimen negatif dr luar New Normal dg protokol 3M masker, mencuci tangan, menjaga jarak
Gambar


Machine learning dimasukkan krn secara efektif efisien utk tracing Potensi meledak masih ada Dampak ekonomi sosial sangat tinggi, shg PSBB skala besar hrs ditinjau ulang Krn akan merembet ke permasalahan poleksisbudhankam Masa new normal buka sektor2 ekonomi dg protokol




GambarParameter2 bisa diubah utk membuat simulasi Misal jika masyarakat lengah, akan terjadi gelombang kedua yg lebih besar Mempelajari perilaku bisa dg membuat model yg dpt diubah dg cepat simulasinya

Gambar Meski sederhana, tapi bisa running dg cepat Variasi parameter,respon bs dilht

Gambar







Kelas International Genealogy Islamic Feminism

Feminisme, Hak, F, Perempuan, Emansipasi, Revolusi

Alhamdulillah kemarin sempat ikutan kelas online international
Genealogy islamic feminism

Berikut beberapa rangkumannya.

Kenapa harus islamic feminism? Islam bukan islam tanpa judaism and chistianity. Islam jadi bagian dari sejarah itu sendiri. Ada bbrp asumsi antara islam dan feminism


Relasi islam n feminism Kora melihat gerakan perempuan muslim itu paralel dg feminism Wirinda melihatnya terpisah, spt gerwani, yg lbh kpd komunism oriented Ada konvergensi antara islam n feminism White scholar bilang islam tak ada hbgn dg feminism 1930 krg otoristik otonomi

Muslimat bagian dr NU Aisiyah bagian dr muhamadiyah Itu tanda tdk ada otonomi Gambar Indonesian sekular Feminism: perempuan indonesia dianggap bertentangan dg feminism
Blackborn smith: scholar barat menganggap perempuan indonesia tdk dianggap teologis Tema2 gender dibungkus teologis
Berbeda dg pendekatan teologi Pendekatan barat lbh pada materialism, antropologi,sosiologi, psikologi Pendekatan baru: islamic feminism Pendekatan Filsafat islam Mjd bagian discourse knowledge
Gambar

Islamic feminism: inklusif activism dg agama sbg preference
Laki2 pun bisa menggunakan islamic feminism (IF)
Pewacanaan scholarship Islam sbg paradigma Data2nya inklusif dg perempuan Gambar Produk IF:
social movement & Pendekatannya genealogy Fuko, mendekati filsafat dg cara berbeda
Mekanism Gambar Pendkatan hermeunetik, konteks Sejarah, pattern2 yg berbeda Tafsir, bgm mufasirin menerjemahkan semantik Pendekatan yg dipilih sesuai problem Bgm melihatnya sbg discourse
Gambar
Adakah hidden gap dlm islam saat ada hegemoni pria, shg perempuan absen dlm diskusi2 itu
Perempuan di opress dr abad ke abad Utk atasi gap, cari solusi, melihat dr bahasa yg dipakai Bhs kodrat Istilah hak2 perempuan digunakan Islam sbg discourse Kodrat muncul spt apa, menghilangnya bgm, transformasinya spt apa Stlh identifikasi, record proses emergence discourse
Lalu lihat pattern Gambar Ada 5 era Emansipasi Dismantle Dst Tdk bicara dalam kerangka barat, tapi pengalaman indonesia barat tdk py pengalaman budaya indonesia Personal depolitical Tdk mengalami pun, kita bisa berempati pd penindasan2
Inklusif pengalaman2 perempuan merupakan bagian dr Islamic Feminisme. Apakah inklusif yg dimaksud di sini juga terbuka dengan pengalaman2 perempuan yang memiliki orientasi seksual yang dianggap berbeda - Perempuan Seks Perempuan (lesbian) -. Ataukah, inklusif yang "terbatas".
Apakah Ktk melihat teman2 yg orientasi seks berbeda,mrk tdk manusia?apa mrk kurang manusia dibanding kt Inklusif berarti inklusif pengalamn mnusia Pengalaman itu otentik pd yg mengalaminy Kalau kita tdk mengalami,tdk berarti pengalaman org lain tdk valid Jgn main hakim sendiri
Gambar

Menarik konsep Islam dan Feminisme dalam konteks budaya Indonesia. Justru disini sulit melihat konteks budaya dalam konteks Islam awal dan Indonesia. Persoalan yang sama juga terjadi dalam agama lainnya. Misalnya menjadi Kristen seperti Kristen Barat.

Sehingga menjadi penting melihat dan menemukan feminisme dalam cross cutting nilai agama dan budaya (konteks) Indonesia. bagaimana membaca teks kitab dengan kaca mata "baru". bagaimana pengalaman Bu Etin?

