Tips Kiat Motivasi

Tips Kiat Motivasi


Tidak Menyerah, Motivasi, Hidup

baca juga:

Motivasi Anak Cinta Quran

The real motivation is not to try to make people believe in something, it's to try to help people trust in what's already within themselves. So they can be happy and grow. Only a happy person can love others and help others to grow, genuinely and for real.


Every human being is born with potential within. However, for different reasons, many don´t trust themselves. They rather follow what others tell them to do. They live their lives with out growing, with out taking any risk, but more importantly, they live their lives in an empty way. They have silenced their own voice. As a motivators we have to carefuly listen and observe what is the reality within the person, what is the real desire behind all. All of us are born with the desire to live and to grown, same as any other living creature in the planet, the difference is that we can express that desire with words, with thoughts. When we find our truth with in ourselves, our own voice, our own expression, we are free, and happy. Free to grow, free to live, free to love.
So, we need to build their beliefs to what already they have within them? Build their confidence that they can grow since they already have the potential to grow based on their ability and desire?

Yeah, a lip of faith in ourselves, in who we are and what we are born with. Just like a child needs to learn to trust his own legs will hold him to walk. Leap of faith




Mug, Motivasi, Mimpi, Kopi, Catatan


Same as the child, anxiety is part of the process. So, how the child overcomes his anxiety? By keep trying, following his own desire of walk. His desire is bigger than the anxiety.

The other things is the support of the grown up people, mainly the mom. We need to have towards ourselves this support attitude.


Cara agar kita istiqomah ya terus di nuansakan harapan. Harapan (sukses, bahagia, dicintai, dll sesuai keadaan kongkrit yg diharapkan) itu terus disuarakan dan diperlihatkan, sesering mungkin, dan sesekali ancaman (gagal, miskin, dibenci, dll) dimunculkan bila malas.


Motivator (pain and pleasure itu bukan hanya suraga dan neraka, itu jangka panjang, yang jangka menengah banyak misalnya masa depan suram dan cerah, masa depan miskin dan kaya, masa depan dirindukan dan sibenci, masa depan bahagia dan sengsara. .

Buatlah bahasa2 kongkrit sesuai dengan dunianya utk menggambarkan sua jenia motivator itu (pain and pleasure) tidak selalu surga neraka

Mungkin dia takut miskin, tetapi mungkin ada ketakutan yg lebih besar yg di hadapan dia dibandingkan dengan rasa miskin yg telah dirasakan selama ini. Jadi secara unconscious kondisi miskin dia terima, daripada kena masalah yg lebih membuat lwbih sengsara.



Orang tidak takut neraka karena tidak cukupnya data tentang neraka di dalam belief system nya. Maka dia perlu lebih banyak asupan tentang hal itu, banyak ngaji misalnya. Tetapi melanggar aturan itu belum tentu tidak takut neraka, bisa saja kurangnya informaai tentang aturan yg ada di dalam pikirannya juga. Dan konsekwensi yg dia terima belum tergambar ketika dia melanggar aturan atau dia taat aturan, istilah kita infoemasi pain and pleasure belum ada si pikiran dan perasaannya


Live Impian Anda, Motivasi, Insentif


keingat dlu jaman kuliah, ketika menyelesaikan skripsi yg terbengkalai hampir setahun lnh tp bs diselesaikan dalam waktu 2bln Krn termotivasi melihat teman yg biasany nyontek,minta jawaban tiap ujian semester, malah mw sidang duluan. Jd Kalau itu berarti lebih ke menghindari ya


Nah kalau keduluan yg suka nyontek pasti menyakitkan, bukan? Itu namanya pain yg menjadi motivator pendorong.

Tapi Saya ingat sekali proses dalam 2bln itu, Saya menjalaninya dengan nyantai, happy dan yakin bisa selesai, walaupun Saya hanya tidur 4-5jam saat2 itu..

Untuk bisa membuat Hal itu terus bisa diaplikasikan dalam kehidupan setiap Hari Kita, cari motivator2 yg relevan dengan case2 yang kita hadapi, baik motivator pendorong (pain) maupun motivator penarik (pleasure).


Cara memancingnya adalah dengan pertanyaan berikut: - Kalau ini saya berhasil karunia apa/ kenikmatan apa yang bisa yang saya peroleh? (pleasure motivator) - Nah kalau ini gagal peristiwa buruk apa yang akan menimpa saya? (pain motivator)


Apa untungnya kalau kerjaan ini sukses?(penarik) apa ruginya kalau gagal(pendorong) Awas jgn salah begini Apa untung&ruginya kalau ini sukses? Dan apa untung&ruginya kalau ini berhasil? Ini bukan pertanyaan yg bisa memunculkan motivator,tp namanya pertimbangan, bukan motivasi


kalau misal utk evaluasi diri, apa bijak jika kita bikin semacam jurnal list ketinggalan apa saja selama bbrp thn belakangan krn sempat terjebak dlm kegelapan, misalnya. Atau just let it go. Gak usah dilist


Kalau mampu mencari sisi positifnya atau mampu mencari hikmahnya (learning-nya) maka melihat masa lalu itu sangat baik, karena dengan learning akan membuat kita menjadi lebih baik