Menarik tadi terkait hegemoni konsep2 terkait perempuan - seperti kodrat, aurat, dan bagaimana hal tersebut hilang/tdk tercapture dalam Islamic teaching in general. Bisa dielaborasi lebih lanjut terkait di atas?
Gambar

Era emansipasi Ada 3 dimensi penting dr segi sosial Pioneering women kartini,sartika, elinsiyah. Konteks aristokrat di jawa, sunda konstalasi keberagaman Physical resistence cut nyak dien, anti belanda, belanda itu kafir Cultural education kartini, dewi sartika, elinsiyah
Kartini mengkritisi laku dodok First hence Dipingit, bukan semata pingitan islam yg purdah, tp terkait hrs menikah dg yg sama kelasnya Resist poligami krn menghancurkan perempuan Mengkritik ibu2 yg memanjakan anak2 laki2

Kartini pioneer perempuan yg keluar negri Relasi kekuasaan menyebabkan kartini jd pioneer Sparks qualty, cahaya2 persamaan Kartini menerima takdir antara sekolah atau menikah Kartini jd istri ketiga Dewi sartika mendirikan sekolah istri Elinsiyah bljr dr saudara yg plg dr egypt

Islamic reformis Secular nasionalis Indonesia jd permainan para penjajah Inggris, belanda, portugis, jepang Respon pd ethical policy:people council Representasi: volksraad Kelompok2 indonesia dianggap dibungkus adat dan agama Smua gerakan perempuan dimonitor

Buku kartini ada krn hasil monitor Jasa penjajah memperkenalkan kita dr culture ke tulisan Pendidikan perempuan Protes hegemoni Mengubah konstalasi publik, yg asalnya laki2 jd terbuka
Mencintai org tua adl cara resiliensi, menjadi kuat Kartika diopress kaum santri, khawatir kalau sekolah, anak2 laki2 surat2an dg anak2 perempuan Pandemi covid memperlihatkan kalau indonesia tdk siap Ekspetasi dosen/guru/orgtua ke perempuan lbh rendah Tjd seklusi
Gambar
Islamic reformism Genealogy: kenapa pemimpin islam inginkan kemajuan umat Ktk melihat islam mentransform, kembali pd islam emansipatory Khadijah, aisyah sbg shapers islam Keterbelakangan islam dtg dr praktis yg supersticious Percaya pd hantu, jurig, sajen

Faktor IF Segi bentuk dll Egypt thinkers: islam compability dg modernitas Penerimaan sains krn medical school di egypt sdh maju maria ulfah santoso perumus UUD 45, kuliah di belanda, jln2 eropa Progresif Mengconnect gerakan perempuan ke gerakan2 luar negeri Tdk monolitik

Jika era emansipasi mempunyai pionir Kartini, El Yunusiyah dan Dewi Sartika bagaimana kita mengklasifikasikan muslimah hebat sebelum itu seperti Ratu Kalinyamat, Rara Santang, Safiatuddin dan ketiga ratu setelahnya, dan Malahayati?

Seperti kita ketahui, misalnya perjuangan Safiatudin dan Ratu Kalinyamat menduduki tampuk pimpinan bukanlah hal mudah bersaing dengan laki-laki
Bicara Islam dlm konteks budaya Saat berada di turki, kita tinggalkan budayanya Dari Buku Global ummah Agama kalau sdh diterirorialis, agama hy tersisa sbg agama, etis Meski itu pernyataan hegemonis Islam dlm konteks budaya Islam sbg ethic Tetap akan jd pertarungan

Spt cancel culture Mengcancel culture yg tdk sesua Belanda excuse, indonesia sdh dijajah terlebih dulu oleh raja2nya Belanda hy melanjutkan, dan memberi pendidikan Feodalism: bupati yg keturunan, bupati jadi2an lulusan sekolah diberi gelar raden

Perempuan second class netizen dr wacana saat itu Gaya feodal mengambil metamorfosi baru di jaman kemerdekaan Konstalasi laki2 di luar rumah,perempuan di rumah Ningrat pedagang:Perempuannya aktif Gambar Feodalism: pejabat posisinya lbh tinggi Disiapkan upeti Feodalism keluarga:relasi

Segi karir development, ikut patronage Hampir 70 th stlh kemerdekaan, msh nunggu megawati utk memutuskan Pdhl pak karno sdh milih demokrasi

Goalnya: mendidik 1900 an yg dihargai perempuan adl agensinya Persamaan islam dan feminism: perempuan sbg moral agent Pendidikan meningkatkan peran perempuan di publik Activism, dakwah, mengubah mindset utk lbh responsible Memajukan hal2 baik Menghapus hal2 yg menindas

Keyterm: kemajuan Mengcounter penjajahan Yg jd pertentangan sengit adl persoalan poligami 100 th kemudian kita masih bicara ttg poligami Kpn bicara sustainability, ecologi dst

Tirai pembagi space sdh ada th 1930 an Dianggap diskriminasi Pdhl perempuan nyaman krn terlindung Kerudung justru empowering utk perempuan Pemicu hal2 personal jd political 1928 sdh ada Surga nunut neraka katut, ungkapan feodal Kalau petani,dagang hrs survive
Kritik2 barat Permpuan mdpt training krn peran keibuan Empasis pd pemujaan role keibuan. Hal positif dan negatif Role keibuan hrs jd baik krn hrs menej keluarga dg baik Shg suami akan support dia
Pertentangan NU muhamadiyah sangat tinggi Shg tdk bisa saling besanan Perlu empowering Krn ada banyak abuses Dari debat poligami, aisyiyah pakai pendekatan islam
Konvergen: poligami boleh utk protect perempuan
Tdk pakai kerudung dianggap liberating Unveiling dianggap kemajuan Aliran baru; gak ada hijab, gak ada tabir Sklusi ke public entry Jd agen di dlm publik Permpuan sbg mother: budi utomo Permpn sbg gerakan: inherent value sbg humanbeing Diskursus yg hidden

Perempuan sbg human being, diskursus yg hidden di indonesia Narasi yg sdh ada sejak lama Kritik feminism Protes2 di jalan dianggap tdk cocok utk indonesia Feminism hndak ubah kodrat Ikhlas dg semangat utk mengubah keadaan.

pertengahan 60-an, Saskia Wieringa mensinyalir Gerwani menjadi gerakan perempuan paling progresif dalam isu-isu kesetaraan gender, akan tetapi ketika G30S pecah, Gerwani diberangus secara keji. Pertanyaan saya, apakah ketika era demokrasi terpimpin,

gerakan perempuan hanya menjadi proxy dari konflik politik dan ideologis yang kental pada saat itu? Padahal Muslimat dan Aisyiah sudah menjadi organisasi besar pada saat itu.
sebagai sebuah gerakan dan diskursus pemikiran, saya pribadi belum melihat bahwa feminism memiliki genealogi otentik deng islam di Indonesia. jika misal, kita melihat Bell Hooks dan Audre Lorde, memang mereka dikenap sebagai tokoh feminist,

tp sebetulnya stary poin pemikiran mrk berdua ada pa isu rasisme.di mesir ada Qasim Amin,yg dikenal sebagai bpk femisme islam, pmkrnnya otentik, scr genealogis mmg berasal dr isu keagamaan yg memengaruhi sistem sosial mesir kala itu. itu yg dimaksud dg memiliki genealogi otentik

Refleksi Webinar Arsitektur Masjid Demak

Refleksi Webinar Arsitektur Masjid Demak


Alhamdulillah Sabtu kemarin Refleksi Webinar Arsitektur Masjid Agung Demak berlangsung sukses. Kali ini di webinar series yang pertama dari seri webinar promo buku Arsitektur Masjid Agung Demak  yang ditulis oleh dua belas orang penulis, aku kebagian sampur menjadi moderator.

12 Penulis Buku Arsitektur Masjid Agung Demak:

▪️Prof. Totok Roesmanto, M.Eng
▪️Dian Nafi, ST
▪️Prof. Dr. Ir. A. A. Ayu Oka Saraswati, MT
▪️Rosalia Rachma Rihadiani, S.T., M.Ars.
▪️Salmina Wati Ginting, ST, MT.
▪️Rusfina Widayati S.T., M.Sc
▪️Ir. Tri Wahyu Handayani, MT.
▪️Dr. Didit Widiatmoko Suwardikun, MDs
▪️Ir. Handajani Asriningpuri, M.T.
▪️Dr. Mohhamad Kusyanto, ST, MT.
Dwi Lindarto HadiNugroho


Universitas Mulawarman Kalimantan Timur menjadi tuan rumah pada webinar kali ini. Host-nya dari Unmul, Co-host nya pak Dwi Lindarto. Beliau juga membacakan puisinya di tengah-tengah antara beberapa sesi dari nara sumber.





Empat narasumber webinar kali ini mendedah arsitektur masjid agung Demak dari sisi struktur konstruksi, landscape, kenyamanam thermal dan desain visualnya.

Dr. Mohamad Kusyanto, ST MT
lahir di Demak 30 September 1973.
S1 dan S2 di Arsitektur, Universitas Diponegoro, Semarang
S3 di Program Doktor Arsitektur Institut Teknologi Bandung tahun 2019. Tahun 1998 bekerja di kontraktor CV. Erisa Banjarnegara. Tahun 2002 bekerja di pengembang PT. Tiga Paku Raja Semarang dan pada tahun 2004 bekerja sebagai dosen tetap di Jurusan Arsitektur Universitas Sultan Fatah Demak sampai sekarang.
Riset interest: struktur dan kontruksi, sains dan teknologi bangunan

Tulisan di buku berjudul:
Digitalisasi arsitektur demakan
Belajar Dari Saka Tatal


Rusfina Widayati, ST. MT
 lahir di Surabaya pada 26 januari 1978. Saat ini merupakan dosen aktif di Universitas Mulawarman di Samarinda Kalimantan Timur.  Menempuh pendidikan sarjana Arsitektur pada Universitas Brawijaya, Malang dan Magister Arsitektur pada Universitas Gadjahmada, Yogyakarta. Pernah menjadi awardee Pre-Doctoral Bridging Program dari Ristekdikti di Coventry University dan Short Course Program di University of Twente dari IsDB Project 4in1. 
Fokus penelitian yang dilakukan di bidang Arsitektur Vernakular dan pelestarian arsitektur, heritage.