Batu, Mimpi, Menginspirasi, Keberanian


Terapi oleh ahli. Masa lalu bisa dibersihkan dengan terapi.Tetapi kalau tidak mampu melakukan keduanya, sebaiknya dilupakan dengan resiko unconsciousnya masih berpengaruh pada masa kini dan masa datang.Setelah learning terjadi maka masa lalu akan bisa di terima dan bisa disyukuri

HATI -> suasana hati (emosi) -> subconscious mind >Dasarnya belive. Akal > conscious mind > dasarnya logikal. Quran menyebut afalaaa yatafakkarun (berfikir pakai hati). Afakalaa ya'qilun (berfikir pakai akal) Kita berfikir menggunakan keduanya. cuma rata-rata orang sulit membedakannya.
kita hanya bisa berdoa dan BERUSAHA... belajar adalah BERUSAHA yang kongkrit agar Allah berkenan utk membaguskan hati kita. Seperti Allahlah yang memberi rizki, kita hanya bisa berdoa dan BERUSAHA...

Seperti Allahlah yang memberi kesehatan dan umur panjang, kita hanya berdoa dan BERUSAHA... USAHA yang kongkrit itu ranah manusia, hasilnya kita tawakkal.. Begitu juga urusan hati...


Tawakal itu ya dhohiriyahnya berusaha optimal, batiniahnya berserah diri penuh pdNya. Katanya, belum disebut tawakal penuh jika tdk dibarengi dg usaha dohiriyahnya



Misal: gmn cara memotivasi diri atau org lain, jika bbrp kali kehilangan kesempatan/peluang yg sempat singgah, nyaris didapatkan, atau bahkan sdh di tangan, tapi lepas


Seperti main sepak bola, kalau bola sering datang dan lepas lagi, berarti kita perlu menambah latihan. tetap semangat. Seperti main bulu tangkis, setiap dapat bola dari lawan kok kita ngembalikannya gak masuk lapanga, berarti kita perlu latihan lagi, tetap semangat.

Jadi skill itu butuh pengulangan dan latihan sehingga akhirnya kita mahir melihat peluang, menangkap peluang dan mengolah peluang menjadi hasil yg kita inginkan
Kejar kesempatan yg sdh di depan mata, jgn gengsi. Gengsi itu pain yang diletakkan di depan mata,bikin berhenti berusaha Gengsinya taruh sebagai pendorong Sambil kejar sambil pantaskan diri, bareng jangan pantas dulu baru kejar, keburu hilang

Takut ditolak itu pain yg diletakkan di depan mata, bikin berhenti usaha Cari rasa takut yg bisa dipakai untuk pendorong kalau pain di samping masih boleh, karena masih bisa dihindari Tapi pain yg menghalangi jalan, pertimbangkan untuk disingkirkan



Pria, Pelari, Berjalan, Kebugaran, Kanal




Kalau kita diminta sharing ke grup2, tapi ternyata materinya malah dipakai utk bangun their own products itu gmn cara menyiasatinya Buatkan peraturan di awal, tapi tetap berikan kesempatan. Agar kita tidak pelit2 banget
Maksudnya adakah siasat agar saat kita share di grup (yg mungkin akan ikut mengeksekusi ide2 yg sama dg kita) tapi kita tetap dpt advantage juga? Atau ya kita niatkan saja sbg jariyah Gak usah pakai siasat2
tinggal di -reframing saja- Kamu dimanfaatkan dia => dongkol kan Tapi kalau kamu bermanfaat baginya => jadi pahala deh Sangat perlu, "re meaning"

suasana hati ini akan menjadi afirmasi dan jika suasana hati itu dipupuk terus menerus akan menjadi keyakinan dan akhirnya alam semesta akan mewujudkan yg menjadi keyakinan itu melalui tubuh kita. Ada pepatah yg mengatakan bahwa Alloh itu sebagaimana keyakinanmu

Kira2 begitu, apakah pasti? Belum tentu... tergantung. Tergantung dari komitmen kita mengerjakannya, cara yang kita tempuh, dan kecakapan kita dalam melihat dan menangkap setiap kesempatan Dalam bahasa spiritualnya, tergantung Allah izinkan apa tidak (maa syaaAllah/ insyaaAllah)


Keyakinan itu baru awalnya, selanjutnya adalah action dengan penuh komitmen, dan bagi yg spiritual sertai doa dan tawakkal.

Biru, Motivasi, Lampu Neon, Tanda, Teks

Marah kalau anak tampak tidak punya motivasi dan melakukan kesalahan?

biarpun marah kalau diulang juga akan berubah anaknya, TIDAK. Kalau kita dengan marah2 meski berulang2 anak tidak akan berubah, karena hatinya tertutup, paling banter berhenti atau ngambek, bukan berubah
Tapi kalau nasehatnya dgn hati, lalu diajarin, dgn bahasa positid, berulang, lihat saja hasilnya....