Judul: adaptasi elemen lanskap di kawasan MAD terhadap konsep sustainability


Rosalia Rachma Rihadiani, ST. M Ars
lahir di Semarang pada 25 Oktober 1974. Berprofesi sebagai praktisi arsitek dan interior. Menempuh pendidikan  sarjana arsitektur di Unika Soegijapranta dan Magister di kampus yang sama. Mempunyai pengalaman di bidang organisasi terutama di Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Tengah juga di Himpunan Desainer Interior Indonesia Cabang Semarang. Pengalaman dalam berprofesi membawa untuk mengabdikan diri dengan mengajar sebagai Dosen Tetap Terbatas di Unika Soegijapranata. Thesis Magisternya yang bertema ”Kenyamanan Thermal pada Bangunan Gereja dengan Status Cagar Budaya”  merupakan sebuah wujud kepedulian terhadap manusia dan alam ciptaan,  hal ini konsisten diangkat dalam buku Masjid Agung Demak

Judul: Kenyamanan Termal Arsitektur Masjid



Dr. Didit Widiatmoko Soewardikoen, MDs

 lahir di Malang tahun 1957, pendidikan S1 Desain Grafis Seni Rupa Institut Teknologi Bandung, lulus tahun 1983. Setelah 20 tahun di industri pesawat terbang menangani exhibition design & airshow, kembali melanjutkan studi magister desain ITB lulus tahun 2002, kemudian doktor ilmu seni rupa dan desain di ITB selesai tahun 2012. Sekarang berprofesi sebagai dosen pada Program Studi DKV Universitas Telkom. Buku-buku yang telah diterbitkan ‘Metodologi Penelitian Visual’ tahun 2013, ‘Visualisasi Iklan Indonesia Era 1950-1957’ tahun 2015, dan ‘Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual’ tahun 2019, buku bunga rampai ‘Arsitektur Masjid Agung Demak’ tahun 2020.


Judul: Lambang Bulus di Masjid Agung Demak


Ini beberapa pertanyaan yang masuk
From Irwin Ramsyah to Everyone:  10:18 AM
mohon info dimana bisa dapatkan buku yg ditulis bersama ttg masjid Demak ini

From Christophorus Koesmartadi to Everyone:  10:22 AM
Bapak Kusyanto paparannya sangat menarik, semakin banyak ahli struktur yang semakin eksis di seminar

From Mhd Alifudin to Everyone:  10:24 AM
mantabh..

From josef prijotomo to Everyone:  10:24 AM
atap tajug itu apakah aslinya mempunyai ander, mengingat di Bali ada bentukan tajug yang tak memakai ander. di bangunan meru, memangg ada batang kayu yang digantung dari puncak atap, demi gempa. dengan meyakini sebagai ander, maka tajug ini sudah tidak asli lagi, tetapi sudah versi Belanda. Ini seepenuhnya analisis arsitektur saya, bukan analisis sejarah dan kebudayaan.

From Try Shalim to Everyone:  10:25 AM
pak Kus, ini menarik. luar biasa..
pertanyaannya material saka gatal didapati dari mana?
*tatal
dan apakah material saat ini yang masih berdiri apakah belum mengalami renovasi?

From Yulsi Munir to Everyone:  10:31 AM
walaupun saya tidak mengerti semua, tapi puisinya bagus sekali...

From Kalih_UNG to Everyone:  10:32 AM
Untuk pak Kus.....yang menjadi pertanyaan untuk ke empat kolom (saka guru)  yang tingginya 11m + 6 m (saka tatal) bagaimana untuk pondasi yang menompang langsung kolom tersebut yang diinformasikan bahwa kedalaman kolom berbeda-beda....disini terlihat maha karya dari sunan kalijaga untuk konstruksi pondasinya (ketinggian kolom 17 meter = kolom bangunan 4 lantai)

From Try Shalim to Everyone:  10:32 AM
pertanyaannya bagaiamana inovasi pada sistem laminasi yang dilakukan dan juga pada sambungan pak Kus?

From kotak han to Everyone:  10:32 AM
Sri Handjajanti - Universitas Trisakti Hadir

From Prof. Dr. Ir. Anak Agung Ayu Oka Saraswati, MT. to Everyone:  10:32 AM
keren puisi nya Pak Dwi Lindarto .... selain Kak Kus  .... pak Lendi juga punya talenta yg lain

From Ni Made Yudantini-UNUD to Everyone:  10:35 AM
Mbak Rosalia: Kenapa pake granit ya halamannya?

From AHMAD SANUSI - Telkom University to Everyone:  10:35 AM
https://www.youtube.com/watch?v=RhEZKAewql8

From Akhmadi Akhmadi to Everyone:  10:36 AM
perkenalkan saya Akhmadi dari Desain Interior-FIK-Telkom University Bandung..

From josef prijotomo to Everyone:  10:38 AM
untuk ibu Rosalia, mohon dapat dibuktikan bahwa masjid Demak dulu tidak memperhatikan kenyamanan. salah, bu. Yang benar, dulu sudah ada perhatian terhadap kenyamanan termal. karena adanya perubahan ruangan luar dan perkembangan tetangga yang semakin memadat, maka menyusutlah kenyamanan di dalam masjid.

From Prasetyo Wahyudie, ITS to Everyone:  10:38 AM
lha , kapan hari sy ke masjid ini ternyata sdh dipasang AC

From Christophorus Koesmartadi to Everyone:  10:39 AM
Mbak Rosalia suskses meski terburu buru ke bandara dan membuat lapak webinar di Bandara, suskses webinartraveling
From Ahmad Dinawan to Everyone:  10:39 AM
bu Rosalia mau kemana?  Koq di bandara?


From Akhmadi Akhmadi to Everyone:  10:39 AM
mohon maaf itu slide nya sedkit tertutup sama bagian aplikasi zoom host/yang bagian share screen nya, jdi layarnya ga bisa melihat screen scara full..

From Puji Darmanto_TNG to Everyone:  10:39 AM
ada ac nya to ya adem ya

From Irina Mildawani to Everyone:  10:39 AM
selamat traveling Bu Emma.. have a safe flight dan stay healthy ya

From Christophorus Koesmartadi to Everyone:  10:39 AM
Situasi yang sulit tapi itulah kunci kesuksesan Mbak Rosalia

From Augustina Ika _UNTAR to Everyone:  10:41 AM
ngayemke itu apa bu Emma? 😁

From Syafruddin Syarif.... Unhas to Everyone:  10:41 AM
Perlu juga dipikirkan dan didesain pe gat

From josef prijotomo to Everyone:  10:41 AM
untuk ibu Rosalia, dengan pelataran masjid yang diolah sangat bersuasana urban, dan dominasinya bukan rumput, bukan hanya kenyamanan menjadi buruk tetapi kekuatan sebagai banguan heritage menjadi lenyap. renovasi di era Soeharto mengubah demikian besar, yakni dari masjid Demak yang Jawa dan warisan lama, menjadi mesjid Demak yang urban dan kekinian.


From Puji Darmanto_TNG to Everyone:  10:42 AM
tajuk ditutup guna pasang ac

From Syafruddin Syarif.... Unhas to Everyone:  10:42 AM
pengaturan cahayanya dengan teknologi iluminasi.

From . aditya W fitrianto _ IAI to Everyone:  10:46 AM
keren.. mba Emma, bahas hal lain terkait Masjid...

From Mhd Alifudin to Everyone:  10:48 AM
yg trbayang dalam benak saya, apakah halaman masjid agung demak mengacu pada halaman masjidil harom? yg secara iklim jelas berbeda jika dicopaskan dengan iklim indonesia

From Irwin Ramsyah to Everyone:  10:49 AM
ibu Rosalina : saya irwin...mau bertanya , kenapa lantai halaman harus pakai granit putih ? tidak menggunakan batu alam ...bukankah Lbh alami dan mengurangi dampak panas halaman masjid ?

From rosalia450489 to Everyone:  10:52 AM
Pak Irwin : Ini juga pertanyaan saya … mungkin secara fungsi sebagai masjid agung ketika hari raya

From endang setyowati to Everyone:  10:52 AM
kalua di masjid Gedhe Yogyakarta, unsur air atau parit yang disebut Jagang terkait dengan fungsinya sebagai pertahanan pada waktu itu yang sering ada serangan dari Belanda. Apakah di masjid Demak ada konsep lansekap yg terkait dengan budaya/tradisi atau konsep apa? atau mungkin konsep arsitektur masjid ? atau arsitektur Islam ?

From rosalia450489 to Everyone:  10:56 AM
Prof Josef : Terimkasih informasinya Prof ...

Prof Josef : Justru jaman dulu sangat memperhatikan kenyamanan thermal dengan mengandalkan bentuk bukaan untuk membuang panas di dalam , dan lingkungan alam sekitar mendukung penciptaan kenyamanan thermal

From josef prijotomo to Everyone:  10:56 AM
untuk bu Rustina, setujukah ibu bila dikatakan bahwa kompleks masjid Demak ini sudah merupakan lingkungan urban a la Jakarta, bukan masjid Demak yang adalah kekunoan yang dijaga kelestariannya

From Mirza Fuady to Everyone:  11:34 AM
bidang lantai perkerasan sangat luas, kalau hujan ada kemungkinan genangan air atau banjir? bagaimana dengan ruang utk resapan air? ke mana air hujan dialirkan?

From Kalih_UNG to Everyone:  10:57 AM
saya Kalih dari Universitas Negeri Gorontalo, Pertanyaan untuk ibu Rusfina......dengan kondisi landscape yang ada sekarang apakah desain landscape tersebut melihat suatu kebutuhan semata untuk menyiapkan sebuah lapangan bagi para wisatawan atau desain tersebut memperhatikan keterkaitan antara ruang dalam dengan ruang luar sehingga keterkaitannya sangat erat sebagai tempat ibadah, terima kasih


From Christophorus Koesmartadi to Everyone:  11:06 AM
Pembicaranya sangat menarik semuanya, tayangannya sangatjelas dan cepat dimengerti
Sepengetahuan saya Masjid Demak merupakan tombak pertama sebagai arsitektur dengan karya asli Nusantara, ternyata didalamnya ada campur tangan Belanda.

From Dr. Ir. Widiastuti, MT. to Everyone:  11:09 AM
Menarik...di Masjid ada simbol binatang. Kalau saat renovasi elemen yang lain bias dimodifikasi, mengapa kura-kura ini dibiarkan?? Apakah ada pertimbangan tertentu??

From . aditya W fitrianto _ IAI to Everyone:  11:09 AM
champa di vietnam selatan 🙏🏻

From Ema Yunita_UB to Everyone:  11:16 AM
Apakah sama makna kura-kura / bulus yg td dijelaskan? Bgmn makna kura-kura mnrt filosofi jawa, islam-masjid, dan hindu/pra Islam?

masjid, bila lihat awalRasulullah di madinah, dibuat Rasulullah lbh berkonsep ‘multi space / function’, sebagai community center. Menariknya Masjid Demak, Masjid Gede Jogja, mengakomodasi konsep ini dg ada fungsi2 lain termasuk ada courtyard terbuka maupun tertutup (pendopo) selain ruang utama utk sholat, jadi Masjid bukan sekedar tempat sholat, tapi berkonsep urban... dan bersifat sosial kemasyarakatan . 🙏🏻Daripadaribut2 menafsirkan makna simbol2 tertentu, libatkanlah orang yang berkompeten, Arkeolog misalnya

From Prasetyo Wahyudie, ITS to Everyone:  11:36 AM
Desain lansekap tentunya mempunyai tujuan dan konsep. konsep apa yg dipilih oleh pengelola masjid demak ?