Practice makes the master, we all need to keep trying. I believe this more than just getting results in making someone change, but more importantly treating ourselves and others with respect and patience. Then we all can change for better


"be patience more" atau bersabar lebih banyak. Bersabar utk apa? Bersabar untuk: - Memberi contoh dwngan cinta lebih banyak (berulang2) - Menyuruh/menasehati lmdengan cinta lebih banyak (berulang2) Ingat dengan cinta, dan berulang, bukan dengan marah



MEMOTIVASI DENGAN PERTANYAAN

pertanyaan ttg arah: Arahnya ini ke mana? Apa yg jd tujuan? Coba kita renungkan lagi, apa yg jd tujuan dari semua ini? Apa sebenarnya yg ingin kita peroleh dr aktivitas ini? Apa ukuran keberhasilannya? Bgm kita tahu bhw tujuan sdh diperoleh, apa ukurannya? Brp yg kita inginkan?

Fokus pada keberhasilan2 yg sdh pernah diraih untuk membangun tujuan yg lbh besar lagi. Intinya shifting fokus dari kegagalan pd keberhasilan sbg langkah untuk keberhasilan berikutnya. Ada kalanya, orang2 yg sdh tll frustrasi dgn kegagalannya sulit untuk shifting fokus,

bahkan tiap ada pembicaraan yg mengarah ke sana akan langsung "membangun benteng" untuk tdk membicarakannya lagi. Atau kl remaja, sdh pasang kuping tebal. Trik membuka benteng antisipasi itu bgmn ya pak?

kuncinya dalam konteks ini ada pada kata "manfaat". Sesederhana apa pun ilmu yang dibagikan, sepanjang membuat orang berubah, maka insya Allah jadi manfaat. semegah apapun informasi yang didapat kalau mengendap di memori semata, tentulah disayangkan

Paradigma kenapa learning penting 1. tdk ada usaha manusia yg langsung sempurna 2. sbetulnya kegagalan itu jika berhenti berusaha 3 .jika belum berhasil...lakukan dgn cara berbeda. 4. klo org lain berhasil kenapa kita tidak...bagaimana orang berhasil

Kepemimpinan, Motivasi, Bisnis, Mendaki
Learning Question 1.Pelajaran apa yg bisa di ambil? 2.langkah apa saja sebagai solusi agar keluar dari persoalan ini?


Fokus berubah… > suasana hati berubah … > action berubah.. > hasil berubah.
Ubah fokus (perintah, gerakan, pertanyaan (ada 5): shifting question, learning question, power switch question, exploring question, motivating question).

Pengaruh besar adalah HARAPAN… yg loyo perlu disokong dengan bangkitkan HARAPANnya. Ini kerja memotivasikan orang lain (terapi).
Intan biru besar
Power switch question
menghidupkan mental power..mengalihkan fokus dari kepada fokus kepada problema bertukar kepada keinginan.

Ramai orang TERPAKU Ketika ditimpa mslh, membuatnya tidak bergerak. PSQ digunakan untuk membawa org itu keluar dari situasi terpaku tadi
Tanda tanya tanda seru
“Apa yang kamu inginkan terjadi.. pada dirimu?” pertanyaan bisa diulang2. Diikuti dengan exploring.. sehingga dapat jawaban positif.


Pertanyaan, Pria, Kepala, Sukses, Lampu
Exploring question dgn mengajak bicara dan mengexplor pertanyaan positif org yg punya masalah akan membuat masalahnya terlupakan paling tidak mengurangi beban mentalnya

Fokus problem ditukar kepada fokus kepada outcome (sesuatu yang diingininya).
Tanda tanya tanda seru
Teknik soalan eksplorasi… soal lagi hingga jawabannya positif.
Intan biru besar
Kita akan eksplorasi dg pertanyaan pendalaman, soalan definisi: contoh.. “kamu ingin bebas, bebas dari apa?”

setelah bebas, apa yang kamu ingini. “Maksud kamu bebas itu seperti apa?” “Aku mahu tenang… ”
Intan biru besar
Juga pertanyaan melebar: (kecuali ingin bebas, apa lagi yg kamu inginkan). “selain bebas dan tenang, apa lagi yang kamu mahu”.

Soalan pilihan, minta dipilih mana satu. “sebenarnya apa yang kamu butuhkan?”. Diperdalam dan diperluaskan lagi.
Intan biru besar
Semakin banyak dia menjawab dan bercerita yang positif (pendalaman dan perluasan), dia akan semakin melupakan masalahnya/problemmanya.


Tangan terkepal
Dia sudah punya ‘mental power’ untuk terus hidup.
Ulangi lagi proses ini. Pahami dan praktikkan....
Tulip
Tanda Tanya, Wajah, Siluet, Bokeh

MOTIVATING QUESTION.

Bisep kekar
Memperkuat motivasi dari outcome yang telah dibuat.
Intan biru besar
Outcome dibuat di Power Switch Question. Kemudian diexplore dengan Exploring Qestion.
Tanda tanya tanda seru
Pakai lagi, tanyakan apa pain dan pleasurenya.

“apa pleasure, asyiknya jika yang kamu inginkan itu berhasil?” Kedua gunakan pain: “apa rugi, apa sakitnya kalau kamu dalam keadaan seperti ini?,” tidak bergerak kepada apa yang kamu tetap spt ini Pain akan mendorong,manakala pleasure menarik. Explore lagi pleasure dan painnya.