From josef prijotomo to Everyone:  11:20 AM
menyaksikan kehadiran masjid demak di hari ini, saya mengettahui bahwa masjid ini sudah hadir menjadi masjid masa kini, dan bersuasana urban sekali. Sayang sekali, masjid ini telah kehilangan 'ruh-nya.

From Ahmad Dinawan to Everyone:  11:38 AM
Bangunan sakral tua yang mencoba berusaha adaptasi (bermetamorfosa?) menjadi kekinian, yang sayangnya sedikit mengabaikan makna 'kesakralan'  yang sarat dengan elements/unsur² lama/leluhur..

From . aditya W fitrianto _ IAI to Everyone:  11:39 AM
masjid demak, masjid gede jogja, juga mengambil simbol konsep ke-ilaihi-an ajaran lokal (leluhur) : sedulur papat, limo pancer... 🙏🏻

Adrian Widisono - Universitas Brawijaya. Berdasarkan Babad Demak terdapat Candrasengkala "lawang trus gunaning janma" terdapat dimanakah candrasengkala tersebut ataukah pada elemen masjid? maturnuwun

gunung radjiman
​mohon bhn tayangan bsa dishare ut peserta diskusi, tks

Reread Biografi Steve Jobs

Reread Biografi Steve Jobs

Steve Jobs, Teknologi, Ilustrasi gara-gara belakangan baca ulang biografi Steve Jobs, kayaknya aku jadi ikut terbawa jiwa pemberontakannya deh.

Btw, ini pembacaanku terdahulu atas buku biografi steve jobs karya walter isacsoon ini: https://www.writravelicious.com/2012/01/ngemil-baca-steve-jobs.html

steve jobs nih karakternya one man show tapi sukses punya tim besar yg mendukung. #paradox #leadership

Mgkn krn steve jobs ketemunya wozniak yg beda skill. Wozniak tekniknya, steve jobs marketingnya. Karakternya juga beda. Wozniak tdk suka tampil, ngalahan. Ketua tim apple justru org lain yg bs menej. Steve jobs jd otak,beri komando plus PRnya. One man show,tp dibackup tim hebat.

However dia jago intriguing tim utk bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mrk. Jd inget pernah ngerjain novel yg aku merasa banget kalau si empunya penerbit dan yg punya ide novel ini tirakat, wirid dan entah ngapain, tp punya energi kuat yg mendorongku mengeluarkan kemampuan... terbaikku saat itu.
Sampai skrgpun kharisma&leadershipnya kentara meski usianya lbh muda dariku, dan pernah melalui peristiwa dahsyat yg bagi sebagian org mungkin bs menghncurkan hidup. Tapi beliau makin maju, krn saat hiatus stlh peristiwa itu,justru tirakatnya tambah besar

Distorsi realitas lapangan steve jobs baik yg dia sampaikan dg cara galak atau halus, mendorong timnya melakukan apa saja shg menyelesaikan segala tugas yg bahkan kelihatannya mustahil

Stlh melalui perjuangan steve jobs yg panjang utk meyakinkan tim, akhirnya Iklan 60 detik apple macintosh fenomenalnya ditonton 96 juta orang di pertandingan super bowl xviii. Mengutip novel 1984 george orwell, mengapa 1984 tdk akan mjd spt 1984. Mjd iklan terhebat sepanjang masa
Jobs mengulang trik peluncuran berkali2 tapi selalu saja membuat org terkesan. Ia gunakan intuisi, memanipulasi rasa bersaing para wartawan, dst. Sebagian langkah ia tiru dari Regis McKenna. Jobs detail dan perfeksionis. Bangets. Rehearsal,gladi resik utk launch sampai berjam2
Sesaat stlh launch macintosh, wartawan popular science bertanya pd steve jobs, jenis penelitian pasar apa yg dilakukan. Dia menjawab: apa alexander graham bell melakukan penelitian pasar sblm menemukan telepon?
Sistem biner tjd ktk orbit 2 bintang bertabrakan krn interaksi gravitasi mrk Einstein& Niels Bohr fisika abad 20 Thomas Jefferson&alexander hamilton awal pemerintahan amrik Bill gates& steve jobs teknologi& bisnis Kalau kamu? Tabrakan ama siapa?

Gates praktis,disiplin, analisis tinggi, metodis Jobs intuitif,romantis,insting tinggi, karismatik Perbedaan karakter menyebbkn mrk di bagian berbeda shg menimbulkn pengelompokan besar era digital Strategi apple paket lengkap tertutup Microsoft mau beri lisensi pd byk produsen



Guru Kreatif Di Dunia Maya






Guru Kreatif Di Dunia Maya

Aku senang banget ketika tahu di hari pertama tahun ajaran baru ini nanti, ternyata guru-guru anak-anakku mulai lebih kreatif dibandingkan saat masa-masa awal pandemi kemarin. Mungkin karena terlalu mendadak, dan kita tahu semua orang padha dasarnya tidak siap, selama tiga bulan pembelajaran dari rumah alias learning from home itu anak perempuanku hanya mendapat tugas via google class yang berupa soal-soal yang musti dijawab via google form. 