UBAH PERILAKU DENGAN KATA KATA
Ada 4 poin step: 
Ganti kontennya, 
Ucapkan berulang dalam waktu yg lama
kumpul dengan orang2 yg mendukung
upaya / ikhtiar yang relevan dengan konsisten

Islam Bicara Monogami Poligami



Islam Bicara Monogami Poligami


Kemaslahatan adalah kewajbn bersama laki2 dan perempuan, sekaligus dua2nya berhak menikmatinya Bukan kemaslahatan, jika hanya maslahat bagi satu pihak, sedangkan bagi pihak lain tdk ada maslahat Termasuk di dlm perkawinan Poligami maslahat utk siapa?


Baca juga:
Kajian Gender Islam (1)
Kajian Gender Islam (2)
Kajian Gender Islam (3)

Bgm islam bicara ttg monogami Krn abad 7 masehi,perempuan mutlak milik laki2. Ayah jual putri. Suami boleh jual istri. Di eropa sampai abad 19 Islam bawa ajaran revolusioner,pesan monogami Mjd kesadaran yg muncul lgs Ingat islam,ingat pernikahan Ingat pernikahan, ingat monogami


Perspektif,metodologi,pengalaman, pengetahuan kesalingan dan keadilan sdh ada sejak dulu. Yai Faqih menamainya saja perspektif ini sbg mubaadalah Semua narasi ttg poligami yg skrg byk dipromokan tdk ada dlm quran haditsnya Ulama tafsir scr umum lbh memberi apresiasi pd monogami
Istanbul, Kalkun, Lampu, Cahaya, Budaya
Monogami pun msh butuh kualitas2 spt adil dst. Arrum:21 nikah adl media seseorg memaksimalkan samawa Maka monogami jauh lbh mudah utk mencapainya, lbh jujur, tdk menyakiti dst dibanding pernikahan poligami Fa in khiftum, fawaahidatan Ada pilar2 dlm nikah Ikatan kokoh suis


Pernikahan monogami lbh memungkinkan utk lbh kokoh Pernikahan adl kemitraan Libaasun lakum Musayaroh bil ma'ruf Monogami lbh mungkin utk saling berbuat baik Krn tdk ada kebohongan, tdk saling menyakiti
Fankihuu maa thoba lakum itu di tengah2 Kata fa itu maka, dia menjawab, tdk berdiri sendiri Syarat: Ada kondisi byk yatim akan dinikahi dg semena2, maka nikahi yg lainnya Tdk ada dlm quran hadits, krn takut zina atau hypersex maka poligami
Ayat ini bicara tdk boleh semena2 baik thdp yatim ataupun perempuan lain yg akan dinikahi Kalau takut tdk adil nikahi yatim(krn gak ada yg bela) maka nikahi juga perempuan lain (yg akan dibela orgtuanya) Tp jk tdk mampu, satu saja Krn yg satu lbh dkt utk tdk berbuat aniaya

Girl, Design, Flat, Cartoon, Muslim
Ayat ini bicara ttg pentingnya tdk semena2 dlm menikah Adil penting sekali dlm quran Sebgmn quran menegaskan keadilan dlm semua hal, maka quraj menegaskan keadilan dlm pernikahan Tdk ada bicara krn takut zina,lbh byk perempuan, dst

Maa Thoba lakum: Perempuan yg dg senang hati. Jk perempuannya dg senang hati jd isper atau isked, maka boleh. Tafsir lain Maa Thoba lakum: boleh poligami jika baik utk kalian semua. Suami, istri2, anak2, masyarakat.
Gambar
Annisa 128,129,130 Nusyuz membangkang i'rodh berpaling Ayat 128 Jk istri khawatir suami main mata, maka silakan kedua belah pihak utk kompromi. Kalau mau, bisa poligami Ayat 129, Jk menerima poligami, maka hati2 krn adil tdk mudah 130 jk merasa tak mampu,isper boleh minta cerai
Gambar
Rasul poligami tapi tdk pernah dlm ungkapannya merasa bangga dg poligami Jk tdk adil, akan pincang di akhirat Seorang ayah boleh membela putrinya dr pernikahan poligami Fatimah adl darah dagingku, apa yg menyakitinya menyakitiku
Qoul ulama: Nikah lbh dari 1 mmg boleh. Tapi bisa dilarang jika menyebabkan perempuan tersakiti Yg dianjurkan adl nilai Apakah menghasilkan kebahagiaan, keadilan, ketenangan Tdk beralasan jk poligami dibawa sbg anjuran perintah islam
terkait hadist ali yang ingin poligami katanya ada yg bilang alasan dilarangnya ali utk poligami karena allah tidak mengizinkan seseorang yg menjadi musuh allah bersatu dengan keluarga rasulullah, yaitu fatimah.
untuk ayat 129, ada yang menafsirkan itu tentang "masalah hati = rasa cinta", yang pada dasarnya manusia tidak akan pernah mampu untuk adil masalah hati
misalkan istri memperbolehkan poligami, akhirnya suami berpoligami, lalu ktk sdh dijalani ternyata isper merasa bhw suami kurang adil, akan tetapi sang istri tdk bilang kepada suaminya. nah itu seperti apa? apakah sudah masuk dalam "keburukan'? atau bagaimana?
Konteks ada yg bersifat langsung. Ada yg konteks besar Sama yatim, smua takut,satu rupiah saja katut maka takut Kalau dg istri,cenderung takutnya tdk begitu besar dibanding dg yatim Yg susah itu bukan nikahnya Tp tgjwbnya Islam minta pertanggungjawabn Ayat turun utk membatasi
.kualitas dan kuantitas Jgn nikahi yatim, tapi nikahi ibunya Dg niat melindungi anak2 yatim Wah ada yg miss nih, pak Yai faqih ngendiko cukup bagikan BPJS utk janda2 yg punya yatim Pdhl @aMrazing aja waktu itu bs nerima penjelsan ttg bhw kbthn janda bukan nafkah lahir saja