Anak laki-lakiku sama juga, mengerjakan soal-soal via google form yang link-nya dikirim via whatsapp group. Duh, nyaris tidak ada pembelajaran sama sekali. 

Nah, tahun ajaran baru ini rupanya guru-guru dan sekolah mulai berbenah. Kemarin anak perempuanku sudah simulasi menggunakan zoom. Besok guru akan mendemonstrasikan sesuatu, malam ini anak-anak diberi bocoran materi pdf dan diminta download aplikasi filmorago. Ini untuk pelajaran bahasa Indonesia lho. Yuhuu.... pasti akan seru. Semoga seru beneran ya besok Senin tuh. Aku ikut nggak sabar menantinya. 


Sempat aku bahas memang tentang online learning dan remote learning ini.
Ada peluang besar banget utk courses ngajarin cara online learning dan remote learning. That's totally different from traditional/conventional learning/teaching

Ini mustinya tugas mas menteri nadiem makarim and friends sih. Tapi gak yakin juga kalau mereka sdh bisa ngajarin atau nggak nya. Karena kayaknya ya cuma mas menteri aja yang sudah advanced. Yang lain masih sama-sama belajar juga.

Remote learning isn’t working. Teachers are burned out. Parents are stressed out. Students are “zoomed” out. What’s going on?

Jadi kayak gimana online learning dan remote learning, juga seperti apa sih Guru Kreatif di Dunia Maya

Ada banyak sekali jawaban yang mungkin bisa kita gali 
Beberapa di antaranya adalah:

- Guru harus juga menjadi seorang entertainer, yang bisa menghibur. 

Agar anak-anak tidak teralihkan pada hal-hal lain yang lebih menghibur, entertaining, seperti games, youtube dan tontonan lain yang tidak mendidik.

Guru kreatif tidak boleh membosankan, apalagi bosan. Hehehe

- Konten edukasi yang disajikan menarik dan membangkitkan keingintahuan serta semangat belajar bagi anak-anak

- Ada berbagai Tools yang saling mendukung di mana anak-anak tidak hanya menonton dan mendengarkan tapi juga berinteraksi

Audio Visual tentu sangat mendukung dan disukai. 

Gunakan berbagai game dan aplikasi  yang mensupport pelajaran. Kalau perlu ciptakan game dan aplikasi baru tersendiri. tentu akan menjadi tambahan kredit nilai bagi guru kreatif di dunia maya. 

Agar interaktif, cari berbagai tools lain yang bisa mendukung upaya ini. 

Sudah pasti sih, guru di masa sekarang ini memang harus terus belajar agar makin kreatif dan inovatif.

- Ada sistem untuk monitoring atau mengevaluasi hasil capaian anak-anak sepanjang belajar dan setelah belajar

- tinimbang menyajikan full materi, baru menguji. lebih baik dalam setiap kesempatan sesi, langsung  adakan  take away atau proyek atau tugas kecil agar anak-anak langsung bisa mempraktikkan atau mempresentasikan idenya, guru memberikan feedback yang mereka butuhkan

- Meskipun online atau remote learning, pendekatannya haruslah tetap humanis. Karena yang berhadap-hadapan, berkomunikasi dan berinteraksi sesungguhnya sama-sama manusia

- Bisa dengan sistem struktur  mentoring 1:1 atau 1:7 

Menurutmu, apalagi tips dan kiatnya bagi guru kreatif di dunia maya dalam online remote learning ini?


Metode Etnografi Untuk Riset Bahasa

Metode Etnografi Untuk Riset Bahasa

Zoominar Leiden Research Field


Baca juga:
Zoominar Leiden FieldNote: Penelitian Sastra
Zoominar Riset Etnografi: Riset Media Massa
Menulis Riset dengan Metoda Etnografi: Riset Hukum, Legal



Periset kenal promotor dlm penelitian sebelumnya, bisa mjd jalan utk dpt beasiswa s3. Dia gercep, melihat peluang dan memanfaatkannya dg baik.
Sangat penting untuk membuat perencanaan sblm terjun penelitian ke lapangan: background, time slot, alat, fokus, output, penyimpanan data di mana, detail rencana dll

yg paling penting: mau menghubungi siapa, tinggal di mana, transportasinya apa, berapa lama, butuh biaya brp, mau ambil data apa saja,alat audio/video dll butuh 1-3 hari di lapangn utk kenalan,cari informan, bawa benda2 kecil sbg hadiah utk informan,beri reward sesuai kontrbusi


bawa surat pengantar yg memberi kekuatan legal bagi researcher
kdg uang lebih berarti bagi informan drpd hadiah2 kecil pendekatan: natural speech(tanpa settingan) produksinya berbeda dg stage/dipanggungkan metode participacy observatoris tinggal bersama, ikut kegiatan harian

pakai audiorecorder yg digantungkan d leher semakin kecil alat,semakin bagus nyaman dipegang,mdh disimpan ketika tujuan penelitian lebih spesifik,baru dipanggungkan, spy stimulus bisa jalan ada konsekuensi saat pengambilan data cari posisi tepat utk perekaman,jgn yg byk noise