Nabi Ibrahim juga poligami bagaimana keadilan yang diciptakannya?
jika poligami itu di dalam al-Qur'an merupakan pilihan yang bersyarat, yaitu bisa berlaku adil? apakah berlebihan jika justru poligami dikonotasikan negatif, bahkan tidak biperbolehkan?

Bagaimanapun menyikapi beberapa Sahabat Rasulullah yang berpoligami? Apakah itu masih terdampak dari budaya setempat warisan leluhur yang menganggap perempuan hanyalah objek laki-laki, bahkan boleh diperjualbelikan
bagaimana jika monogami tapi tidak mewujudkan keadilan dan al silmi? apakah berarti yang salah itu monogami? atau orangnya?

bagaimana memahami para sahabat yang berpoligami, tapi mereka bisa adil. seperti abu bakar, umar, ali. apakah keadilan, kebaikan, mawdah Warahmah bertentangan atau nilai-nilai yang tadi disebutkan bertentangan dengan syari'at?

apakah keadilan itu bisa dijadikan acuan hukum yang berbeda dengan nash-nash al-Qur'an sejauh mana mubadalah ini bisa diterapkan soalnya jika tidak ada batasan batasan, maka istri pun bisa poligami?

Idealnya nikah itu ada cinta, seks, komitmen Tapi realitanya bisa jadi tdk dpt komplit semua. Jk problemnya seks, mustinya suis pergi ke seksolog Fa aslihuu, perbaiki ke dalam Kalau mslhnya komunikasi dst, suia pergi ke psikolog



Islam menggerakkan kesadaran masyarakat
dr perempuan level terendah, dianggap objek sistem kehidupan, utk melayani laki2 Level tengah, permpuan musti minta ijin laki2 mjd level tertinggi, perempuan dg kemanusiaan seutuhnya, standar kemanusiaan permpuan itu sendiri

BPPT Membangun Ekosistem Penanganan Covid

BPPT Membangun Ekosistem Penanganan Covid
Gambar

Baca juga:
Webinar BPPT (seri 1)


Kasus covid sdh lewat 100K. Sdh 5 bulan belum terlihat puncak Kurva belum melandai Testing Membnagun ekosistem penanganan covid
Prof Dr Sofia BPPT Ari Nusantics Sri harsi Biofarma memperkenalkan alat test covid Mobile Lab safety Level 2 Gambar BPPT mengembangkan emergency ventilator Produksinya di Dharma group

Gambar

Gambar
Jurang kematian teknologi

Gambar


Perimeter area covid
Gambar

Matriks Matland


Gambar


Pertimbangan iptekin dan kapasitas faskes



Gambar Kebijakan pembendungan


Gambar

Krisis di balik covid
Gambar
Drama zona merah

Gambar



Ketepatan kebijakan
Gambar

Ketepatan implementasi


Gambar

Indikator tepat target
Gambar
Tepat leadership

Tepat lingkungan


Gambar

Teknologi dan inovasi

Gambar

GambarGambar

Komersialisasi produk unggulan inovasi tfric-19 bppt utk percepatan penanganan covid-19
GambarGambar


bangga Produk Inovasi TFRIC-19

Gambar

Kajian Gender Islam KGI

Kajian Gender Islam KGI

Planet, Ibu, Bumi, Orang Orang
Alhamdulillah semalam ngaji KGI lagi bareng bu Nyai Nur Rofiah

Baca juga KGI sebelumnya:

Studium Generale Kajian Gender KGI
Kajian Gender Islam 


Berikut beberapa rangkuman KGI semalam

Tafsir, pengetahuan terbatas itu, dipahami sama sebagaimana dg quran Ada 3 cara pandang quran sbg firmanNya Quran bukan makhluk. Shg ttgrelasi gender, Allah sdh menentukan Pdhl ada abu lahab, firaun, qorun, yg ada dlm sejarah manusia. Bgm dg mrk, jika quran dibuat d zmn azali
Quran adl makhluk. Relasi gender dlm ayat adl baru. Yg baru adl formulasinya. Pesan ttg keadilan gender itu qodim, sdh ada sejak dulu. Dimensi ilahi dan manusiawi. Ingat Quran ingat keadilan. kalau menilai melampaui fisiknya Kalau mengenal quran sbg kitab keadilan. .maka kalau ada yg klhtnnya tdk adil dlm quran, tdk mungkin
Paradigma ke-3 Quran: Pesan ilahiyah bukan makhluk Pesan ilahiyah disampaikan dlm bahasa Arab, jadilah teks alquran Apakah yg kita pahami sama dg yg Allah maksudkan? Belum tentu Bisa sama, bisa tidak. Tergntg cara.. .mengenali quran Kalau mengenali quran melampaui fisiknya, quran sbg kitab keadilan. Maka melihat suatu pemahaman itu mencerminkan keadilan atau tdk. Makna quran sbgmn dlm dirinya Quran pasti benar,pengetahuannya valid Ktk kt pahami, bukan lagi makna dr Allah,tp apa yg kt tngkp





Pengetahuan kita terbatas, berkembang pula Bedakan makna dlm quran dan makna tafsir yg berasal dr manusia. Bias gendernya ada di sini. Ahmad wahib: gmn sih quran mnrt Allah. Buka Fii dhilalil quran, menemukan quran versi A. Buka almisbah, menemukan quran versi qurays shihab

Quran konstruksi sosial. Selama berabad2, tafsirnya didominasi laki2 Sangat berarti dlm relasi gender, yg dominan adl perspektif laki2. Yg tdk punya pengalaman perempuan. Memahami quran tanpa memahami 10 pengalaman perempuan, ya bisa jadi tahu artinya tapi tdk tahu implikasinya
Pglmn perempuan bs jd tdk dipertimbangkan dlm tafsir Peran mufasir: memilih ayat dan/atau memenggalnya Misal annisa:3 Konteks. Yatim kaya diincar utk dikuasai hartanya Yakin gak akan makan hartanya? Kalau khawatir makan hartanya,gak bisa adil, maka nikahi perempuan lain yg rela kamu nikahi, senang kamu nikahi. 2,3,4. Tapi kalau tdk bisa adil, maka 1 saja. Atau nikahi budak saja, biar dia bisa merdeka
Ayatnya panjang. Tp yg populer penggalan yg nikahi 2,3,4 Yg menentukan penggalan2 adl mufasir Menggal sana jd poligami Menggal sini jd monogami

Ceramah 2 jam, ngutip 2 ayat saja ttg jihad Pdhl ada 6666 ayat. Berarti ada 6664 ayat tdk dikutip. Dan kita mengatakan, menurut alquran Disertasi mengutip 40 ayat saja sdh byk. Tp ada 6626 ayat tdk dikutip Brp pun mengutip ayat sbg dasar utk bicara, pasti lbh sdkt dr kslrhn

Apapun yg org katakan mnrt quran, yg dipertimbangkan pasti lbh sdkt.
Tafsir sbnrnya relatif, tp paling mutlak, paling universal di antara yg kontekstual Tafsir tdk dimulai dr menjelaskan. Menjelaskan ayat yg sama, bisa beda jk dihbgkn dg ayat2 lain yg berbeda2.

Intonasi juga sgt memengaruhi. Misal surat alkafirun Bisa beda makna jk intonasi beda Menstruasi: Adza bisa diartikan kotor, atau sesuatu yg menyakitkan Jauhi bukan krn jijik, tp memberi waktu utk istirahat Kalimat sopan dan pemaafan lbh baik drpd sedekah yg disertai adza

Istri yg sholihah adl yg taat Ada yg bilang Taat pd suami Ada yg bilang Taat pd Allah Tdk ada ketaatan pd makhluk dlm kemaksiatan. Tdk mutlak itu taat pd makhluk Taat pd makhluk dibatasi hy dlm kebaikan

mufasir: mengaitkan tdk dg konteks turunnya ayat Dan pukullah istri. Kalau tdk mengaitkan dg konteks, akan bilang ayatnya jelas menyuruh. Konteksnya Habibah dtg pd Nabi dipukul suami sampai babak belur. Nabi memerintahkan qishosh,balas pukul Istri yg kamu khawatirkan nusyuz...

..main pukul Bukan istri yg disuruh balas. Arrijalu qowwamuna alannisa Suami itu penanggung jawab istri. Bertugas melindungi istri. Jd bukan istri harus begini begitu Maka istri tdk boleh membangkang suami Suami tdk boleh menelantarkan istri Dengarkan kbthn,pendpt istri
Mufasir yg hidup di suatu sistem politik di mana kepemimpinan tertinggi adl amir, maka tafsirnya ya spt itu. Kalau hdp di sistem politik kesultanan, tafsirnya suami itu sultan bagi istri Boleh jadi krn Kepemimpinan di rg publik sewenang2, jatuhnya di rg domestik sewenang2 juga.
Istri solihah taat Allah dan jaga diri saat suami tak ada. Suami juga demikian Istri yg kamu khawatirkan nusyuz, maka nasihati, dan pisah ranjang (pisah di ranjang) baru pukul Kalau taat,tdk nusyuz,maka jgn cari alasan2 utk memukul Ada pesan jgn main pukul Apalagi jika dikaitkan

dg wa asyiruuhunna bil ma'ruf Konteks redaksi & sosial Aborsi,penghentian kehamilan, itu krn apa? Janin digugurkan, konteksnya apa? Suka2? Menyelamatkan nyawa ibu? Pahami konteks Sblm 40 hari boleh. Jk bicara ttg nyawa ibu. Wa laa taqul lahumaa uf. Apalagi biarkn ibu mati