notebook & bolpen ethical approval, concern form di leiden ada concern form tertentu dibedakan antara penelitian lapangan dan linguistik concern form bisa disertakan dlm perekaman, tanya apakah bersedia utk jd bahan penelitian,jika bersedia dilanjutkan
jika tujuannya baik, kemungkinan besar tdk ada penolakan jika melakukan kesalahan, perbaiki butuh keterbukaan stimulus kit yg dipersiapkan, saat di lapangan disesuaikan dg keadaan/situasi
12 bulan 2 bulan pendekatan awal 8 bulan pengambilan data 2 bulan konfirmasi pengolahn data mentranskripsi rekaman pakai elan otografis atau fonetis, tergantung tujuan penelitian penerjemahan dibantu language assisten/penutur asli
analisis mana yg fonem, klausa, frase dst: pakai flex produk penelitian bisa bermacam2, video, buku dst meta data bertujuan utk merekam apa saja yg sdh diperoleh bermanfaat saat butuh tracing nama, jenis file,kpn diambil,length,info, age, gender, dst

data2 bisa dimasukkan ke apendix, archive,atau lampirkan kalau diupload, bisa utk bukti jika ada yg ingin mengkonfirmasi pembimbing akan ikut memilih data mana yg mau ditampilkan. biasanya dipilih yg paling rapi
penelitian yg bertujuan utk mengetahui makna bahasa dan juga interaksionisme simbolik antar pengguna bahasa itu, apakah harus dengan metode etnografi? bisakah dilakukan dengan pendekatan fenomenologi?
teori conversation analysis mengkaji interaksi antar manusia melalui bahasanya pendekatan tdk hrs antropologi/fenomenologi tergantung tujuan penelitian metode etnografi sangat kaya. bisa dg pendekatan fenomenologi
lebih dari 700 bahasa daerah. lebih dari setengahnya ada di indonesia timur. keberagaman lebih tinggi ada 2 rumpun bhs besar. austronesia dan non(sering disebut bahasa papua) rumpun bhs papua sulit dikelompokkan keluarga2 bahasanya

jika tdk ada konfirmasi, bisa kena undang2 privasi di eropa perlu keluwesan, social skill, tdk boleh kaku, tiba2datang minta rekaman, hrs etis, ngobrol dulu, membuat informan nyaman dulu ada paradox info jk ujug2 kelihatan bawa perekam 2 jam=0,5 jam basabasi, 1,5jam wawancaranya

ciri2 bhs austronesia; SPO, pronomina/kata ganti orang pertama mirip2 ada leksiko statistik, kemiripan kosakata, di atas 70% dianggap dr keluarga yg sama bhs oerata kemiripannya di bawah 20% dibanding 23 bahasa lainnya

bahasa= jendela banyak hal bagus jika ada penelitian lebih bnyak ttg bahasa

Kenapa Tuhan Cancel

Kenapa Tuhan Cancel




Pernah mengalami cancellation? Dijanjikan sesuatu lalu batal?

jadi ingat lagu didi kempot kan? (lagu yang mana coba?:D)

hahaha


apa yg sebenarnya terjadi ketika kita batal menerima karunia/anugrah yg tadinya sempat mampir/ditawarkan pd kita?

dulu pernah ketika seorang teman menanyakan hal ini, dan kuforward ke seorang kyai, beliau memberikan amalan dan doa. (tapi skrg lupa persisnya, soalnya sdh lama banget) kalau gak salah, telapak tangan kanan ditaruh ke bawah dada dekat ketiak kiri (posisi jantung?) sambil baca..

surat2 apa ya? lali aku. hiks. surat al ikhlas? alfalaq? annaas? al insyiroh? ayat kursi? atau apa ya?

hadeuh.... beneran lupa.

balik ke pertanyaan awal 

knapa Allah cancel?

cancellation itu 

bisa jadi krn perbuatan buruk kita, entah itu dosa, maksiat dan semacamnya 

bisa jadi disebabkan kesombongan, ghurur, merasa mampu dst 

bisa jadi krn saat kita overshare, jd ada yg kurang senang/hasad dst (inget cerita nabi yusuf yg menceritakan mimpi pd ayahnya dan menimbulkan hasad/dengki di hati saudara2nya yg lain)

bisa jd krn ingin memberi kita pelajaran 

bisa jd krn menyelamatkan kita dari kerusakan/kehancuran yg akan kita alami jika dilanjutkan? 

atau mungkin sebenarnya teaser yang kita pernah dapat itu sebagai hiburan saja dari Allah hehehe. Semacam biar kita semangat hidup gitu. jadi belum beneran ingin ngasih. hohoho. ngarang puol.

apalagi yg mungkin menyebabkan cancellation ini?

mungkin juga karena kurang sedekah?
mungkin karena kurang tulus?
mungkin karena niatnya tak cukup baik?

BTW

Kita gak punya kekuatan apa apa untuk meruntuhkan, untuk membatalkan, untuk menyelesaikan segala masalah, segala sesuatu, segala hal yang sudah terlanjur kita lakukan, tapi kita punya Allah, yang maha besar, yang lebih besar dari itu semua. 


Jadi, mari berdo'a pada-Nya.

Menu