Menentukan makna libas Bisa disalahartikan negatif. Kalau pakaian sdh usang boleh ganti dong Hbgn seks ~ Fungsi pakaian Membuat nyaman: hrs saling nyaman indah: hrs saling menyenangkan Melindungi: hrs saling menyehatkan Perumpamaan sbg ladang Hrs dijaga dg cara bermartabat

Pesan bagus bisa belok, oleh mufasir Perbedaan teks ilahi dan manusiawi Yg mutlak, Allah yg bicara Yg dipahami, relatif
Alquran titik temu dimensi ilahi dan manusiawi
Modus ayat bias gender: Ayat wadhribuuhunn lbh sering dibicarakan dibanding wa asyiruuhunn

Membelokkan ayat dr soal tgjwab jd otoritas suami Ayatnya bicara pesan luhur, dibelokkan ke hal lain Yg paling parah: Mendistorsi semabgat perlindungan atas perempuan Misal ayat ttg zina Perempuan laki berzina sama2 dicambuk 100x Org2 yg menuduh org baik2 berzina dan tdk mampu
mendatangkan saksi, maka cambuk 40x Clear kalau itu melindungi perempuan, dr tuduhan sewenang2 dr laki2, terutama suami Perempuan membuktikan dirinya diperkosa itu sulit Hbgn seks suka sama suka atau dipaksa, jejak biologisnya bisa sama Kalau tjd kehamilan, pipisnya beda
Hormon berubah, rahim berubah dst Melakukan hbgn seksualnya bisa dibuktikan. Unsur pemaksaan susah dibuktikan Kalau lapor ke polisi, sering perempuan korban perkosaan (yg tdk hamil) dianggap menuduh laki2. Dikenai qodlo, dicambuk Kalau hamil, dicambuk lagi 180x cambukan nigeria



Menghdpi tafsir bias Pahami ayat scr utuh Pahami konteks Lihat rumpun ayat Hubungkan dg ayat lain yg relevan Gali sbyk mungkin makna yg lahir Uji dampak tiap makna Pilih makna yg mampu mempertahankan keadilan

malu untuk berbuat buruk dan tidak malu untuk berbuat baik mestinya berlaku sama buat laki dan perempuan. tp konstruk sosial memperlakukan standar malu berbeda pd keduanya yang sering menghambat perempuan maju

al-hayau minal iman malu itu bagian dr iman laki-laki beriman ya mesti punya malu juga....jika ada pesan yang cuma sepihak tinggal mubadalahkan (dimaksai dengan perspektif kesalingan)
Kgi ini ikhtiar menghadirkan pemahaman atas Islam yang menghadirkan sifat2 Tuhan sbg Mahaadil jg pd perempuan. Tidak ada pemahaman Islam yg mutlak yang ada adalah relative lebih mutlak dibandingkan yang lain karena misalnya lebih mendekati keadilan

menjadi mufassir perlu memenuhi banyak syarat seperti mengetahui ilmu bahas arab, ilmu balaghah, mengetahui asbabunnuzul, naskh Mansukh, fiqh dan ushul fiqh dl (ini yang menyebabkan kita tidak berani sembarangan menafsirkan ayat dan hanya menerima tafsir2 yg sdh dilakukan ulama)

1. Tafsir yang menurut ibu, bisa menjadi referensi untuk keadilan gender tafsir siapa saja? sehingga kita bisa menggunakan tafsir ulama tersebut. (jadi bukan tafsir dari kita sendiri

2. Seberapa Batasan kita untuk bisa menafsirkan&seberapa Batasan kita utk mengemukakan tafsir kita (keadilan gender) pd publik? apakah missal kita menemukan tafsir hanya sebatas untuk diri kita sendiri, atau sebatas untuk majlis kita sendiri atau ke publik

(mengingat kita memiliki keterbatasan dalam ilmu atau syarat mufassir) khawatir kalau dg kemampuan yang terbatas ini disampaikan ke publik bisa menimbulkan kontroversi atau diterima negative, akhirnya membuat gerakan kita dijauhi

Muyas: 1)syarat mufasir itu muncul setelah kitab2 tafsir disusun bukan sebaliknya shg sebetulnya tidak ada mufasir yang sdh diverifikasi memenuhi semua syarat tsb. 2)syarat tsb hanya berkaitan dengan kapasitan pembacaan teks padahal tafsir juga perlu kapasitas pembcaan
pada konteks kekinian yang dalam syarat itu belum ada dan juga perku komitmen kuat pd keadilan mislanya, 3. Prof Quraish blg semua org bias bernyanyi tapi tdk semua org bias mnjadi penyanyi. jd sebetulnya syarat tsb hanya berlaku utk menjadi mufasir professional
bukan berarti tidak ada yang menafsirkan secara biasa. nyatanya kan ya pad nynyi walau tidak professional. skrg karena standar prifesionalitas mufasir itu konstruk sosial tentu kita bias juga buat persyaratan baru misalnya wajib adil gender

kalau soal otoritas tentu perlu strategi ya...yang penting kita sendiri menyadari bahwa semua tafsir adalah proses baik tafsir sendiri maupun tafsir orang lain. tafsir sendiri adalah proses maka tidak boleh jumawa tafsir org lain adalah proses maka kalua gak adil boleh dikritik


pembelajaran tidak hanya bagaimana bissa menghadirkan tafsir alternative tapi juga tafsir tersebut mengandung informasi-informasi yang berharga yang kemudian bias dianalisis dg kesadaran pentingnya keadilan laki-laki sekaligus perempuan

kritik tidak selalu berarti menyalahkan ya tp menyadari kelemahan dan kelebihannya dari tafsir tsb

Wa alaihinna darojah Tafsir: Kalau suami yg menafkahi, dia py derajat lbh tinggi Konteks: permpuan menyembunyikn kehamilan krn mau nikah lagi dg yg lain Melamar perempuan dlm masa iddah tdk etis Suami (dlm talak raj'i) lbh berhak dr laki2 lain dlm menikahi istrinya kembali

Nalar kritis muslimah Tauhid yg melahirkan maslahah



Ayat titik berangkat, misal gambaran bidadari surga. Krn nya hrs hati2. Sebab diubah pelan2 selama 23 th Ayat ttg target antara. Ditempuh ktk tjuan final blum mungkin diwujudkan. Spt sistem sosial. Misal kalau skrg menghapuskan nikah tdk tercatat Daya memilih antara baik buruk

Ayat target antara hy boleh dipahami ktk tujuan final belum mungkin. Misal ayat monogami/poligami, ayat perang, ayat perbudakan Perang hrs dipahami sbg defensif Bukan ofensif Krn tujuan akhirnya damai

Ayat perbudakan. Krn belum bisa menghapus perbudakan, diatur bbrp hal sbg pintu utk kemerdekaan. Misal melalui nikah Target antara hy sementara waktu utk menuju tujuan final
Quraish shihab: Poligami bagaikan pintu darurat
Permasalahannya adl pintu darurat diperlakukan sbg gerbang utama Kalau pintu darurat, ada syarat ketat Pintu darurat pesawat tdk dibuka kecuali genting

Prof nasar dlm disertasinya Quran ternyata sdh membedakan laki perempuan scr biologis dzakar unsa Kalau sosial, rijal nisa Scr sosial, pembedanya bukan alat kelamin, tapi status sosial Tandanya power. Yg lbh kuat jd penangungjwb yg lmh Pd umumnya tdk membedakn, semuanya biologis

term gender: ibu direktur scr sosial rijal, laki2 OB nisa. Yg kuat melindungi yg lemah Arrijaalu qowwamuuna alannisa Yg melakukan tg jwb lbh berat, berarti punya derajat lbh tinggi drpd yg tg jwbnya lebih ringan


Adalah tdk adil ulama masa lampau dituntut spt situasi skrg, dan sebaliknya Kita bisa belajar dr ulama klasik Kalau istri khawatir nusyuz suami, kok jalan keluarnya damai. Berasa tdk adil Wasulhu khoir Memberi penguatan pd istri. Kalau gak py pilihan,mau damai ya tdk apa2.

Wa in yatafarroqo.. Penguatan istri yg tdk mau memilih damai, boleh memilih cerai, jgn khawatir Allah akan mencukupkan dr keluasan rizkiNya Jarang dikutip juga ayat ini


Banyak perempuan/istri yang bertahan dengan situasi yang dialami misalnya mendapatkan kekerasan secara terus menerus karena faktor anak dan ketergantungan pada nafkah suami makanya banyak yang mnarik laporannya jika sudah ditangani polisi. Apalagi jk hdp di keluarga yg patriarkhi

Tauhid dihubungkan dg kemanusiaan dlm sejarah panjang Dalil naqli tdk bebas nilai Pesan keadilan, kesetaraan ada sejak jaman azali. Tapi cara menyampaikan sesuai konteks masing2 Bhs arab terkait erat budaya arab Nasr hamid, quran juga melahirkan budaya baru di arab,revolusioner

Paradigma modernis merujuk jalan tengah asy'ari Kalamullah itu bila harfin wa laa shoutin Pesan itu kan gak ada huruf & suara Pendekatan kontemporer pd quran Pemikir2 modern sama Poinnya nilai universal mjd payung Kerangka fikir modernis Nilai kebajikan jd payung atas teks



Ayat2 petunjuk praktis hrs diutamakan Ayat2 normatif itu nilai Ayat madaniyah bersifat praktis, pragmatis Ayat makiyah, posisinya lbh tinggi krn cara itu bs berubah tp dasarnya tetap Revolusi kemanusiaan perempuan Jd hrs arif Kalau sdh siap, tdk perlu ayat antara

Misal jika situasi mencekam spt semula, laki2 jd jarang banget, bisa jd poligami menjadi boleh.

Konsep maskulinitas punya power Maskulin mencegah orang yg mau mukul Bukan soal tubuh Diskusi stlh selesai 3 sesi Bersama berlatih merespon



Menu